Loading...
SAINS
Penulis: Tunggul Tauladan 15:40 WIB | Sabtu, 11 Juli 2015

Pantau Arus Lalin via Medsos

Akun twitter Dishubkominfo DIY. Dalam akun ini tersaji kondisi terkini arus lalin di DIY yang terus diupdate setiap hari.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Kondisi terkini dari arus lalu lintas (lalin) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  bisa dipantau lewat media sosial (medsos). Hal ini terealisasi setelah Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi DIY (Dishubkominfo) mulai memanfaatkan medsos, seperti twitter dan facebook untuk memutakhirkan info terkini seputar arus lalu lintas di DIY.

“Sejumlah persimpangan jalan di DIY telah dipasang Area Traffic Control System (ATCS) sebanyak 46 unit. Seluruh ATCS ini dikontrol melalui Kantor Dishubkominfo DIY dan akan diperbarui setiap pukul 06.00 -22.00 WIB. Saat ini masyarakat maupun pemudik bisa memantau kondisi lalin di DIY melalui akun resmi Dishubkominfo di twitter @ATCSDIYJOGJA,” demikian disampaikan oleh Kepala Dishubkominfo DIY, Sigit Haryanta pada Jum’at (10/7).

Sigit menambahkan, ATCS merupakan alat yang berfungsi untuk mengontrol arus lalu lintas. Misalnya jika arus lalin terbilang padat, maka ATCS akan mengurangi waktu tunggu pada Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) sehingga bisa lebih mempercepat arus lalin. Namun, jika kepadatan arus lalu lintas dinilai telah parah,  akan langsung diterjunkan petugas ke titik kemacetan.

Di sisi lain, para pengguna jalan, khususnya pemudik juga dapat mengakses peta jalan melalui website www.plazainformasijogjaprov.go.id. Para pengguna jalan dapat mengakses kondisi terkini terkait peta jalan tersebut selama 24 jam. Peta tersebut menyajikan informasi jalan yang padat dan lengang, sehingga para pemakai jalan dapat memilih rute lain jika sekiranya jalan yang akan dilalui ternyata telah padat untuk menghindari terjebak kemacetan.

“Di peta jalan tersebut akan tersaji beberapa warna. Jika jalan berwarna kuning maka berarti padat, sedangkan saat macet jalan akan berwarna merah. Saat jalan berwarna hijau, maka kondisi jalan dinyatakan lancar,” ujar Sigit.

Terobosan yang dilakukan Dishubkominfo DIY ini merupakan salah satu upaya dalam memaksimalkan teknologi untuk memantau arus lalin. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa kondisi lalin di Yogyakarta akan mengalami kepadatan, bahkan kemacetan, di sejumlah ruas jalan ketika masuk libur lebaran. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home