Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 13:12 WIB | Kamis, 04 Agustus 2016

Partai UKIP Usulkan Semua Sekolah Islam di Inggris Ditutup

Pendiri UKIP, Lisa Duffy (Foto: telegraph.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Calon Ketua Partai UKIP (UK Independence Party) Inggris, Lisa Duffy, mengusulkan penutupan sekolah-sekolah berbasis agama Islam di negara itu sebagai upaya untuk menangkal radikalisasi.

Lisa, yang berkampanye untuk mendapatkan posisi menggantikan ketua Partai UKIP, Nigel Farage, mengatakan tawaran itu didasarkan pada akal sehat dan akan segera menjelaskan secara rinci platform rencana tersebut, sebagai  visi positif bagi modernisasi Islam Inggris.

"Saya akan meminta pemerintah untuk menutup sekolah-sekolah berbasis agama Islam di Inggris," kata dia seperti dilansir telegraph.co.uk pada hari Kamis (4/8).

Ia menampik tuduhan bahwa ia sengaja menyasar kalangan Islam di Inggris. Yang menjadi keprihatinannya, kata dia, 2.000 orang saat ini tengah diawasi oleh pihak keamanan yang kesemuanya berasal dari sekolah-sekolah berbasis agama Islam tersebut. Ia menyiratkan indoktrinasi radikalisme berawal dari sekolah-sekolah itu.

Menurut dia, pelarangan ini tidak hanya bagi sekolah Islam tetapi berlaku juga bagi sekolah Kristen.

"Kalau sekolah Kristen sama seperti sekolah Islam, kami akan mengambil pendekatan yang sama tetapi kita harus memahami radikalisasi datang dari suatu tempat," kata dia.

Pemerintah Inggris sudah berkali-kali mengingatkan risiko radikalisasi seklah-sekolah berbasis agama Islam. Pada tahun 2014, inspektorat sekolah di Ofsted mengingatkan potensi pengaruh ekstremisme pada enam sekolah Muslim di London timur.

Menurut data, mayoritas dari 6.817 sekolah berbasis agama  yang dibiayai pemerintah di Inggris adalah sekolah Kristen. Namun 23 di antaranya adalah sekolah agama Islam. Sejumlah sekolah swasta juga dikelola sebagai sekolah agama Islam.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home