Loading...
FOTO
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:13 WIB | Jumat, 19 Februari 2016

Paus: Uni Eropa Membutuhkan Awal Baru

Paus: Uni Eropa Membutuhkan Awal Baru
Foto ini yang dirilis oleh kantor pers Vatikan menunjukkan Paus Fransiskus ditemani Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan ibu negara Angelica Rivera dalam upacara perpisahan di bandara Ciudad Juarez pada 17 Februari 2016. (Foto: AFP)
Paus: Uni Eropa Membutuhkan Awal Baru
Jemaat menghadiri Misa Paus Fransiskus di Ciudad Juarez, Meksiko 17 Februari 2016. (Foto: reuters.com/Edgard Garrido)
Paus: Uni Eropa Membutuhkan Awal Baru
Paus Fransiskus memberkati tanah Amerika Serikat sambil berdiri di samping salib kayu di perbatasan antara Meksiko dan AS di Ciudad Juarez, Meksiko 17 Februari 2016. (Foto: reuters.com/Edgard Garrido)
Paus: Uni Eropa Membutuhkan Awal Baru
Paus Fransiskus menegur seseorang yang menarik-narik jubahnya saat ia menyapa seorang anak berkursi roda, selama kunjungan di Meksiko. (Foto: reuters.com)
Paus: Uni Eropa Membutuhkan Awal Baru
Paus Fransiskus melambaikan tangan di atas mobil saat tiba di Ecatepec, tempat ia akan menggelar misa di ruang terbuka pada 14 Februari 2016. Paus Fransiskus memilih untuk mengunjungi beberapa wilayah yang bermasalah di Meksiko selama lawatan lima harinya ke negara dengan penduduk Katolik terbanyak kedua di dunia itu. (Foto: AFP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus mendesak Uni Eropa untuk mencontoh para pendiri blok tersebut dalam membuat sebuah awal yang baru, hari Kamis (18/2).

“Di mana Adenauer atau Schuman hari ini. Setelah dua kali perang, mereka mendirikan Uni Eropa,” ujar Fransiskus dalam penerbangannya kembali ke Vatikan dari Meksiko, yang mengacu pada Kanselir Jerman Konrad Adenauer dan Perdana Menteri Prancis Robert Schuman pascaperang.

Berkaitan dengan debat mengenai masa depan Uni Eropa dalam KTT para pemimpin blok di Brussel, Paus mengatakan UE harus “lebih seperti seorang ibu bukan seorang nenek.”

“Saya suka dengan gagasan tentang upaya penemuan kembali (refoundation): jika itu mungkin,” ujarnya.

“Karena Eropa memilki begitu banyak kekuatan, begitu banyak kebudayaan, sejarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja dan kita harus melakukan segala upaya untuk memastikan Eropa memiliki kekuatan dan inspirasi untuk bergerak maju,” tambahnya.

“Saya tidak tahu - ini hanya pemikiran saya,” pungkasnya. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home