Loading...
ANALISIS
Penulis: Sabar Subekti 11:33 WIB | Kamis, 15 September 2022

Pasukan Rusia Terdesak di Ukraina, Apa yang Mungkin Dilakukan Putin

Seorang tentara Ukraina berdiri di atas bendera Rusia di Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, Selasa, 13 September 2022. Pasukan Ukraina menekan pasukan Rusia yang mundur Selasa, menekan lebih dalam ke wilayah yang diduduki dan mengirim lebih banyak pasukan Kremlin yang melarikan diri menjelang serangan balasan itu. telah menimbulkan pukulan yang menakjubkan pada prestise militer Moskow. (Foto: AP/Kostiantyn Liberov)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia Vladimir Putin belum secara terbuka mengomentari kekalahan pasukannya di timur laut Ukraina, tetapi berada di bawah tekanan dari nasionalis di dalam negeri untuk mendapatkan kembali inisiatif.

Dia memiliki beberapa opsi perbaikan cepat, jika intelijen Barat dan analisis open source akurat, dan sebagian besar langkah potensial yang dapat dia ambil datang dengan risiko domestik dan geopolitik.

Sejak berkuasa pada tahun 1999, gerilyawan di Chechnya dan wilayah Kaukasus Utara yang lebih luas adalah salah satu musuh bersenjata terberat yang pernah dihadapi Putin. Dalam hal itu, ia memilih untuk meningkatkan dengan lebih banyak kekuatan.

Ini adalah beberapa opsi utamanya dalam invasi militer di Ukraina:

Stabilkan, Kumpulkan Kembali, Serang

Analis militer Rusia dan Barat berpendapat bahwa, dari sudut pandang Moskow, pasukan Rusia perlu segera menstabilkan garis depan, menghentikan kemajuan Ukraina, berkumpul kembali dan, jika mereka bisa, meluncurkan serangan balasan mereka sendiri.

Namun ada keraguan di Barat tentang apakah Rusia memiliki pasukan darat atau peralatan yang memadai, mengingat berapa banyak korban yang telah diambil dan berapa banyak perangkat keras yang telah ditinggalkan atau dihancurkan selama apa yang disebut Rusia sebagai “operasi militer khusus” untuk menghancurkan tentara Ukraina.

“Tidak ada tenaga,” Konrad Muzyka, direktur Konsultasi Rochan Polandia, mengatakan setelah kemunduran Rusia di timur laut.

“Batalyon sukarelawan berada di bawah kekuatan, dan kampanye perekrutan tidak memberikan apa yang diharapkan. Dan saya pikir itu hanya akan menjadi lebih buruk karena semakin sedikit pria yang sekarang ingin bergabung. Jika Moskow ingin menambah laki-laki, perlu melakukan mobilisasi.”

Upaya Rusia untuk meningkatkan jumlah pasukan yang dapat dikerahkan termasuk pembentukan Korps Angkatan Darat ke-3 yang baru, pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov, menyusun pasukan baru, dan Putin bulan lalu menandatangani dekrit untuk meningkatkan jumlah angkatan bersenjata Rusia.

Putin perlu memutuskan apakah akan menyetujui tuntutan dari kritikus nasionalis agar dia memecat atau merombak petinggi militer, termasuk Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu, sekutu dekatnya. Putin secara tradisional tidak menyerah pada tekanan langsung untuk memecat bawahan, tetapi kadang-kadang berpisah dengan mereka di kemudian hari.

Melakukan Mobilisasi

Memobilisasi cadangan Rusia, yang berjumlah sekitar dua juta orang dengan dinas militer dalam lima tahun terakhir, dapat dilakukan tetapi butuh waktu untuk melatih dan mengerahkan orang.

Kremlin mengatakan pada hari Selasa (13/9) bahwa tidak ada diskusi tentang mobilisasi nasional “saat ini.”

Langkah seperti itu akan populer di kalangan nasionalis, tetapi kurang demikian dengan beberapa pria Rusia di pusat-pusat kota yang, menurut bukti anekdot, kurang tertarik untuk bergabung dalam perjuangan.

