Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:40 WIB | Kamis, 06 Maret 2014

Pasukan Rusia Masuki Unit Rudal Ukraina di Crimea

Beberapa kapal perang Ukraina tetap diblokade di lepas pantai Crimea. (Foto: bbc.co.uk)

SIMFEROPOL, SATUHARAPAN.COM - Tentara Rusia mengambil alih bagian dari unit pertahanan rudal Ukraina di Crimea pada Rabu (5/3), kata Kementerian Pertahanan Ukraina, namun bersikeras bahwa semua rudal tetap berada di tangan Ukraina.

Volodymyr Bova, juru bicara kementerian pertahanan, mengatakan kepada AFP bahwa pasukan Rusia telah memasuki pangkalan di Cape Fiolent dekat Sevastopol dan tidak ada tembakan-tembakan yang dilepaskan.

Pangkalan kedua juga dilaporkan disita namun menggambarkan situasi carut-marut di Crimea, dimana pertanyaan tentang "siapa yang memegang kendali" dan "sejak kapan" masih samar-samar di banyak bagian, meskipun Moskow memperketat kendalinya di semenanjung.

Seorang juru bicara kementerian mengatakan, pasukan pro-Moskow mengambil sebagian kontrol pangkalan di Evpatoria, barat laut ibu kota semenanjung Simferopol.

Kunjungan ke pangkalan oleh AFP diungkapkan bahwa bagaimanapun pasukan Rusia telah berada di tempat itu pada hari itu.

Kelompok-kelompok pro-Rusia sudah mendekati pangkalan pada 23 Februari untuk melakukan perundingan dengan komandan Ukraina, hanya sehari setelah tersingkirnya Presiden Ukraina pro-Moskow Viktor Yanukovych.

"Kami membiarkan mereka setelah pembicaraan," kata Sergiy Anyushkin, petugas pangkalan di Ukraina.

Sejak itu "30 sampai 40" anggota angkatan bersenjata Rusia telah berada di pangkalan, berpatroli di gang-gang antara fasilitas - termasuk mereka yang memegang senjata dan rudal anti-pesawat - tetapi bertindak dengan "cara damai," katanya.

Pasukan ini tidak menghentikan kelompok besar kebanyakan warga sipil pro-Rusia dari upaya menyerang pangkalan pada Selasa malam, menempatkan mereka berhadapan dengan sesama petugas Rusia menjaga gerbang di samping tentara Ukraina.

Dalam sebuah langkah yang luar biasa, komandan pangkalan Ukraina bahkan menyerukan wakil pemerintah Crimea pro-Rusia itu, kata Yuriy Zheribtsov, demi penyelamatan.

Pengambilalihan de facto Rusia dari Crimea umumnya berlangsung damai, dengan pertempuran reguler yang telah berhenti singkat saat kekerasan semakin nyata.

Namun, pengambilalihan menandai langkah baru: dalam insiden serupa pada beberapa hari terakhir, dimana pasukan pro-Rusia telah sebagian besar mengepung atau memblokir akses ke pangkalan-pangkalan Ukraina tanpa mengambil kendali dari mereka.

Orang-orang Crimea yang bertutur dalam bahasa Rusia Crimea telah datang di bawah kendali de-facto oleh pasukan pro-Rusia sejak mengusir Yanukovych dan melantik pemerintah baru pro-Uni Eropa baru di Kiev.

Putin namun terus menyangkal ada pasukan angakatan darat Rusia beroperasi di Crimea, dan bersikeras bahwa orang-orang bersenjata banyak memiliki diidentifikasi sebagai tentara Rusia yang pada kenyataannya adalah "pasukan bela diri lokal". (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home