Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 06:49 WIB | Senin, 06 Februari 2023

Paus: Masa Depan Sudan Selatan Bergantung Cara Memperlakukan Perempuan

Paus Fransiskus bertemu dengan sekelompok umat Katolik dari kota Rumbek, yang telah berjalan selama lebih dari sepekan untuk mencapai ibu kota, setelah dia berpidato kepada para pendeta di Katedral St. Theresa di Juba, Sudan Selatan Sabtu, 4 Februari, 2023. Paus Francis berada di Sudan Selatan dalam perjalanan kedua dari perjalanan enam hari yang dimulai di Kongo, berharap untuk membawa kenyamanan dan dorongan ke dua negara yang telah terbelah oleh kemiskinan, konflik dan apa yang disebutnya sebagai "mentalitas terjajah" itu telah mengeksploitasi Afrika selama berabad-abad. (Foto: AP/Ben Curtis)

JUBA, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus pada hari Sabtu (4/2) memperingatkan bahwa masa depan Sudan Selatan bergantung pada bagaimana memperlakukan kaum perempuan. Dia menyoroti keadaan mengerikan mereka di negara di mana kekerasan seksual merajalela, pengantin anak biasa terjadi dan angka kematian ibu adalah yang tertinggi di dunia.

Pada hari kedua dan terakhirnya di Afrika, Fransiskus menyerukan agar perempuan dan anak perempuan dihormati, dilindungi, dan dihormati selama pertemuan di ibu kota Sudan Selatan, Juba, dengan beberapa dari 2 juta orang yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat pertempuran dan banjir. . Perempuan, anak perempuan dan anak-anak merupakan mayoritas dari mereka yang terlantar.

Pertemuan itu adalah salah satu sorotan dari kunjungan tiga hari Fransiskus ke negara termuda di dunia dan salah satu negara termiskin itu. Bergabung dengan Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, dan kepala Gereja Presbiterian Skotlandia, Fransiskus melakukan ziarah ekumenis bersejarah untuk menarik perhatian global terhadap keadaan buruk negara itu dan mendorong proses perdamaiannya yang terhenti.

Tujuan dari kunjungan tiga arah itu adalah untuk mendorong para pemimpin politik Sudan Selatan untuk mengimplementasikan perjanjian perdamaian 2018 yang mengakhiri perang saudara yang meletus setelah negara yang mayoritas beragama Kristen itu memperoleh kemerdekaan dari negara sebagian besar Muslim, Sudan, pada 2011.

Disambut dengan nyanyian dan sanjungan bernada tinggi, Fransiskus mendesak ratusan orang yang berkumpul di Freedom Hall untuk menjadi “benih harapan,” yang akan segera berbuah bagi negara berpenduduk 12 juta itu.

“Kalian akan menjadi pohon yang menyerap polusi kekerasan selama bertahun-tahun dan memulihkan oksigen persaudaraan,” katanya.

Perempuan Sangat Rentan

Kepala misi PBB di Sudan Selatan, Sara Beysolow Nyanti, mengatakan kepada Fransiskus bahwa perempuan dan anak perempuan “sangat rentan” terhadap kekerasan seksual dan berbasis jender, dengan statistik PBB memperkirakan sekitar empat dari 10 telah menjadi korban satu atau lebih bentuk kekerasan dan penyerangan. Dia mengatakan perempuan dan anak perempuan berisiko mengalami pemerkosaan ketika mereka baru saja keluar melakukan rutinitas dan tugas sehari-hari.

“Jika perempuan Sudan Selatan diberi kesempatan untuk berkembang, memiliki ruang untuk produktif, Sudan Selatan akan berubah,” katanya kepada Fransiskus.

Paus mengambil temanya dalam sambutannya, dengan mengatakan bahwa perempuan adalah kunci pembangunan damai Sudan Selatan. “Tolong, lindungi, hormati, hargai dan hormati setiap perempuan, setiap gadis, remaja putri, ibu dan nenek,” katanya. “Kalau tidak, tidak akan ada masa depan.”

Menurut UNICEF, sekitar 75% anak perempuan di Sudan Selatan tidak bersekolah karena orang tua mereka lebih memilih untuk menjaga mereka di rumah dan menjodohkan mereka yang akan menghasilkan mahar bagi keluarga.

Setengah dari perempuan Sudan Selatan menikah sebelum usia 18 tahun, dan mereka menghadapi angka kematian ibu tertinggi di dunia. Komisi Hak Asasi Manusia PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) di Sudan Selatan mengatakan dalam sebuah laporan tahun lalu bahwa secara keseluruhan, perempuan dan anak perempuan di sini hidup dalam "keberadaan yang mengerikan."

