Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:55 WIB | Kamis, 21 Maret 2024

Badan PBB Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Melalui Jalur Darat Israel

Konvoi bantuan PBB terlihat di sepanjang jalan militer baru yang digunakan oleh IDF yang membentang dari perbatasan dekat komunitas selatan Be’eri hingga pantai Jalur Gaza, 11 Maret 2024. (Foto: IDF via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-PBB (Peserikatan Bangsa-bangsa) menggunakan jalur darat baru pada hari Selasa (12/3) untuk mengirimkan makanan langsung ke Gaza utara untuk pertama kalinya dalam tiga pekan, seiring meningkatnya tekanan global terhadap Israel untuk mengizinkan lebih banyak akses ke wilayah pesisir tersebut di tengah peringatan akan terjadinya kelaparan.

Koordinator Kegiatan Pemerintah Israel di Wilayah (COGAT) tersebut mengkonfirmasi bahwa konvoi enam truk bantuan memasuki Jalur Gaza utara melalui jalan militer baru. Rute tersebut, yang membentang dari perbatasan dekat komunitas selatan Be’eri hingga pantai Jalur Gaza, digunakan oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk melakukan operasi di Gaza utara dan tengah.

COGAT mengatakan truk-truk tersebut, yang membawa bantuan dari Program Pangan Dunia (WFP) PBB, masuk pada hari Selasa pagi melalui sebuah gerbang di sepanjang pagar perbatasan, yang membuka rute baru “sebagai bagian dari percobaan percontohan untuk mencegah Hamas mengambil alih bantuan tersebut.”

Dikatakan bahwa bantuan tersebut “secara menyeluruh” diperiksa oleh otoritas Israel di perbatasan Kerem Shalom di perbatasan selatan Gaza, sebelum masuk melalui utara Jalur Gaza.

COGAT menambahkan bahwa hasil uji coba tersebut akan disampaikan kepada eselon politik Israel, yang telah memerintahkan tindakan tersebut.

Juru bicara Program Pangan Dunia (WFP), Shaza Moghraby, mengatakan konvoi tersebut mengirimkan makanan yang cukup untuk 25.000 orang ke Kota Gaza. Ini adalah pengiriman pertama WFP ke wilayah utara sejak 20 Februari dan “membuktikan bahwa pengiriman makanan melalui jalan darat adalah hal yang mungkin dilakukan.”

“Kami berharap untuk meningkatkannya, kami memerlukan akses yang teratur dan konsisten terutama bagi masyarakat di Gaza utara yang berada di ambang kelaparan,” kata Moghraby. “Kami membutuhkan titik masuk langsung ke utara.”

AS Akan Tingkatkan Bantuan

Sementara itu, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengatakan pada  hari Selasa pagi bahwa Amerika Serikat sedang bekerja sama dengan Israel untuk meningkatkan jumlah bantuan “melalui darat melalui Kerem Shalom dan melalui penyeberangan baru, tempat truk pertama kami masuk tadi malam dan kami membutuhkannya. untuk melihat lebih jauh dari mana asalnya.”

Juga pada hari Selasa, sumber diplomatik Israel mengatakan bahwa Maroko mengirim 40 ton pasokan kemanusiaan ke Gaza melalui Bandara Ben Gurion, upaya terbaru untuk mendiversifikasi rute bantuan ke Gaza.

Kementerian luar negeri Rabat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Maroko adalah negara pertama yang mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui jalur darat yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.”

Bantuan tersebut kemudian ditransfer ke Bulan Sabit Merah Palestina di Persimpangan Kerem Shalom antara Israel dan Jalur Gaza, kata seorang sumber diplomatik Maroko kepada AFP tanpa menyebut nama. Seorang pejabat Israel mengkonfirmasi pengiriman tersebut, dan menambahkan bahwa pengiriman tersebut disetujui oleh kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebagai isyarat Ramadhan ke Rabat.

Sejak Hamas melancarkan serangan terornya yang mengejutkan di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober dan memulai perang di mana Israel bersumpah untuk menghancurkan kelompok teror yang berkuasa di Gaza, truk-truk bantuan yang memasuki Jalur Gaza umumnya melakukannya melalui Mesir, meskipun bantuan juga telah melewati Israel. Penyeberangan Kerem Shalom sejak dibuka kembali pada bulan Desember.

Sumber diplomatik tersebut mengatakan hubungan Maroko dengan Israel, yang diresmikan dalam pakta normalisasi yang ditengahi AS pada tahun 2020 yang dikenal sebagai Perjanjian Abraham, membantu operasi tersebut berjalan.

“Maroko selalu mengatakan bahwa hubungannya dengan Israel bertujuan untuk mewujudkan perdamaian di kawasan dan kepentingan Palestina,” kata sumber itu.

Israel juga setuju untuk menambah jumlah truk yang memasuki Gaza dari Yordania melalui Penyeberangan Allenby ke Tepi Barat, kata pejabat Israel.

Juga pada pekan ini, Israel mulai mentransfer pengiriman tepung dari AS dan Turki yang telah tertahan di pelabuhan Ashdod selama kurang lebih dua bulan.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan badan-badan internasional lainnya telah berulang kali memperingatkan akan terjadinya kelaparan di Gaza, yang telah menghadapi krisis kemanusiaan yang meningkat sejak perang meletus dengan serangan gencar Hamas pada 7 Oktober, yang mengakibatkan ribuan teroris Palestina menyerbu masuk ke Israel, menewaskan 1.200 orang dan menculik 253 lainnya, sebagian besar warga sipil, di tengah tindakan brutal dan kekerasan seksual yang mengerikan.

Berbagai organisasi bantuan mengatakan bantuan kemanusiaan lambat untuk masuk ke Jalur Gaza dan lambat untuk didistribusikan, khususnya di Gaza utara, terhambat oleh inspeksi Israel, lokasi penyeberangan di selatan Jalur Gaza, dan warga Gaza yang putus asa, serta para penjarah menyerbu truk pengangkut sebelum mereka dapat mencapai bagian utara daerah kantong.

Bantuan yang masuk ke Jalur Gaza hanyalah sebagian kecil dari pasokan yang dibutuhkan untuk menopang populasi Gaza yang berjumlah 2,3 juta orang, menurut dugaan PBB.

Sebuah kapal milik kelompok bantuan Spanyol Open Arms berlayar dari Siprus pada hari Selasa membawa 200 ton bantuan makanan untuk warga sipil Gaza dengan harapan dapat membuka koridor maritim untuk meringankan krisis kemanusiaan yang mengerikan.

Kapal akan berlabuh di sepanjang pantai utara Gaza, selatan kota Gaza, di dermaga pendaratan yang dibangun oleh World Central Kitchen material dari bangunan yang hancur dan puing-puing.

Juga pada hari Selasa, empat kapal Angkatan Darat AS meninggalkan AS, membawa peralatan untuk membangun pelabuhan sementara di pantai Gaza untuk pengiriman bantuan. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home