Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 04:31 WIB | Minggu, 24 Juli 2022

Pakistan Laporkan Kasus Polio Meningkat

Seorang petugas polisi berjaga-jaga saat seorang petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak, di Peshawar, Pakistan, pada 29 Maret 2021. (Foto: dok. AP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Jumlah kasus polio di Pakistan tahun ini meningkat menjadi 13 dengan satu kasus dilaporkan pada hari Jumat (22/7) karena negara Asia Selatan itu tampaknya tetap memiliki penyakit ini, di mana di sebagian besar negara telah diberantas, kata para pejabat

Kasus terbaru ditemukan di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa (KP) dan melibatkan seorang anak laki-laki berusia 18 bulan yang dilaporkan kekurangan gizi, kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Sebanyak 12 kasus sebelumnya dilaporkan dari distrik Waziristan Utara yang di masa lalu merupakan daerah tanpa hukum terutama di bawah kendali Taliban Pakistan sebelum operasi militer diluncurkan terhadap kelompok tersebut pada tahun 2014.

“Ini adalah kasus polio pertama yang dilaporkan dari luar distrik Waziristan Utara di mana para pemberi vaksin masih menghadapi tantangan serius dalam menjangkau anak-anak, karena penolakan dari para pemimpin agama setempat dan orang tua yang tidak mau,” kata pejabat departemen kesehatan provinsi kepada Reuters.

Bulan lalu, seorang petugas vaksinasi dan dua polisi yang bertugas keamanan ditembak mati selama perjalanan inokulasi polio di provinsi KP.

“Kasus ini menempatkan jumlah kasus Polio Liar untuk negara-negara endemik pada 14 kasus, dengan 13 kasus dari Pakistan antara April dan Juni 2022 dan satu kasus dari Afghanistan pada Januari,” kata kementerian itu. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home