Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:19 WIB | Rabu, 29 Mei 2024

Parlemen Prancis Bahas RUU Hak untuk Mati Yang Kontroversial

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menghadiri konferensi tentang mengakhir kehidupan, setelah panel warga membahas masalah ini dalam beberapa bulan terakhir, di Istana Elysee di Paris, Prancis, 3 April 2023. (Foto: dok. Reuters)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Prancis pada hari Senin (27/5) mulai memperdebatkan rancangan undang-undang hak untuk mati yang sangat kontroversial yang didukung oleh Presiden Emmanuel Macron, yang menjadikannya sebagai reformasi utama pada masa jabatan keduanya.

Jika RUU tersebut menjadi undang-undang – pada akhir diskusi yang kemungkinan akan berlangsung selama lebih dari satu tahun – maka hal ini akan membawa Prancis lebih dekat dengan negara-negara tetangganya di Eropa, yang beberapa di antaranya sudah mengizinkan bunuh diri dengan bantuan.

Berbicara di majelis rendah Majelis Nasional, Menteri Kesehatan, Catherine Vautrin, mengatakan pemerintah mengupayakan “respon etis terhadap penderitaan orang-orang di akhir hidup mereka.”

“Ini merupakan penghargaan bagi parlemen, karena mereka mampu menangani isu-isu paling serius dan menyusahkan yang berdampak dan terkadang menyiksa masyarakat kita,” katanya.

Macron menegaskan bahwa izin untuk memilih kematian harus dibatasi pada orang-orang dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan rasa sakit yang hebat.

RUU ini secara luas disebut berfokus pada “akhir kehidupan” atau “bantuan dalam kematian” dalam perdebatan di Prancis, dibandingkan “bunuh diri dengan bantuan” atau “eutanasia”.

Macron mengatakan pada bulan Maret bahwa Prancis memerlukan undang-undang tersebut karena “ada situasi yang tidak dapat Anda terima secara manusiawi”. Tujuannya adalah “untuk mendamaikan otonomi individu dengan solidaritas bangsa”, katanya.

RUU ini mendapat tentangan keras dari para pemimpin agama di negara yang secara tradisional merupakan negara Katolik, serta banyak petugas kesehatan.

Meskipun sebagian besar anggota parlemen yang berhaluan kiri dan sekutu Macron mendukung undang-undang tersebut, beberapa dari mereka mengatakan bahwa mereka akan bergabung dengan oposisi konservatif dalam memberikan suara menentang, sebagian besar karena alasan berdasarkan pengalaman pribadi.

“Siapa Saya?”

Pimpinan parlemen dari semua partai telah mengatakan bahwa mereka tidak akan menekan anggota parlemen mereka untuk mengikuti garis partai.

Wakil Komunis, Andre Chassaigne, yang saudara laki-lakinya, yang menderita kanker pankreas, bunuh diri, mengatakan dia tidak dapat mendukung undang-undang yang mengizinkan “pembunuhan”.

“Saya membantu ibu saya meninggal,” kata wakil Partai Hijau, Sandrine Rousseau, bulan lalu. “Dia bunuh diri dan saya ada di sana. Siapakah saya yang bisa mencegahnya?”

Salah satu pertanyaan kuncinya adalah apakah pasien yang tidak lagi mampu menjalankan protokol untuk mengakhiri hidupnya dapat disuntik mati oleh personel yang berkualifikasi.

Hanya orang yang lahir di Prancis atau penduduk jangka panjang yang diperbolehkan mengajukan permohonan kematian dengan bantuan.

Pasien yang memenuhi syarat harus berusia di atas 18 tahun, mampu mengungkapkan keinginannya dengan jelas, dan menderita kondisi yang membatasi harapan hidup mereka dalam jangka pendek atau menengah.

Penyakit kejiwaan secara khusus dikecualikan dari RUU ini, begitu pula kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Majelis Nasional menyisihkan dua pekan diskusi untuk pembacaan pertama RUU tersebut, dan pemungutan suara dijadwalkan pada 11 Juni, sebelum legislasi tersebut dikirim ke majelis tinggi Senat pada musim gugur.

Hingga saat ini, pasien kesakitan asal Prancis yang ingin mengakhiri hidupnya harus melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk ke negara tetangga Belgia yang, bersama dengan Belanda, pada tahun 2002 menjadi negara Uni Eropa pertama yang mengizinkan euthanasia.

Spanyol pada tahun 2021 mengizinkan euthanasia dan bunuh diri dengan bantuan medis bagi orang-orang yang menderita penyakit serius dan tidak dapat disembuhkan, diikuti oleh Portugal pada tahun lalu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home