Itu berarti mengkalibrasi ulang pesan resmi di Ukraina dan menjauh dari menggambarkannya sebagai itu sebagai "operasi militer khusus" dengan tujuan terbatas menjadi perang terbuka.

Itu pada gilirannya akan memaksa pihak berwenang untuk meninggalkan kebijakan mereka yang mencoba memastikan bahwa kehidupan sebagian besar orang Rusia berjalan seperti yang mereka lakukan sebelum 24 Februari ketika Putin menginvasi Ukraina.

Menempatkan Rusia pada pijakan penuh masa perang akan datang dengan risiko politik domestik juga, terutama risiko reaksi publik terhadap rancangan paksa.

Ini juga merupakan pengakuan bahwa Rusia terlibat dalam perang skala penuh melawan sesama negara Slavia, dan bahwa perang tersebut akan berdampak buruk bagi Moskow.

Andrey Kortunov, kepala RIAC, sebuah think tank yang dekat dengan kementerian luar negeri Rusia, mengatakan dia yakin pihak berwenang enggan melakukan mobilisasi.

“Di kota-kota besar banyak orang tidak mau pergi dan melawan dan mobilisasi sepertinya tidak akan populer,” kata Kortunov.

“Kedua, saya pikir bisa dibilang kepentingan Putin untuk menyajikan semuanya sebagai operasi terbatas. Negara ingin melestarikan sebanyak mungkin seperti sebelumnya tanpa membuat perubahan radikal.”

Tony Brenton, mantan duta besar Inggris untuk Rusia, mengatakan akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum mobilisasi akan berdampak pada kekuatan tempur Rusia dalam hal apa pun.

Bertaruh pada Musim Dingin

Dua sumber Rusia yang akrab dengan pemikiran Kremlin mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa Putin berharap harga energi yang meroket dan kemungkinan kekurangan di musim dingin ini akan membujuk Eropa untuk mempersenjatai Ukraina dengan kuat bergerak ke dalam gencatan senjata, dengan syarat Rusia.

Beberapa diplomat Eropa percaya bahwa keberhasilan Ukraina baru-baru ini di medan perang telah melemahkan dorongan beberapa orang Eropa untuk mendorong Kiev untuk membuat konsesi, sementara negara-negara seperti Jerman tampaknya telah tumbuh lebih keras di Moskow dalam beberapa pekan terakhir, dan lebih bertekad untuk mengatasi masalah energi musim dingin.

Uni Eropa telah melarang batu bara Rusia dan menyetujui larangan parsial impor minyak mentah Rusia. Rusia pada gilirannya telah memotong tajam ekspor gas ke Eropa dan memperjelas bahwa mereka dapat melarang semua ekspor energi, sebuah tuas yang belum ditarik oleh Putin.

Perluas dengan Penargetan Rudal

Setelah kemundurannya di timur laut Ukraina, Rusia menyerang infrastruktur listrik Ukraina dengan rudal. Itu menyebabkan pemadaman sementara di Kharkiv dan wilayah Poltava dan Sumy yang berdekatan. Pasokan air dan jaringan seluler juga terpengaruh.

Langkah itu disambut oleh beberapa nasionalis Rusia yang ingin melihat Moskow menggunakan rudal jelajah untuk melumpuhkan infrastruktur Ukraina secara lebih permanen, sebuah langkah yang pasti akan menarik kecaman internasional.

Nasionalis yang sama juga telah lama menyerukan Moskow untuk menyerang apa yang mereka sebut pusat “pengambilan keputusan” di Kiev dan di tempat lain, sesuatu yang tidak mungkin dapat dicapai tanpa kerusakan jaminan yang signifikan.

Akhiri atau Turunkan Kesepakatan Eksport Biji-bijian

Putin telah mengeluh bahwa kesepakatan yang ditengahi PBB dan Turki yang memungkinkan Ukraina mengekspor gandum dan bahan makanan lainnya melalui Laut Hitam tidak adil bagi negara-negara miskin dan Rusia.

