Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:16 WIB | Rabu, 07 Februari 2024

Paus Tegaskan Hubungan Khusus Umat Kristen dan Yahudi

Paus Fransiskus memimpin misa ordo keagamaan di Basilika Santo Petrus di Vatikan, hari Jumat, 2 Februari 2024. Paus Fransiskus pada hari Sabtu menegaskan kembali hubungan khusus umat Kristiani dengan Yahudi di tengah meningkatnya antisemitisme sejak pecahnya perang Gaza dalam sebuah surat kepada orang-orang Yahudi di Israel yang menurutnya dipicu oleh pesan-pesan dari organisasi-organisasi Yahudi di seluruh dunia. Dalam surat yang merupakan perbaikan yang terlambat setelah Paus Fransiskus dikritik karena tanggapan awalnya terhadap serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, Paus Fransiskus mengatakan Tanah Suci telah “dimasukkan ke dalam spiral kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya.” (Foto: dok. AP/Andrew Medichini)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus pada hari Sabtu (3/2) menegaskan kembali hubungan khusus umat Kristen dengan orang-orang Yahudi di tengah meningkatnya antisemitisme sejak pecahnya perang Gaza dalam sebuah surat kepada orang-orang Yahudi di Israel yang menurutnya dipicu oleh pesan-pesan dari organisasi-organisasi Yahudi di seluruh dunia.

Surat tersebut merupakan perbaikan yang terlambat setelah Paus Fransiskus dikritik atas tanggapan awalnya terhadap serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober. Paus Fransiskus mengatakan Tanah Suci telah “terlempar ke dalam spiral kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” bagian dari apa yang Paus sebut sebagai “semacam ‘perang dunia sedikit demi sedikit’, dengan konsekuensi serius terhadap kehidupan banyak orang.”

“Hati saya terkoyak melihat apa yang terjadi di Tanah Suci, karena banyaknya perpecahan dan kebencian,” tulis Paus. “Seluruh dunia menyaksikan apa yang terjadi di negeri itu dengan ketakutan dan kesakitan.”

Pada bulan November, Paus memicu badai dengan menggunakan kata “terorisme” secara umum setelah bertemu secara terpisah dengan keluarga sandera Israel di Gaza dan warga Palestina yang hidup selama perang.

Para pemimpin Yahudi mengkritik kegagalannya untuk secara eksplisit mengutuk serangan Hamas, dan marah setelah para pengunjung Palestina melaporkan bahwa ia menggunakan istilah “genosida” untuk menggambarkan tindakan Israel di Gaza. Vatikan membantah dia menggunakan istilah tersebut dalam pertemuan pribadi tersebut, namun sejak itu Paus Fransiskus lebih seimbang dalam pernyataannya dan secara eksplisit mengutuk serangan 7 Oktober tersebut.

Tanpa menjelaskan lebih lanjut, Paus Fransiskus mengatakan dalam suratnya kepada orang Yahudi Israel bahwa dia tergerak oleh komunikasi dari teman-teman dan organisasi Yahudi di seluruh dunia untuk “meyakinkan Anda tentang kedekatan dan kasih sayang saya. Saya merangkul Anda masing-masing dan terutama mereka yang dilanda kesedihan, rasa sakit, ketakutan dan bahkan kemarahan.”

Dia mengatakan bahwa umat Katolik “sangat prihatin dengan meningkatnya serangan terhadap orang-orang Yahudi di seluruh dunia. Kami berharap bahwa 'tidak akan pernah lagi' akan menjadi pernyataan yang didengar oleh generasi baru, namun sekarang kami melihat bahwa jalan ke depan memerlukan kolaborasi yang lebih erat untuk mengatasi hal ini, memberantas fenomena ini.”

“Hati saya dekat dengan Anda, dengan Tanah Suci, dengan semua orang yang menghuninya, baik Israel maupun Palestina, dan saya berdoa semoga keinginan perdamaian bisa terwujud di semua pihak,” katanya.

Rekonsiliasi antara umat Yahudi dan Katolik memberikan “cakrawala” untuk membayangkan masa depan “di mana terang menggantikan kegelapan, di mana persahabatan menggantikan kebencian, di mana kerja sama menggantikan perang.”

“Bersama-sama, umat Yahudi dan Katolik, kita harus berkomitmen pada jalur persahabatan, solidaritas dan kerja sama dalam mencari cara untuk memperbaiki dunia yang hancur, bekerja sama di setiap bagian dunia, dan khususnya di Tanah Suci, untuk memulihkan kemampuan untuk lihatlah di wajah setiap orang gambar Tuhan, di mana kita diciptakan,'' tulis Paus Fransiskus. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home