Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:13 WIB | Kamis, 21 Maret 2024

Pakistan Akan Deportasi Lagi Imigran Afghanistan Setelah Idul Fitri

Warga Afghanistan menunggu dengan barang-barang mereka untuk menyeberang ke Afghanistan, setelah Pakistan memberikan peringatan terakhir kepada imigran tidak berdokumen untuk pergi, di Gerbang Persahabatan Penyeberangan Perbatasan Chaman di sepanjang Perbatasan Pakistan-Afghanistan di Provinsi Balochistan, di Chaman, Pakistan, pada 31 Oktober. 2023. (Foto: dok.Reuters)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Pakistan akan memulai upaya baru untuk mendeportasi migran Afghanistan dari negaranya bulan depan, kata para pejabat pada hari Selasa (19/3), ketika ketegangan perbatasan antara kedua negara meningkat.

Lebih dari 500.000 warga Afghanistan meninggalkan Pakistan setelah Islamabad menetapkan batas waktu pada bulan November bagi migran tidak berdokumen untuk pergi atau ditangkap, kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada bulan Januari.

Pakistan membela tindakan keras tersebut dengan merujuk pada masalah keamanan dan tekanan terhadap perekonomiannya yang sedang kesulitan, namun para analis mengatakan tindakan tersebut dirancang untuk menekan pemerintah Taliban terhadap militansi di sepanjang perbatasannya.

“Pihak militer memberi tahu kami bahwa tahap kedua pemulangan imigran ilegal Afghanistan akan dimulai setelah Idul Fitri,” kata seorang pejabat senior pemerintah di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, yang berbatasan dengan Afghanistan, kepada AFP tanpa mau disebutkan namanya.

Namun, rincian fase ini belum diungkapkan. Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa umat Islam di bulan Ramadhan, akan dirayakan selama beberapa hari pada pekan kedua bulan April.

Seorang pejabat senior polisi yang berbasis di ibu kota Provinsi Peshawar juga mengatakan kepada AFP bahwa operasi tahap kedua yang menargetkan “warga Afghanistan ilegal” akan dimulai setelah Idul Fitri.

“Polisi Khyber Pakhtunkhwa telah diarahkan untuk mengidentifikasi lokasi di mana warga ilegal Afghanistan berada,” katanya kepada AFP tanpa menyebut nama. “Namun, pemerintah federal belum mengeluarkan arahan khusus mengenai sifat operasi ini.”

Dia mengatakan polisi telah mulai mengumpulkan data mengenai warga negara Afghanistan yang tinggal di daerah tersebut.

Jutaan warga Afghanistan telah berdatangan ke Pakistan dalam beberapa dekade terakhir, melarikan diri dari serangkaian konflik kekerasan, termasuk sekitar 600.000 warga sejak pemerintah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021 dan menerapkan interpretasi keras terhadap hukum Islam.

Moniza Kakar, seorang pengacara yang berbasis di Karachi yang mewakili warga Afghanistan yang tinggal di negara tersebut, mengatakan: “Rakyat Afghanistan berada dalam ketakutan; mereka tidak tahu apa yang akan terjadi pada mereka.”

Serangan Udara

Ketegangan antara negara-negara tetangga terus meningkat sejak otoritas Taliban berkuasa. Islamabad menuduh pemerintah Taliban di Kabul menampung para pejuang militan, membiarkan mereka menyerang tanah Pakistan tanpa mendapat hukuman. Kabul telah berulang kali membantah tuduhan tersebut.

Kantor luar negeri Pakistan mengatakan militer melakukan serangan udara di dalam wilayah perbatasan di Provinsi Khost dan Paktika di Afghanistan pada hari Senin (18/3) pagi untuk menargetkan militan yang bertanggung jawab atas serangan baru-baru ini di wilayahnya.

Namun pihak berwenang Taliban mengatakan delapan warga sipil, semuanya perempuan dan anak-anak, tewas dalam pemboman itu.

Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan pasukan perbatasannya membalas dengan menargetkan pos-pos militer Pakistan di sepanjang perbatasan dengan “senjata berat,” dan bentrokan lintas batas dilaporkan terjadi di kedua belah pihak.

Serangan hari Senin terjadi setelah tujuh tentara Pakistan tewas dalam serangan oleh kelompok bersenjata di dalam wilayah Pakistan pada hari Sabtu (16/3),  di mana Presiden Asif Ali Zardari bersumpah akan membalasnya.

Institut Studi Konflik dan Keamanan Pakistan, sebuah lembaga pemikir yang bermarkas di Islamabad, mengatakan terjadi peningkatan “mengejutkan” dalam serangan militan tahun lalu dengan rata-rata 54 serangan per bulan – yang terbesar sejak tahun 2015, ketika tentara melancarkan serangan besar-besaran. tindakan keras terhadap kelompok militan.

Seorang pejabat senior pemerintah yang berbasis di Khyber Pakhtunkhwa, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada AFP bahwa Afghanistan tidak menganggap serius keluhan Pakistan mengenai militan yang berlindung di wilayahnya.

Baku tembak juga sering terjadi terkait pembangunan pos pemeriksaan di sepanjang perbatasan yang disengketakan dan penyeberangan perdagangan sering kali ditutup karena perselisihan imigrasi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home