Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:55 WIB | Selasa, 30 Agustus 2022

PBB: Enam Juta Warga Afghanistan Terancam Kelaparan

Seorang ibu menunggui putranya yang kekurangan gizi di rumah sakit Indira Gandhi di Kabul, Afghanistan, Minggu, 22 Mei 2022. Kepala Kemanusiaan PBB Martin Griffiths mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada Senin, 30 Agustus 2022, bahwa Afghanistan menghadapi kemiskinan yang semakin parah dengan enam juta penduduk berisiko kelaparan saat dia mendesak para donor untuk segera memberikan US$770 juta untuk membantu warga Afghanistan melewati musim dingin. (Foto: dok. AP Photo/Ebrahim Noroozi)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) memperingatkan bahwa Afghanistan menghadapi kemiskinan yang semakin parah dengan enam juta orang berisiko kelaparan.

Kepala kemanusiaan PBB, Martin Griffiths, pada hari Senin (29/8) mendesak para donor untuk memulihkan dana untuk pembangunan ekonomi dan segera menyediakan US$770 juta untuk membantu warga Afghanistan melewati musim dingin.

Martin Griffiths mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa Afghanistan menghadapi banyak krisis, kemanusiaan, ekonomi, iklim, kelaparan dan keuangan.

Konflik, kemiskinan, guncangan iklim, dan kerawanan pangan “telah lama menjadi kenyataan yang menyedihkan” di Afghanistan, tetapi dia mengatakan apa yang membuat situasi saat ini “sangat kritis” adalah penghentian bantuan pembangunan skala besar sejak pengambilalihan Taliban setahun lalu.

Lebih dari setengah penduduk Afghanistan, sekitar 24 juta orang, membutuhkan bantuan dan hampir 19 juta menghadapi tingkat kerawanan pangan yang akut, kata Griffiths. Dan "kami khawatir" bahwa angka-angka itu akan segera menjadi lebih buruk karena cuaca musim dingin akan membuat harga bahan bakar dan makanan melonjak tinggi.

Terlepas dari tantangannya, dia mengatakan badan-badan PBB dan mitra LSM mereka telah meningkatkan “tanggapan yang belum pernah terjadi sebelumnya” selama setahun terakhir, mencapai hampir 23 juta orang.

Namun dia mengatakan US$614 juta sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan musim dingin termasuk memperbaiki dan meningkatkan tempat penampungan dan menyediakan pakaian hangat dan selimut - dan tambahan US$154 juta diperlukan untuk menyiapkan makanan dan persediaan lainnya sebelum cuaca memotong akses ke daerah-daerah tertentu.

Griffiths menekankan, bagaimanapun, bahwa "bantuan kemanusiaan tidak akan pernah bisa menggantikan penyediaan layanan di seluruh sistem kepada 40 juta orang di seluruh negeri."

Taliban “tidak memiliki anggaran untuk berinvestasi di masa depan mereka sendiri,” katanya, dan “jelas bahwa beberapa dukungan pembangunan perlu dimulai.”

Dengan lebih dari 70 persen penduduk Afghanistan tinggal di daerah pedesaan, Griffiths memperingatkan bahwa jika pertanian dan produksi ternak tidak dilindungi, “jutaan jiwa dan mata pencaharian akan dipertaruhkan, dan kapasitas negara untuk memproduksi makanan terancam.”

Dia mengatakan krisis perbankan dan likuiditas negara, dan kesulitan ekstrem transaksi keuangan internasional juga harus ditangani. “Konsekuensi dari kelambanan tindakan di bidang kemanusiaan dan pembangunan akan menjadi bencana besar dan sulit untuk dibalikkan,” kata Griffiths memperingatkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home