Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:40 WIB | Sabtu, 23 April 2022

Pakistan Laporkan Lagi Kasus Polio Setelah 15 Bulan

Seorang anak menerima tetes vaksin polio, selama kampanye anti polio, di lingkungan berpenghasilan rendah ketika penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19) berlanjut, di Karachi, Pakistan 20 Juli 2020. (Foto: dok. Reuters)

ISLAMABAD, SATUHAR4APAN.COM-Perdana Menteri Pakistan mengatakan pada hari Sabtu (23/4) bahwa dia akan memimpin pertemuan darurat satuan tugas nasional untuk pemberantasan polio setelah pihak berwenang mendeteksi kasus pertama penyakit neurodegeneratif yang melemahkan negara itu dalam 15 bulan.

Pejabat kesehatan mengumumkan penemuan kasus polio liar pada hari Jumat (22/4), mengatakan seorang anak laki-laki berusia 15 bulan telah lumpuh oleh virus di distrik Waziristan Utara.

“Sangat sedih untuk berbagi bahwa seorang anak laki-laki berusia 15 bulan telah lumpuh di Waziristan Utara,” tweeted Shahzad Baig, koordinator Pusat Operasi Darurat Nasional untuk program pemberantasan polio Pakistan.

“Pakistan mengonfirmasi kasus #poliovirus liar setelah hampir 15 bulan,” tambahnya. Kasus terakhir negara itu terdeteksi pada Januari 2021, dan awal tahun ini pihak berwenang merayakan 12 bulan tanpa satu kasus, pertama kali terjadi sejak upaya pemberantasan dimulai.

Pakistan adalah salah satu dari dua negara, di samping negara tetangga Afghanistan, di mana polio tetap endemik, meskipun jumlah kasus telah menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Kasus di Waziristan Utara menjadikan jumlah global kasus polio pada tahun 2022 menjadi tiga, dengan satu kasus juga dikonfirmasi di Malawi dan satu lagi di Afghanistan, menurut data dari Inisiatif Pemberantasan Polio Global (GPEI).

Kasus di Malawi dikonfirmasi pada bulan Februari meskipun timbulnya kelumpuhan datang pada November 2021, menurut GPEI.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan mereka sedang berupaya memastikan virus tidak menyebar lebih jauh di negara Asia Selatan itu.

Kantor Perdana Menteri, Shehbaz Sharif, mengatakan dia akan memimpin pertemuan darurat satuan tugas pemberantasan polio pada hari Senin (25/4).

Nigeria secara resmi memberantas polio liar pada tahun 2020. Para pejabat Pakistan mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka berharap untuk mencapai tujuan yang sama di tahun-tahun mendatang.

Untuk memberantas penyakit secara resmi suatu negara harus bebas polio selama tiga tahun berturut-turut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home