Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:37 WIB | Senin, 25 September 2023

Gelombang Pertama Pengungsi Nagorno-Karabakh Tiba di Armenia

Etnis Armenia dari Nagorno-Karabakh antre untuk check in di hotel di kota Gor, di wilayah Sunyik, Armenia, hari Minggu (24/9), termasuk gelombang pertama pengungisan akibat pertempuran di wilayah sengketa antara Azerbaijan dan Armenia. (Foto: AP/Vasily Krestyaninov)

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Pengungsi pertama dari Nagorno-Karabakh telah tiba di Armenia, menurut laporan pejabat setempat pada hari Minggu (24/9), setelah Azerbaijan memberlakukan blokade selama 10 bulan di wilayah yang memisahkan diri dan melakukan serangan militer kilat di sana, sehingga mendapatkan kembali kendali penuh atas wilayah tersebut.

Ribuan orang dievakuasi dari kota dan desa yang terkena dampak pertempuran terbaru dan dibawa ke kamp penjaga perdamaian Rusia di Nagorno-Karabakh. Sebanyak 377 orang telah tiba di Armenia dari wilayah tersebut pada Minggu malam, lapor pihak berwenang Armenia.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pasukan penjaga perdamaiannya, yang dikerahkan di Nagorno-Karabakh pada tahun 2020, membantu mengangkut 311 warga sipil, termasuk 102 anak-anak. Angka-angka yang saling berbeda tidak dapat segera direkonsiliasi.

“Itu adalah mimpi buruk. Tidak ada kata-kata untuk dijelaskan. Desa itu diserang habis-habisan. Hampir tidak ada seorang pun yang tersisa di desa ini,” kata salah satu pengungsi kepada The Associated Press di kota Kornidzor, Armenia.

Dia menolak menyebutkan namanya karena alasan keamanan. “Saya mempunyai rumah nenek tua di desa Tegh, (di wilayah Syunik, Armenia). Saya akan tinggal di sana sampai kita melihat apa yang terjadi selanjutnya.”

Nagorno-Karabakh terletak di Azerbaijan dan berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia, yang didukung oleh militer Armenia, dalam pertempuran separatis yang berakhir pada tahun 1994. Selama perang enam pekan pada tahun 2020, Azerbaijan merebut kembali sebagian Nagorno-Karabakh bersama dengan wilayah di sekitar wilayah yang diklaim pasukan Armenia selama konflik sebelumnya.

Gencatan senjata yang ditengahi Rusia mengakhiri perang, dan kontingen sekitar 2.000 penjaga perdamaian Rusia dikirim ke wilayah tersebut untuk memantaunya. Bagian Nagorno-Karabakh yang tidak direbut kembali oleh Azerbaijan tetap berada di bawah kendali otoritas separatis.

Pada bulan Desember, Azerbaijan memberlakukan blokade terhadap satu-satunya jalan yang menghubungkan Nagorno-Karabakh dengan Armenia, dengan tuduhan bahwa pemerintah Armenia menggunakan jalan tersebut untuk ekstraksi mineral dan pengiriman senjata gelap ke pasukan separatis di provinsi tersebut.

Armenia menuduh penutupan tersebut mengakibatkan pasokan makanan pokok dan bahan bakar tidak tersedia bagi sekitar 120.000 penduduk Nagorno-Karabakh. Azerbaijan menolak tuduhan tersebut, dengan alasan wilayah tersebut dapat menerima pasokan melalui kota Aghdam di Azerbaijan, sebuah solusi yang telah lama ditentang oleh otoritas Nagorno-Karabakh, yang menyebutnya sebagai strategi bagi Azerbaijan untuk menguasai wilayah tersebut.

Pada hari Selasa, Azerbaijan melancarkan tembakan artileri berat terhadap pasukan etnis Armenia di Nagorno-Karabakh, yang menuruti tuntutan untuk meletakkan senjata mereka keesokan harinya. Namun, status akhir Nagorno-Karabakh masih menjadi pertanyaan terbuka dan menjadi pusat pembicaraan antara kedua pihak yang dimulai Kamis di kota Yevlakh, Azerbaijan.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan dalam pidatonya pada hari Minggu bahwa pemerintahnya bekerja “dengan mitra internasional untuk membentuk mekanisme internasional guna menjamin hak dan keamanan warga Armenia di Nagorno-Karabakh, tetapi jika upaya ini tidak membuahkan hasil yang nyata, pemerintah akan menyambut saudara dan saudari kita di Nagorno-Karabakh di Republik Armenia dengan penuh perhatian.”

Peristiwa di Nagorno-Karabakh telah memicu gelombang protes selama berhari-hari di Armenia, di mana para demonstran menuduh Pashinyan dan pasukan penjaga perdamaian Rusia gagal melindungi penduduk Armenia di wilayah tersebut.

Ratusan orang berkumpul lagi pada hari Minggu di pusat ibu kota Armenia, Yerevan, untuk menuntut pemecatan Pashinyan.

Sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata yang dicapai pekan lalu, pasukan separatis di Nagorno-Karabakh mulai menyerahkan tank, sistem pertahanan udara, dan senjata lainnya kepada tentara Azerbaijan. Hingga hari Minggu, proses penyerahan senjata masih berlangsung, kata militer Azerbaijan.

Kementerian Dalam Negeri Azerbaijan mengatakan pada hari Minggu bahwa pasukan Armenia yang telah dilucuti dan didemobilisasi akan diizinkan meninggalkan wilayah tersebut dan pergi ke Armenia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home