Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 16:58 WIB | Senin, 18 Maret 2024

PBB: Lima Juta Orang Sudan dalam Risiko Kelaparan Akibat Perang Saudara

Seorang bayi kekurangan gizi terbaring di tempat tidur di rumah sakit darurat MSF pada hari Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengunjungi rumah sakit tersebut, di Adre, Chad, di perbatasan dengan Sudan, 6 September 2023. (Foto: dok. Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM-PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada hari Jumat (15/3) meminta faksi-faksi yang bertikai di Sudan untuk mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan guna menangkis kelaparan “bencana” yang mungkin terjadi.

Sekitar lima juta warga Sudan bisa menghadapi bencana kerawanan pangan dalam beberapa bulan mendatang karena perang selama hampir setahun antara jenderal-jenderal yang bersaing terus memecah-belah negara itu, menurut dokumen PBB yang dilihat AFP pada Jumat.

Perang antara panglima militer Abdel Fattah al-Burhan dan mantan wakilnya, Mohamed Hamdan Daglo, sejak April tahun lalu telah menewaskan puluhan ribu orang, menghancurkan infrastruktur dan melumpuhkan perekonomian.

Hal ini juga telah memicu krisis kemanusiaan yang mengerikan dan kekurangan pangan yang akut, sehingga negara ini berada di ambang kelaparan.

Mengingat bahwa sekitar 18 juta warga Sudan sudah menghadapi kerawanan pangan akut – sebuah rekor tertinggi selama musim panen – kepala kemanusiaan PBB Martin Griffiths memperingatkan dalam suratnya kepada Dewan Keamanan bahwa “hampir lima juta orang bisa mengalami kerawanan pangan yang sangat parah di beberapa wilayah negara ini dalam beberapa bulan mendatang.”

Ia mencatat bahwa hampir 730.000 anak-anak Sudan – termasuk lebih dari 240.000 anak di Darfur – diperkirakan menderita kekurangan gizi “parah”.

“Organisasi bantuan memerlukan akses yang aman, cepat, berkelanjutan, dan tanpa hambatan – termasuk di seluruh garis konflik di Sudan,” kata juru bicara Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, Stephane Dujarric. “Mobilisasi sumber daya secara besar-besaran dari komunitas internasional juga penting,” tambahnya.

Program Pangan Dunia (WFP) telah memperingatkan bahwa perang tersebut berisiko “memicu krisis kelaparan terbesar di dunia.”

Jill Lawler, kepala darurat di Sudan untuk badan anak-anak PBB, UNICEF, mengatakan ada cukup stok bantuan di Port Sudan, namun masalahnya adalah menyalurkan bantuan dari sana kepada orang-orang yang membutuhkan.

Lawler mengatakan pekan lalu dia memimpin misi pertama PBB yang mencapai negara bagian Khartoum sejak perang meletus 11 bulan lalu.

Mereka telah melihat secara langsung bahwa “skala dan besarnya kebutuhan anak-anak di seluruh negeri sungguh luar biasa,” katanya kepada wartawan di Jenewa melalui tautan video dari New York.

Perang “mendorong negara menuju kelaparan” dan kelaparan adalah “keprihatinan nomor satu yang diungkapkan banyak orang.”

Mandeep O’Brien, perwakilan UNICEF di Sudan, mengatakan 14 juta anak membutuhkan bantuan kemanusiaan dan empat juta anak terpaksa mengungsi.

Hanya ada “jendela kecil yang tersisa untuk mencegah hilangnya nyawa dan masa depan anak-anak secara massal,” dia memperingatkan di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Hanan Balkhy, yang baru saja kembali dari perjalanan ke Sudan, menggarisbawahi kebutuhan mendesak di Darfur, dan mengatakan sebagian besar fasilitas kesehatan dijarah, dirusak atau dihancurkan.

Griffiths, kepala bantuan PBB, menyesalkan bahwa pertempuran terus berkecamuk selama bulan suci Ramadhan meskipun ada resolusi Dewan Keamanan yang menyerukan penghentian permusuhan.

“Ini adalah momen kebenaran,” tulisnya di X, sebelumnya Twitter. “Para pihak harus membungkam senjata, melindungi warga sipil dan memastikan akses kemanusiaan.”

PBB pada hari Jumat (15/3) menyerukan lebih banyak dukungan keuangan untuk operasi bantuan di Sudan.

Juru bicara PBB, Alessandra Vellucci, mengatakan kepada wartawan di Jenewa bahwa badan dunia tersebut telah meminta dana sebesar US$2,7 miliar untuk memberikan bantuan tahun ini, namun sejauh ini baru menerima lima persen dari jumlah tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home