Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:49 WIB | Minggu, 28 Juni 2015

PBB: Tiongkok Berperan Besar dalam Perubahan Iklim Dunia

Sekretaris Eksekutif Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Christiana Figueres . (Foto: telegraph.co.uk)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Tíongkok selalu berperan penting dalam upaya global untuk mengatasi perubahan iklim, dan membuat kontribusi untuk pengembangan energi terbarukan.

"Investasi Bersih energi (di Tíongkok) pada tahun 2014 di lebih dari 80 milyar dolar AS, atau hampir dua kali lipat dari Uni Eropa," katanya, "Tíongkok sekarang terbesar pasar tenaga angin di dunia. Industri tenaga surya Tíongkok telah berkontribusi pada 70 persen penurunan harga panel surya global dalam beberapa tahun terakhir,” kata Sekretaris Eksekutif Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Christiana Figueres kepada  Xinhua, Sabtu (27/6).

Figueres mengatakan dia berharap pertemuan kedatangan para pemimpin Tíongkok dan Eropa untuk menyuntikkan kepercayaan diri untuk menyelesaikan kesepakatan iklim yang ambisius di Paris pada akhir tahun ini.

Figueres, mengatakan kebijakan Tíongkok untuk mengendalikan polusi, mendorong energi terbarukan, membangun pasar karbon dan untuk ratchet turun intensitas energi ekonomi sebagai bagian resmi dari rencana pembangunan yang disampaikan " hasil yang luar biasa "di Tíongkok dan global.

Figueres meyakini Tiongkok akan mencapai puncak emisi karbon dioksida pada 2030 namun di sisi lain pemerintahan Tiongkok bekerja keras untuk meningkatkan langkah-langkah penghematan energi dan tingkat pemotongan CO2 per unit produk domestik bruto (PDB).

“Pernyataan ini adalah niat yang terbuka dan didukung oleh kebijakan dan tindakan, adalah semangat yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan dan keyakinan diantara negara-negara maju,” kata Figueres.    

Dia menambahkan bahwa keputusan politik tingkat tinggi yang diperlukan untuk menyelesaikan perjanjian iklim global baru yang beberapa waktu lalu diselenggarakan di Paris.

Dia berharap Tíongkok dan pemimpin Eropa berjanji mencari kesepakatan yang ambisius untuk mengatasi perubahan iklim ketika mereka bertemu pekan depan dan bekerja sama dengan satu sama lain.  

“Saya berharap untuk hasil akhir dari pertemuan dengan penuh harap,” kata dia. 

Pejabat PBB mengatakan bahwa konferensi iklim Paris diperlukan untuk menempatkan jalur, cara dan sarana untuk mendorong dan memungkinkan semua negara dan aktor untuk mempercepat transformasi pembangunan global.

"Sebuah set lengkap rencana negara-negara maju yang ambisius yang paling penting. Hal ini juga penting bahwa negara-negara berkembang mendapatkan rasa yang jelas tentang bagaimana mereka akan didukung untuk membangun energi bersih sendiri masa depan mereka dan beradaptasi dengan perubahan iklim," kata dia.

Figueres mengatakan pertumbuhan yang cepat dan dramatis dari negara-negara berkembang yang sangat diperlukan untuk menarik orang sebanyak mungkin dari kemiskinan secepat mungkin. Banyak negara berkembang yang secara sukarela membuat kebijakan, lewat hukum dan investasi dalam tindakan iklim untuk mengintegrasikan prioritas pembangunan mereka ke dalam upaya perubahan iklim mereka.

Untuk memastikan inisiatif menjaga lingkungan tetap tumbuh maka dia menyebut kesepakatan Konfernsi Iklim Paris harus efektif dan sistem internasional yang kuat, dan tentu ditopang  saluran keuangan dan teknologi yang memadai untuk negara-negara berkembang.

Dia menunjukkan bahwa negara-negara maju harus memastikan bahwa dukungan keuangan mereka ke negara-negara berkembang akan mencapai setidaknya 100 milyar dolar AS pada  2020 seperti yang mereka janjikan. (xinhua.net)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home