Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:54 WIB | Kamis, 21 November 2019

Padang Kampayekan Gerakan Masyarakat Makan Ikan

Lomba makan ikan antar eksekutif Pemkot Padang dalam rangka peringatan hari ikan nasional di Padang, Kamis (21/11/2019) (Foto: Antara/Humas Pemkot)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kota Padang menjadikan peringatan Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap 21 November sebagai momentum mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

Sekda Kota Padang Amasrul di Padang, Kamis (21/11) menyampaikan dengan membudayakan gemar makan ikan dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing karena berdasarkan hasil kajian orang yang gemar memakan ikan memiliki kecerdasan yang tinggi.

Oleh sebab itu ia mengajak semua warga kota untuk membiasakan anggota keluarganya terutama anak-anak untuk gemar memakan ikan.

Apalagi nutrisi ikan tinggi sehingga bisa menghadirkan generasi muda yang cerdas, ujar dia.

Ia menyampaikan anak-anak perlu didorong gemar memakan ikan yang akan meningkatkan kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi terutama pada 1.000 pertama hari kelahiran.

"Jika asupan gizi kurang pada periode tersebut akan timbul stunting yang menjadikan anak-anak terhambat perkembangan otak dan fisik, sulit berprestasi serta rentan terhadap penyakit," katanya.

Amasrul mengingatkan jangan sampai konsumsi ikan k kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia yang mencapai 70 kilogram per kapita per tahun.

Begitu juga Singapura 80 kilogram per kapita per tahun dan Jepang yang mendekati 100 kilogram per kapita per tahun.

Saat ini target nasional adalah 54,49 kilogram per kapita dan diharapkan Kota Padang mampu mendekati target nasional, ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang Guswardi menyampaikan pada peringatan Harkannas 2019 sejumlah kegiatan digelar.

Salah satunya membagikan makanan kudapan berbahan ikan untuk murid PAUD, SD dan masyarakat Kota Padang yang tersedia di dalam 'food truck' sebanyak 2.000 tusuk bakso ikan.

Selanjutnya melakukan gerakan edukasi Ayo Makan Ikan-Cegah Stunting melalui pembacaan buku tentang ikan dan manfaat ikan di hadapan 100 orang anak-anak PAUD se-Kecamatan Padang Selatan, Lomba Makan Ikan (matang) antar eksekutif Pemko Padang dan pihak terkait l, dan Lomba Menangkap atau memindahkan belut yang diikuti 100 orang murid SD se-Kecamatan Padang Selatan.

Selain itu juga dilakukan penyerahan Kartu Asuransi Nelayan dan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan kepada perwakilan pelaku utama kelautan dan perikanan Kota Padang bekerja sama dengan pihak BNI 46 Cabang Padang.

Kemudian untuk memeriahkan peringatan Harkannas juga digelar bazar atau pameran olahan ikan yang merupakan produk hasil olahan dari pengolah hasil perikanan Kota Padang khususnya UMKM Kecamatan Padang Selatan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home