Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:37 WIB | Jumat, 15 Maret 2024

Indonesia Bantu 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Afghanistan

Indonesia Bantu 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Afghanistan
Petugas kesehatan perempuan Afghanistan menunggu di depan pintu di luar rumah untuk memberikan vaksin virus polio oral (OPV) kepada anak-anak selama kampanye imunisasi di Herat, 15 Mei 2023. (Foto: dok. AFP)
Indonesia Bantu 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Afghanistan
Pengiriman bantuan berupa vaksin polio untuk Afghanistan. (Foto: Kemlu)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) mengirimkan bantuan 10 juta dosis vaksin polio bOPV ke Afghanistan.

Pelepasan bantuan dilakukan oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati di bandara Soekarno Hatta, Jakarta, hari Kamis (7/3/2024).

Retno menyampaikan bahwa situasi kemanusiaan di Afghanistan masih belum membaik. UN World Food Programme (WFP) memperkirakan 23,7 juta rakyat Afghanistan membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Kondisi sistem kesehatan yang tidak memadai menyebabkan masyarakat rentan terpapar penyakit menular. Afghanistan juga merupakan satu dari negara di dunia yang dikategorikan sebagai negara endemik polio.

“Di tengah situasi ini, tentunya kita wajib membantu. Dan ini juga berdasarkan permintaan dari pihak Afghanistan untuk dapat menyumbangkan vaksin polio, karena kalau kita bicara mengenai vaksin polio, saya kira kita termasuk yang paling maju. Kita sudah memproduksi dan mengekspor ke banyak negara," kata Retno.

Hibah vaksin polio produkasi Bio Farma ini menjadi bagian dari komitmen Indonesia kepada rakyat Afghanistan. “Kepentingan rakyat selalu menjadi prioritas bagi kita. Dan insyaallah manfaatnya banyak dan dapat dirasakan langsung oleh rakyat Afghanistan yang memerlukannya," kata Retno.

Menlu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam penyediaan bantuan ini, termasuk UNICEF yang akan memfasilitasi pengiriman dan pendistribusian vaksin tersebut.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan bantuan 10 juta dosis vaksin polio merupakan dukungan konkret terhadap program vaksinasi Afghanistan yang akan menjangkau 3,3 juta anak-anak usia di bawah tiga tahun. Pengangkutan dan distribusi vaksin akan dilakukan oleh UNICEF berkoordinasi dengan pihak Afghanistan.

Menkeu menambahkan bahwa LDKPI atau Indonesian AID didirikan dengan semangat solidaritas sesama negara berkembang dan komitmen pada target-target global seperti SDGs.

“Selama empat  tahun beroperasi, lembaga ini telah memberikan hibah kerja sama pembangunan senilai Rp356,58 miliar ke 49 negara sahabat, termasuk Palestina, Ukraina, Myanmar, Timor Leste, Papua Nugini dan Fiji," kata Menkeu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home