Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 21:58 WIB | Senin, 25 April 2022

Patriark Gereja Ortodoks Timur Serukan Diakhirinya Perang di Ukraina

Patriark Ekumenis Bartholomew I di Istanbul (Foto: dok. Reuters/Murad Sezer)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Patriark Ekumenis Bartholomew, kepala spiritual Gereja Kristen Ortodoks Timur di seluruh dunia, menyerukan pembukaan koridor kemanusiaan di Ukraina di mana dia mengatakan "tragedi kemanusiaan yang tak terlukiskan sedang berlangsung."

Bartholomew, yang sebelumnya menyerukan diakhirinya perang di Ukraina, mengatakan bahwa dia berharap Paskah tahun ini akan menjadi "dorongan untuk membuka koridor kemanusiaan, jalur aman ke daerah yang benar-benar aman bagi ribuan orang yang dikepung di Mariupol."

"Hal yang sama berlaku untuk semua wilayah lain di Ukraina, di mana tragedi kemanusiaan yang tak terlukiskan sedang berlangsung ... Kami menyerukan sekali lagi untuk segera mengakhiri perang saudara, yang, seperti perang lainnya, merusak martabat manusia," kata Bartholomew setelah ibadah Paskah di Istanbul, Turki, di mana ia berbasis.

Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, yang dukungannya untuk "operasi militer khusus" Moskow di Ukraina telah mengecewakan banyak rekan Kristen, mengatakan pada hari Sabtu (23/4) bahwa dia berharap itu akan berakhir dengan cepat tetapi sekali lagi tidak mengutuknya.

Pada tahun 2019, Bartholomew, kepala spiritual dari sekitar 300 juta orang Kristen Ortodoks Timur di seluruh dunia, memberikan autocephaly kepada Gereja Ortodoks Ukraina, menjadikannya independen, dalam perpecahan bersejarah yang sangat ditentang oleh Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home