Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 23:32 WIB | Senin, 05 Januari 2015

Pejabat Jepang: Kunyah Perlahan Saat Makan Mochi

Ilustrasi Mochi Jepang. (Foto: unasalahat)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Surat kabar Yomiuri Shimbun melaporkan pekan lalu sedikitnya 128 orang dilarikan ke rumah sakit setelah tercekik kue mochi, dan sembilan orang tak dapat diselamatkan.

Pejabat Jepang mengatakan, orang-orang kini disarankan untuk mengiris kue mochi dalam potongan-potongan kecil, kemudian dikunyah perlahan-lahan. Selain itu, dianjurkan pula untuk menguasai pelajaran P3K, yaitu Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. 

Sebelumnya, tiga orang meninggal dunia karena tersedak makan kue ketan tahun baru dengan jumlah korban di seluruh Jepang meningkat menjadi sedikitnya sembilan orang. Kue ketan manis, disebut "mochi" adalah bagian penting dari menu liburan tahun baru Jepang.

Akan tetapi, kue mochi yang lengket itu, dipanggang atau dikukus dan disajikan dalam saus kacang merah manis, dapat menjadi santapan maut, jika melekat di kerongkongan saat disantap sehingga dapat menghentikan saluran pernafasan.

Dinas Pemadam Kebakaran Tokyo mengungkapkan pada Senin (5/1), 18 orang diangkut ke rumah sakit saat tiga hari pertama tahun baru, dan tiga pria meninggal. (VOA)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home