“Perempuan Sudan Selatan diserang secara fisik saat diperkosa di bawah todongan senjata, biasanya ditahan oleh pria saat dianiaya oleh orang lain. Mereka diberitahu untuk tidak melawan sedikit pun, dan tidak melaporkan apa yang terjadi, atau mereka akan dibunuh,” kata laporan itu.

Maria Nyataba Wur, seorang perempuan terlantar yang sekarang tinggal di Juba yang menghadiri acara Fransiskus, mengatakan bahwa salah satu tetangganya diperkosa di depan anak-anaknya, dengan sangat kejam sehingga dia pincang selama berhari-hari sesudahnya.

“Menurut apa yang dia ceritakan kepada kami sebagai orang yang selamat adalah bahwa mereka mengikat kakinya dan kemudian tiga orang memasukinya, memperkosanya,” kata Wur, menambahkan bahwa dia kehilangan jejak tetangganya selama upayanya sendiri untuk melarikan diri ke tempat yang aman di ibu kota.

Mariam Nyantabo, 36 tahun lainnya yang tinggal di kamp perlindungan Juba, mengatakan para perempuan berterima kasih atas kunjungan Fransiskus.

“Kesengsaraan terhadap perempuan sangat mengejutkan,” katanya, mencatat risiko pemerkosaan berasal dari pekerjaan sehari-hari seperti mengumpulkan kayu bakar. “Kunjungannya diberkati untuk perempuan Sudan Selatan, dan saya yakin akan ada perubahan besar, penderitaan para perempuan akan berkurang.”

Sambutan Uskup Agung Canterbury, Justin Welby

Welby, juga, berbicara tentang penderitaan perempuan selama sambutannya pada kebaktian doa ekumenis pada hari Sabtu malam. Dia memuji kekuatan “luar biasa” mereka ketika “di atas kesedihan konflik dan tanggung jawab untuk menafkahi keluarga Anda, banyak dari Anda hidup dengan trauma kekerasan seksual dan ketakutan sehari-hari akan penganiayaan di rumah Anda sendiri.”

Kepada para pria yang hadir, Welby lebih blak-blakan: "Anda akan menghargai dan menghormati perempuan, tidak pernah memperkosa, tidak pernah melakukan kekerasan, tidak pernah kejam, tidak pernah menggunakan mereka seolah-olah mereka ada di sana untuk memuaskan hasrat," katanya untuk tepuk tangan dari kerumunan.

Kecam Pemerintah Gagal Impelementasikan Perjanjian Damai

Fransiskus memulai pertemuan harinya dengan para imam dan biarawati yang melayani rakyat Sudan Selatan, mendesak mereka untuk menemani kawanan mereka dengan bergabung dalam penderitaan mereka.

Di Katedral St. Theresa, dia mendengar tentang pengorbanan yang dilakukan para biarawati selama bertahun-tahun, termasuk penyergapan tahun 2021, terhadap Suster Mary Daniel Abut dan Regina Roba Luate dari Kongregasi Suster Hati Kudus.

Suster Regina Achan, dari kongregasi yang sama, mengatakan kunjungan Fransiskus akan mendorong para suster lainnya untuk terus melayani masyarakat Sudan Selatan. “Kami berdiri bersama mereka karena kami adalah suara mereka, kami tidak lari di masa-masa sulit,” kata Achan.

Suster Orla Treacy, seorang biarawati Loreto Irlandia yang menjalankan sekolah menengah untuk perempuan di pusat kota Rumbek, berjalan selama lebih dari sepekan bersama murid-muridnya untuk melihat Paus di Juba. Sekolah membuat kontrak dengan keluarga besar anak perempuan, dengan kerabat berkomitmen untuk tidak mengeluarkan anak perempuan dari sekolah untuk menikah.

“Ini masih menjadi tantangan bagi perempuan muda, tapi itu berubah dan perempuan muda sekarang datang dengan visi untuk apa yang mereka inginkan untuk negara mereka juga,” kata Treacy di acara katedral.

Setibanya pada hari Jumat, Fransiskus mengeluarkan peringatan langsung kepada Presiden Salva Kiir dan mantan saingannya dan sekarang wakilnya, Riek Machar, bahwa sejarah akan menilai mereka dengan keras jika mereka terus berlambat-lambat dalam mengimplementasikan perjanjian damai.

Kiir pada bagiannya berkomitmen kepada pemerintah untuk kembali ke pembicaraan damai, yang ditangguhkan tahun lalu, dengan kelompok-kelompok yang tidak menandatangani kesepakatan tahun 2018. Dan Jumat malam, presiden Katolik itu memberikan pengampunan presiden kepada 71 narapidana di penjara pusat Juba untuk menghormati ziarah ekumenis, termasuk 36 terpidana yang divonis mati. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home