Putin akan mengadakan pembicaraan pekan ini dengan pemimpin Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk membahas revisi kesepakatan, yang memberi Ukraina pendapatan anggaran yang sangat dibutuhkan.

Jika Putin ingin segera menyakiti Ukraina, ia dapat menangguhkan atau membatalkan pakta tersebut atau menolak untuk memperbaruinya ketika perjanjian itu berakhir pada bulan November. Barat dan negara-negara miskin di Afrika dan Timur Tengah akan menuduhnya memperburuk kekurangan pangan global; dia akan menyalahkan Ukraina.

Kesepakatan Damai

Kremlin mengatakan akan mendiktekan syarat-syarat kesepakatan damai kepada Kiev ketika saatnya tiba, sementara Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia akan menggunakan kekuatan untuk membebaskan negaranya.

Zelenskyy mengatakan itu termasuk Krimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014. Moskow telah berulang kali mengatakan bahwa status Krimea diselesaikan selamanya.

Mengakui wilayah yang direbut di Ukraina timur di Republik Rakyat Donetsk yang diproklamirkan sendiri atau Republik Rakyat Luhansk yang didukung Rusia juga tampak mustahil secara politik bagi Moskow karena secara resmi mengakui mereka.

Sepenuhnya "membebaskan" dua negara bagian yang memproklamirkan diri dari pasukan Ukraina adalah salah satu alasan utama yang diberikan untuk "operasi militer khusus" di tempat pertama.

Menyerahkan kembali wilayah yang direbut di Ukraina selatan di mana Rusia sebagian mengontrol tiga wilayah tampak seperti penjualan domestik yang sulit juga.

Wilayah Kherson di selatan berada tepat di utara Krimea yang dicaplok dan lokasi kanal yang memasok sebagian besar airnya ke semenanjung Laut Hitam.

Bersama dengan wilayah tetangga Zaporizhzhia, Kherson juga memberi Rusia koridor darat yang dapat digunakan untuk memasok Krimea, sesuatu yang disebut-sebut Moskow sebagai hadiah utama.

Pergi Nuklir

Pejabat pemerintah Rusia telah menolak tuduhan Barat bahwa Moskow akan menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina, tetapi tetap menjadi kekhawatiran bagi sebagian orang di Barat.

Selain menimbulkan korban massal, langkah seperti itu dapat memulai spiral eskalasi berbahaya dan secara resmi menarik negara-negara Barat ke dalam perang langsung dengan Rusia.

Doktrin nuklir Rusia memungkinkan penggunaan senjata nuklir jika mereka, atau jenis senjata pemusnah massal lainnya, digunakan untuk melawannya, atau jika negara Rusia menghadapi ancaman eksistensial dari senjata konvensional.

Putin, dalam sebuah otobiografi kuasi pada tahun 2000, mengingat saat ia menyudutkan tikus di sudut dengan tongkat ketika tumbuh di sebuah gedung apartemen bobrok di Leningrad dan terkejut ketika hewan yang terpojok melemparkan dirinya ke arahnya dan membalikkan meja.

Brenton, mantan duta besar Inggris untuk Rusia, telah memperingatkan bahwa Putin yang terpojok bisa menjadi nuklir jika dia menghadapi kekalahan memalukan tanpa jalan keluar yang menyelamatkan muka.

“Jika pilihan bagi Rusia adalah berperang kalah, dan kalah telak dan Putin jatuh, atau semacam demonstrasi nuklir, saya tidak akan bertaruh bahwa mereka tidak akan memilih demonstrasi nuklir,” kata Brenton.

Pensiunan jenderal AS, Ben Hodges, mantan komandan pasukan Angkatan Darat AS di Eropa, setuju itu risiko tetapi mengatakan dia pikir itu tidak mungkin.

“Tidak ada keuntungan medan perang nyata yang bisa diperoleh, tidak mungkin bagi (AS) untuk tetap berada di luar/tidak menanggapi, dan saya tidak berpikir Putin atau penasihat terdekatnya bunuh diri,” kata Hodges. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home