Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 18:57 WIB | Kamis, 27 April 2023

Paus Izinkan Perempuan Beri Suara pada Pertemuan Global Uskup

Paus Fransiskus menjawab pertanyaan wartawan selama penerbangannya kembali ke Roma, setelah perjalanan apostoliknya ke Bahrain, 6 November 2022. (Foto: dok. Reuters)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus, dalam langkah bersejarah yang dapat mengarah pada lebih banyak inklusivitas dalam pengambilan keputusan di Gereja Katolik Roma, akan mengizinkan perempuan untuk memberikan suara untuk pertama kalinya pada pertemuan global para uskup pada bulan Oktober.

Di masa lalu, perempuan diizinkan menghadiri sinode, badan penasihat kepausan, sebagai auditor tetapi tanpa hak untuk memilih. Aturan revolusioner, yang diumumkan pada hari Rabu (26/4), mengizinkan lima biarawati dengan hak suara.

Selain itu, paus telah memutuskan untuk memasukkan apa yang disebut dokumen Vatikan sebagai “70 anggota non uskup yang mewakili berbagai kelompok umat Allah yang setia”.

Ke-70 imam, suster, diakon, dan umat awam Katolik akan dipilih oleh paus dari daftar 140 orang yang direkomendasikan oleh konferensi uskup nasional. Konferensi-konferensi itu didorong untuk mengikutsertakan orang-orang muda. Vatikan telah meminta agar 50 persen dari 70 orang itu adalah perempuan.

Sinode biasanya dihadiri oleh sekitar 300 orang, sehingga sebagian besar dari mereka yang memiliki hak suara masih menjadi uskup. Namun, perubahan itu luar biasa bagi sebuah institusi yang telah didominasi laki-laki selama berabad-abad.

Aturan baru itu mengikuti dua langkah besar yang diambil Fransiskus tahun lalu untuk menempatkan perempuan dalam posisi pengambilan keputusan di Vatikan.

Salah satunya, dia memperkenalkan reformasi penting yang akan memungkinkan setiap orang Katolik awam yang dibaptis, termasuk perempuan, untuk memimpin sebagian besar departemen Vatikan di bawah konstitusi baru untuk administrasi pusat Tahta Suci.

Pada tahun lalu lainnya, dia menunjuk tiga perempuan ke dalam komite yang sebelumnya semuanya pria yang menasihatinya dalam memilih uskup dunia.

Hak Untuk Memilih

Kelompok Perempuan di Gereja selama bertahun-tahun menuntut hak untuk memilih di sinode terkenal, yang menyiapkan resolusi yang biasanya mengarah pada dokumen kepausan.

Sinode tahun 2018 menjadi titik nyala ketika dua “saudara”, pria awam yang tidak ditahbiskan, diizinkan untuk memilih dalam kapasitas mereka sebagai pemimpin umum dari ordo religius mereka.

Tetapi Suster Sally Marie Hodgdon, seorang Amerika yang juga tidak ditahbiskan, tidak diizinkan untuk memilih meskipun dia adalah pemimpin umum di ordonya.

Pada tahun 2021, Fransiskus untuk pertama kalinya mengangkat seorang perempuan ke posisi nomor dua dalam jabatan gubernur Kota Vatikan, menjadikan Suster Raffaella Petrini sebagai perempuan berpangkat tertinggi di negara bagian terkecil di dunia.

Pada tahun yang sama, dia mengangkat biarawati Italia Suster Alessandra Smerilli ke posisi nomor dua di kantor pembangunan Vatikan, yang menangani masalah keadilan dan perdamaian.

Dia juga menunjuk Nathalie Becquart, seorang anggota Prancis dari Xaviere Missionary Sisters, sebagai wakil sekretaris departemen Vatikan yang mempersiapkan sinode.

Sinode yang akan datang telah dipersiapkan selama dua tahun, di mana umat Katolik di seluruh dunia ditanya tentang visi mereka untuk masa depan Gereja.

Para pendukung menyambut baik konsultasi tersebut sebagai kesempatan untuk mengubah dinamika kekuatan Gereja dan memberikan suara yang lebih besar kepada umat awam Katolik, termasuk perempuan, dan orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat.

Kaum konservatif mengatakan proses tersebut hanya membuang-buang waktu, dapat mengikis struktur hierarki dari hampir 1,4 miliar anggota Gereja dan dalam jangka panjang dapat melemahkan doktrin tradisional. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home