Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:55 WIB | Selasa, 10 Januari 2023

Pasukan Ukraina Desak Mundur Pasukan Rusia di Bakhmut, Ukraina

Prajurit Ukraina melihat dari howitzer self-propelled 2S3 Akatsiya di posisi mereka di garis depan, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina, pada 8 Januari 2023. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Pasukan Ukraina memukul mundur serangan Rusia yang terus-menerus di Bakhmut dan kota-kota lain di wilayah timur Donbas, kata pihak berwenang Ukraina pada hari Senin (9/1), setelah menyangkal klaim Kremlin bahwa 600 tentara tewas dalam serangan rudal.

Rusia melancarkan tujuh serangan rudal, 31 serangan udara, dan 73 serangan dari peluncur roket salvo dalam satu hari terakhir, kata jenderal itu, staf angkatan bersenjata Ukraina mengatakan dalam sebuah laporan harian.

Pasukan Ukraina menangkis serangan terhadap 14 pemukiman, termasuk Bakhmut, tambahnya. "Bakhmut bertahan terlepas dari segalanya," kata Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam pidato video malam hari Minggu (8/1).

“Dan meskipun sebagian besar kota telah dihancurkan oleh serangan Rusia, tentara kami terus-menerus memukul mundur Rusia.”

Kota terdekat Soledar bertahan, “meskipun ada kehancuran yang lebih besar dan keadaan menjadi sangat sulit,” tambahnya. Reuters tidak dapat memverifikasi laporan medan perang secara independen.

Zelenskyy membuat kecaman baru atas apa yang dia sebut kegagalan Rusia untuk mematuhi gencatan senjata yang telah diproklamasikannya untuk Natal Gereja Ortodoks dengan melancarkan serangan ke kota-kota Ukraina.

“Rusia menembaki Kherson dengan amunisi pembakar segera setelah Natal,” katanya, merujuk ke selatan kota yang ditinggalkan oleh pasukan Rusia pada bulan November. “Serangan di Kramatorsk dan kota-kota lain di Donbas, sasaran sipil dan pada saat Moskow melaporkan seharusnya 'keheningan' untuk pasukannya.

Tidak Ada Tanda-tanda Seperti Klaim Rusia

Pada hari Minggu (8/1), Rusia mengatakan serangan rudal di Kramatorsk, barat laut Bakhmut, telah menewaskan 600 tentara Ukraina. Reporter Reuters di tempat kejadian tidak menemukan tanda-tanda korban yang jelas.

Sebuah tim Reuters mengunjungi dua asrama perguruan tinggi yang menurut Moskow telah menampung sementara personel Ukraina dan yang mana itu telah ditargetkan sebagai balas dendam atas serangan Tahun Baru yang menewaskan puluhan tentara Rusia dan menyebabkan protes di Rusia.

Tapi tidak ada asrama di timur kota Kramatorsk yang terkena dampak langsung atau rusak parah. Di sana tidak ada tanda-tanda yang jelas bahwa tentara pernah tinggal di sana dan tidak ada tanda-tanda mayat atau jejak darah.

Serhiy Cherevatyi, juru bicara militer Ukraina untuk wilayah timur, menggambarkan klaim korban massal sebagai upaya kementerian pertahanan Rusia untuk menunjukkan bahwa mereka telah menanggapi serangan Ukraina baru-baru ini terhadap tentara Rusia.

“Ini adalah operasi informasi dari kementerian pertahanan Rusia,” kata Cherevatyi kepada penyiar Ukraina Suspilne News.

Saat invasi Moskow ke Ukraina mendekati batas satu tahun, militer Rusia berada di bawah tekanan domestik untuk mewujudkannya keberhasilan medan perang.

Suara-suara Hawkish mencari peningkatan upaya perang setelah kemunduran seperti hilangnya wilayah yang direbut dan tingginya tingkat kematian dan cedera.

Beberapa blogger militer terkemuka Rusia mengkritik klaim kementerian pertahanan Rusia. "Mari kita bicara tentang 'penipuan'," tulis seorang blogger militer terkemuka pro perang di aplikasi perpesanan Telegram, yang memposting di bawah nama Informan Militer dan yang memiliki lebih dari setengah juta pelanggan.

“Tidak jelas bagi kami, siapa, dan untuk alasan apa, memutuskan bahwa 600 tentara Ukraina tewas di dalam, sekaligus, jika bangunan itu tidak benar-benar dihantam (bahkan lampunya tetap menyala).

“Alih-alih penghancuran nyata personel musuh, yang akan menjadi tanggapan yang layak,” kata media eksklusif operasi pembalasan.

Militer Rusia dan Ukraina sering melebih-lebihkan kerugian musuh, sambil meminimalkan kerugian mereka sendiri.

Pejabat tinggi militer Ukraina mengatakan pekan lalu sekitar 760 tentara Rusia tewas atau terluka dalam dua serangan di bagian wilayah Kherson dan Zaporizhzhia yang dikuasai Moskow. Laporan-laporan ini tidak dapat diverifikasi secara independen. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home