Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:38 WIB | Sabtu, 16 Maret 2024

Dampak Perang Saudara di Sudan: 230.000 Anak dan Ibu Terancam Mati Kelaparan

Sebuah keluarga Sudan yang melarikan diri dari konflik di Murnei di wilayah Darfur Sudan, dengan barang-barang mereka sambil menunggu untuk didaftarkan oleh UNHCR saat melintasi perbatasan antara Sudan dan Chad di Adre, Chad, 26 Juli 2023. (Foto: dok. Reuters)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Tanpa tindakan kritis, hampir 230.000 anak-anak dan ibu baru di Sudan yang dilanda perang “kemungkinan besar akan meninggal karena kelaparan”, Save the Children memperingatkan pada hari Rabu (13/3).

Hampir 11 bulan pertempuran antara kekuatan dua jenderal yang bersaing telah menewaskan ribuan orang dan membuat delapan juta orang mengungsi di negara Afrika timur laut tersebut, kata PBB.

Pengeboman dan penghancuran ladang dan pabrik telah menjerumuskan Sudan ke dalam situasi gizi “salah satu yang terburuk” di dunia, kata Arif Noor, direktur Save the Children di Sudan.

“Hampir 230.000 anak-anak, perempuan hamil dan ibu yang baru melahirkan bisa meninggal dalam beberapa bulan mendatang,” kata organisasi non-pemerintah Inggris tersebut.

Badan amal tersebut mengatakan “lebih dari 2,9 juta anak di Sudan mengalami kekurangan gizi akut dan 729.000 anak balita lainnya menderita kekurangan gizi akut yang parah – bentuk kelaparan ekstrem yang paling berbahaya dan mematikan.”

Laporan tersebut memperingatkan “sekitar 222.000 anak-anak yang mengalami kekurangan gizi parah dan lebih dari 7.000 ibu baru kemungkinan besar akan meninggal” jika dana yang tersedia saat ini “hanya mencakup 5,5 persen” dari total kebutuhan Sudan.

Bulan ini, Program Pangan Dunia (WFP) yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memberikan peringatan terhadap Sudan, dengan memperingatkan bahwa perang tersebut berisiko memicu krisis kelaparan terbesar di dunia.

Konflik tersebut, yang menurut para ahli bisa berlangsung bertahun-tahun, terjadi antara panglima militer Sudan Abdel Fattah al-Burhan dan Mohamed Hamdan Daglo, mantan wakilnya dan komandan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter.

Siklus Kelaparan

Noor memperingatkan situasi ini hanya akan memburuk jika konsekuensi dari pertempuran saat ini terus terjadi.

“Tidak ada penanaman tahun lalu berarti tidak ada pangan saat ini. Tidak menanam hari ini berarti tidak ada makanan besok. Siklus kelaparan semakin memburuk dan tidak ada tanda-tanda akan berakhir – hanya akan ada lebih banyak kesengsaraan,” katanya.

Saat ini, lebih dari separuh warga Sudan, termasuk 14 juta anak-anak, membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup, kata PBB.

PBB menggambarkan “iklim teror belaka”, melaporkan penggunaan artileri berat di daerah perkotaan yang padat penduduknya, kekerasan seksual sebagai senjata perang, penghancuran rumah sakit dan sekolah.

Amerika Serikat menuduh kedua belah pihak melakukan kejahatan perang dan menuduh RSF melakukan pembersihan etnis dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sebuah laporan di hadapan Dewan Hak Asasi Manusia PBB merinci pelanggaran berat dan penyalahgunaan hukum hak asasi manusia internasional dan kemungkinan kejahatan perang.

Sebelumnya pada bulan Maret, ketua hak asasi manusia PBB, Volker Turk, menyebut konflik tersebut sebagai “mimpi buruk” dan mengatakan bahwa konflik tersebut telah “masuk ke dalam kabut amnesia global”.

Konflik ini telah menyebabkan 18 juta orang mengalami kerawanan pangan, termasuk lima juta orang yang berada satu tahap lagi menuju kelaparan.

Organisasi-organisasi kemanusiaan dilarang memasuki Sudan atau bergerak bebas dan diserang oleh kedua belah pihak. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home