Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:06 WIB | Selasa, 11 Oktober 2022

PBB: Serangan ke Kota-kota Ukraina, Rusia Lakukan Kejahatan Perang

Asap mengepul di atas kota setelah serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Kiev, Ukraina 10 Oktober 2022. (Foto: Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Serangan Rusia terhadap kota-kota Ukraina akan menjadi kejahatan perang jika warga sipil sengaja menjadi sasaran, kata PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) hari Selasa (11/10), dan menyebut bahwa lokasi dan waktu serangan itu “mengejutkan.”

Pasukan Rusia menghujani lebih dari 80 rudal di kota-kota di seluruh Ukraina pada hari Senin (10/10), menurut Kiev, sebagai pembalasan nyata atas ledakan yang merusak jembatan utama yang menghubungkan semenanjung Krimea ke Rusia.

Serangan itu “mungkin telah melanggar prinsip-prinsip perilaku permusuhan di bawah hukum humaniter internasional,” kata Ravina Shamdasani, juru bicara kantor hak asasi manusia PBB, mengatakan kepada wartawan di Jenewa.

“Dengan sengaja mengarahkan serangan terhadap warga sipil dan objek sipil, yaitu objek yang bukan tujuan militer, merupakan kejahatan perang,” tambahnya.

Layanan darurat Ukraina mengatakan pada hari Selasa bahwa menurut data awal, 19 orang tewas dan 105 lainnya terluka. Kantor hak asasi PBB mengatakan serangan itu menewaskan sedikitnya 12 warga sipil.

“Lokasi dan waktu serangan, ketika orang pergi bekerja dan mengantar anak-anak ke sekolah, sangat mengejutkan,” kata Shamdasani. “Kami sangat prihatin bahwa beberapa serangan tampaknya menargetkan infrastruktur sipil yang penting.

“Banyak objek sipil, termasuk lusinan bangunan tempat tinggal dan infrastruktur sipil vital, termasuk setidaknya 12 fasilitas energi, rusak atau hancur di delapan wilayah, menunjukkan bahwa serangan ini mungkin telah melanggar prinsip-prinsip perilaku permusuhan di bawah hukum humaniter internasional.”

Juru bicara itu mengatakan bahwa kerusakan pada pembangkit listrik dan jalur utama menjelang musim dingin yang akan datang menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut untuk perlindungan warga sipil dan dampaknya terhadap populasi yang rentan.

“Serangan yang menargetkan warga sipil dan objek yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup warga sipil dilarang berdasarkan hukum humaniter internasional,” kata Shamdasani.

“Kami mendesak Federasi Rusia untuk menahan diri dari eskalasi lebih lanjut, dan untuk mengambil semua tindakan yang layak untuk mencegah korban sipil dan kerusakan infrastruktur sipil.”

Juru bicara itu mengatakan laporan tentang orang tua yang terjebak di rumah mereka oleh serangan dan orang-orang cacat yang tidak dapat melarikan diri adalah “tidak masuk akal.”

Misi Pemantau Hak Asasi Manusia PBB di Ukraina akan terus menguatkan informasi tentang korban sipil akibat serangan ini, dan mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia dan internasional. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home