Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:26 WIB | Rabu, 11 Maret 2015

Palang Merah: Danau Chad Alami Krisis Kemanusiaan

Seorang gadis pengungsi akibat serangan Boko Haram di wilayah timur laut Nigeria, meletakan kepalanya di atas meja di Maikohi kamp sekolah menengah untuk pengungsi internal (IDP) di Yola, Adamawa (13/1). (Foto: news.asiaone.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Palang Merah, Selasa (10/3), mengeluarkan peringatan mengenai situasi yang kian mengerikan di Nigeria dan sejumlah negara lain di kawasan Danau Chad. Ratusan ribu warga di daerah tersebut terpaksa mengungsi akibat serangan Boko Haram.

Terjadi krisis kemanusiaan yang terbuka di sekitar Danau Chad, bukan hanya di Nigeria namun juga di sejumlah negara di kawasan itu, kata Jean-Yves Clemenzo, juru bicara Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

“Situasi ini “amat sulit, “ katanya kepada awak media di Jenewa.

Lebih dari 13 ribu orang tewas dan sekitar 1,5 juta warga terpaksa mengungsi, sejak Boko Haram melancarkan pemberontakan di Nigeria utara pada 2009.

Baru-baru ini serangan lintas perbatasan oleh Boko Haram, yang pada akhir pekan berjanji setia kepada kelompok Negara Islam, telah meningkatkan mengenai kekhawatiran.

Serangan lintas perbatasan yang dilakukan Boko Haram akhir-akhir ini, meningkatkan kekhawatiran kondisi keamanan.

Kekerasan di Nigeria tidak hanya merenggut nyawa korban dan memaksa ratusan ribu orang mengungsi di negara mereka sendiri, kekerasan merembet ke negara tetangga termasuk Chad, Niger dan Kamerun. Situasi kemanusiaan di sana juga kian memburuk, “ kata ICRC. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home