Loading...
EKONOMI
Penulis: Sotyati 15:34 WIB | Senin, 16 Juni 2014

Pameran Produk Unggulan UKM se-ASEAN

Salah satu hasil karya usaha kecil menengah. (Foto ilustrasi: antara/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – SMESCO Festival 2014 memamerkan produk usaha kecil menengah (UKM) unggulan se-ASEAN, binaan atau kerja sama dengan lembaga Internasional, seperti KOTRA-Korea, Taiwan-ICDF, VECO-Indonesia, Netherland-GKSI Jabar, UKM dari Iran, Dubai, Vietnam, dan Hong Kong.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram di Jakarta, Senin (16/6), mengatakan SMESCO Festival merupakan event promosi dan pameran ekspose puncak prestasi pemberdayaan KUKM oleh dinas-dinas yang membidangi urusan KUKM seluruh provinsi, kabupaten/kota, yang diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-67 Koperasi Tahun 2014.

SMESCO Festival 2014 diikuti peserta dari ASEAN dan 450 peserta dalam 275 stand, terdiri atas pameran provinsi yang menampilkan produk unggulan KUKM 34 provinsi dan 49 kabupaten/kota dan pameran internasional yang menampilkan produk UKM luar negeri.

Selain itu juga dirangkai Pameran Heritage menampilkan produk-produk heritage dan best of the best produk, seperti batik, aksesoris, kulit, kerajinan, home decor, fashion, dan lain-lain. Dekranas, Yayasan Batik Jawa Barat, Cita Tenun Indonesia, dan Yayasan Sulam Indonesia juga memamerkan karya-karya terbaik.

Pameran itu diperkaya dengan layanan klinik-klinik konsultasi seperti hak kekayaan intelektual, pengawasan obat dan makanan (BPOM), standarisasi produk (BSN), pemasaran produk KUKM, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), dan acara pendukung lainnya.

SMESCO Festival ke-12 tahun 2014 mengambil tema “Toward Global Connection, Collaboration and Commerce, in Conjunction with The ASEM Conference on Green Business”.

"Connection, collaboration and commerce dimaksudkan bahwa pameran ini tidak sebatas mempromosikan dan memamerkan produk secara fisik semata, tetapi SMESCO Festival tahun 2014 merupakan sarana menjalin koneksitas dan kerja sama antara koperasi dan UKM, dengan mitra bisnis dari dalam negeri maupun luar negeri (Business to Business/B to B)," kata Agus.

Ia menambahkan koneksitas dan kerja sama ini, menjadi aspek penting dalam pengembangan bisnis KUKM yang semakin terbuka, global, dan mengandalkan kecepatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yang pada akhirnya bermuara pada terjadinya transaksi (commerce).

SMESCO Festival ke-12 berlangsung di JCC- Jakarta (Assembly Hall), pada 19 - 22 Juni 2014 dan dibuka pada Kamis 19 Juni 2014 pukul 10.00. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home