Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:22 WIB | Selasa, 09 April 2024

Macron: Prancis dan Sekutunya Dapat Hentikan Genosida di Rwanda, Tapi Tidak Mau

Macron: Prancis dan Sekutunya Dapat Hentikan Genosida di Rwanda, Tapi Tidak Mau
Presiden Prancis, Emmanuel Macron, berbicara di samping buku pengunjung di situs peringatan genosida di ibu kota Kigali, Rwanda pada Kamis, 27 Mei 2021. Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan Prancis dan sekutunya “seharusnya menghentikan” genosida Rwanda tahun 1994 dan “tidak memiliki keinginan untuk melakukannya.” Kantor Macron mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden Prancis akan merilis video pada hari Minggu (7/4) saat Rwanda memperingati 30 tahun genosida. (Foto: dok. AP/Muhizi Olivier)
Macron: Prancis dan Sekutunya Dapat Hentikan Genosida di Rwanda, Tapi Tidak Mau
Foto hari Jumat, 5 April 2019, menampilkan foto keluarga beberapa korban tewas dipajang dalam sebuah pameran di pusat Peringatan Genosida Kigali di ibu kota Kigali, Rwanda. (Foto: dok AP/Ben Curtis)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pada Kamis (4/4) mengatakan bahwa Prancis dan sekutunya bisa saja menghentikan genosida di Rwanda pada tahun 1994, namun mereka tidak memiliki kemauan untuk melakukan hal tersebut. Ini sebuah pernyataan yang tegas menjelang peringatan 30 tahun pembantaian genosida di Rwanda yang menewaskan lebih dari 800.000 orang di negara Afrika tersebut.

Kantor Macron mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden Prancis akan merilis video di media sosial pada hari Minggu (7/4) saat Rwanda memperingati peringatan genosida.

Dalam video tersebut, Macron mengatakan bahwa “Prancis, yang seharusnya bisa menghentikan genosida yang dilakukan sekutunya di Barat dan Afrika, namun tidak memiliki keinginan untuk melakukannya.”

Pada tahun 2021 saat berkunjung ke negara Afrika tengah, Macron mengakui “tanggung jawab” Prancis dalam genosida yang menyebabkan lebih dari 800.000 orang tewas, sebagian besar etnis Tutsi dan Hutu yang berusaha melindungi mereka.

Dia tidak meminta maaf, namun Presiden Rwanda, Paul Kagame, mengisyaratkan bahwa hubungan Prancis-Rwanda telah berubah, menyusul serangkaian upaya Prancis untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara.

Pemerintah Rwanda telah lama menuduh Prancis “memungkinkan” terjadinya genosida.

Sejak pertama kali terpilih pada tahun 2017, Macron secara khusus menugaskan laporan tentang peran Prancis sebelum dan selama genosida dan memutuskan untuk membuka arsip negara tersebut dari periode ini kepada publik.

Dalam video hari Minggu, Macron mengenang ketika genosida dimulai, “komunitas internasional mempunyai sarana untuk mengetahui dan mengambil tindakan” berdasarkan pengetahuan tentang genosida yang diungkapkan oleh para penyintas genosida Armenia dan Holocaust, kata kantor Macron.

Macron akan menegaskan kembali bahwa “Prancis mendukung Rwanda dan rakyat Rwanda, mengenang satu juta anak, perempuan dan laki-laki yang menjadi martir karena mereka terlahir sebagai Tutsi,” menurut kantornya.

Kantor Macron mengatakan Prancis akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Stéphane Séjourné, pada peringatan genosida yang dijadwalkan pada hari Minggu (7/4) di Kigali, presiden Prancis sendiri ditahan di Prancis untuk peringatan Perang Dunia II pada hari itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, Prancis juga meningkatkan upaya untuk menangkap tersangka genosida dan mengirim mereka ke pengadilan.

Seorang dokter Rwanda dijatuhi hukuman 24 tahun penjara pada bulan Desember oleh pengadilan Paris, yang merupakan kasus keenam terkait genosida Rwanda yang dibawa ke pengadilan di Prancis, semuanya dalam satu dekade terakhir. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home