Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:56 WIB | Kamis, 19 Februari 2015

Para Menteri Ucapkan Selamat Imlek

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Gong Xi Fa Cai Dari Para Menteri. (Foto: .rancahpost.co.id/Walpaper Put)

JAKARTA, SATUHARAPAN,COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengucapkan selamat tahun baru Tiongkok atau biasa disebut dengan Imlek, kepada masyarakat Tionghoa yang merayakan pada Kamis (19/2) ini.

"Ini kan tahun baru Imlek, saya ucapkan selamat pada semua yang merayakan, semoga tahun baru Imlek ini dapat membawa kedamaian, keberkahan dan menginspirasi tradisi imlek yang sudah begitu lama ditinggalkan pendahulunya," kata Lukman yang ditemui dalam acara Muktamar I PPP di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (19/2).

Lukman mengimbau perayaan Imlek jangan dinodai dengan hal-hal yang buruk. Sebaliknya, saling menghargai antara umat beragama.
"Saya yakin masyarakat kita sudah sangat toleran. Mereka tetap bisa menghargai pada sesama saudara yang merayakan imlek," kata Lukman.
Seperti diketahui, Tahun Baru Imlek ke-2566 jatuh pada Kamis, 19 Februari 2015 dan menurut zodiak dikatakan sebagai tahun kambing kayu.

Selain Menteri Agama, Mendikbud Anies Baswedan juga turut mengunjungi ke Klenteng Jin De Yuan (Kim Tek Le) atau Wihara Dharma Bhakti di Jalan Kemenangan III, Kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, (19/2).

Anies pun juga memberi ucapan selamat tahun Hari Imlek, “Gong Xi Fa Cai. Menurut kepercayaan Tionghoa hujan akan membawa rezeki. Semoga hujan akan melimpahkan rezeki ke Indonesia.”

Anies mengunjungi Vihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Jakarta Barat. Ia mengenakan setelan kemeja merah dan celana panjang hitam.

Anies mengatakan, pada tahun baru imlek kali ini, dia berharap agar situasi dan kondisi Indonesia bisa baik-baik saja. Bukan hanya itu, Anies juga berharap semoga pada tahun ini tidak ada lagi anak-anak yang tidak bisa masuk sekolah.
Ucapan Imlek dari Negara Tetangga.

Sementara itu ucapan selamat imlek pun mengalir dari Negara tetangga Negara tetangga, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak dalam pidato ucapan selamat Tahun Baru Imlek mengatakan, bahwa Tahun Baru Imlek adalah hari raya yang paling penting bagi keturunan Tionghoa di seluruh dunia, hari raya ini juga sepenuhnya menonjolkan semangat Satu Malaysia.

Najib Tun Razak mengatakan bahwa pemerintah akan terus menyatukan rakyat seluruh negeri dengan semangat Satu Malaysia. Dikatakannya, Tahun Baru Imlek adalah hari raya yang menyatukan sanak keluarga dan teman. Rakyat berbagai etnis juga akan bertamu ke rumah tetangga warga keturunan Tionghoa, dan menikmati tradisi warga Tionghoa yang bervariasi.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon (18/2), mengucapkan selamat tahun baru Imlek kepada rakyat Tiongkok dan keturunan Tionghoa di seluruh dunia.

Ban Ki-moon memberikan ucapan  dalam bahasa Mandarin, ia mengatakan “Selamat Tahun Baru Imlek, saya adalah sekretaris jenderal PBB Ban Ki-moon”. Selanjutnya, ia mengatakan dalam bahasa Inggris, “Saya menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek, dan berterima kasih kepada para pendukung Tiongkok terhadap PBB, upaya Anda sangat penting bagi PBB yang telah mendorong perdamaian, perkembangan dan hak asasi manusia”.

Ban Ki-moon mengatakan, tahun ini adalah genap 70 tahun berdirinya PBB dan juga adalah tahun kambing. Dalam arti tradisional dapat dikatakan bahwa kambing melambangkan semangat damai dan penuh rasa simpati.

Ban Ki-Moon mengimbau masyarakat dunia, untuk mewarisi semangat kambing, mengutarakan kebaikan hati dan perhatian dalam mewujudkan target besar yang besar. Ia berharap agar seluruh rakyat dunia sehat dan sejahtera, bahagia dan sukses selalu.(Eksplorasi/china.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home