Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:30 WIB | Minggu, 23 Oktober 2016

Pasukan Irak Tewaskan 48 Terduga Pejuang ISIS

Ilustrasi. Pasukan kemanan Kurdi Irak menangkap satu terduga anggota ISIS saat mereka berpatroli di pinggiran timur Kirkuk, 22 Oktober 2016, setelah ekstremis menyerang kota itu. Pasukan keaman bentrok dengan militan ISIS di hari kedua serangan mendadak para militan ke kota itu seiring dengan upaya Irak untuk merebut kembali Mosul. (Foto: AFP/Marwan Ibrahim)

KIRKUK, SATUHARAPAN.COM - Pasukan keamanan Irak menewaskan 48 orang bersenjata yang menyerbu sejumlah wilayah di Kirkuk dalam serangan kejutan yang diklaim kelompok ISIS, kata kepala polisi kota tersebut, Sabtu (22/10).

“Sebanyak 48 teroris Daesh (ISIS) tewas dalam sejumlah bentrokan,” kata Brigadir Jenderal Khattab Omar Aref kepada AFP, menambahkan bahwa beberapa dari mereka meledakkan diri ketika pasukan keamanan menyudutkan mereka.

Unit kontraterorisme dan intelijen khusus masih memburu sekitar puluhan pejuang ISIS yang menyerbu gedung-gedung publik pada Jumat (21/10) dini hari.

Sejak saat itu, bentrokan berlangsung tanpa henti dan kota itu, yang terletak sekitar 240 kilometer sebelah utara Baghdad, masih memberlakukan jam malam.

Seorang pejabat senior Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa setidaknya 46 orang lainnya tewas, sebagian besar anggota personel keamanan, dalam serangan ISIS dan sejumlah bentrokan lanjutan.

“Pasukan keamanan saat ini berhasil mengendalikan situasi tapi masih ada beberapa persembunyian ekstremis di daerah selatan dan timur,” kata Aref.

“Kami berhasil menggagalkan rencana besar Daesh ini, yaitu merebut gedung-gedung pemerintah, termasuk kantor pusat keamanan,” ujarnya.

“Mereka dipukul mundur seperti mereka dikalahkan di pinggiran kota Mosul,” kata kepala polisi tersebut, merujuk kepada operasi yang sedang berlangsung untuk merebut Mosul dari tangan ISIS. (AFP)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home