Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:15 WIB | Sabtu, 04 November 2023

Pekerja Thailand di Israel, 7.000 Kembali, dan Lebih Banyak Memilih Tetap Tinggal

32 warga negara Thailand tewas oleh serangan Hamas, dan 23 diduga masih disandera.
Pekerja Thailand yang dievakuasi dari Israel tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Provinsi Samut Prakan, Thailand, pada 12 Oktober 2023. (Foto: dok. AP)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Ketika militan Hamas menyerbu desa-desa dan kota-kota Israel di sepanjang perbatasan Jalur Gaza yang diblokade bulan lalu, banyak pekerja pertanian migran asal Thailand mengalami nasib yang sama dengan ratusan warga Israel yang terbunuh, diculik atau dipaksa melarikan diri.

Sejak hari itu hampir sebulan yang lalu, lebih dari 7.000 dari sekitar 30.000 warga Thailand yang bekerja di Israel telah kembali ke rumah mereka dengan penerbangan evakuasi pemerintah. Namun banyak orang lain yang memutuskan untuk tetap tinggal, memilih mengambil risiko demi mendapatkan gaji yang jauh lebih tinggi daripada di dalam negeri.

Thailand melaporkan bahwa setidaknya 23 warga Thailand diyakini telah diculik oleh Hamas, yang menguasai Gaza. Ini adalah kelompok orang asing terbesar yang ditahan oleh kelompok militan tersebut. Masih banyak lagi yang mungkin hilang dan 32 orang dilaporkan tewas.

Sebagai gambaran mendalam tentang nasib yang dialami oleh beberapa orang, utusan Israel di PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) mendapat teguran dari Kementerian Luar Negeri Thailand setelah menunjukkan kepada Majelis Umum sebuah video pekan lalu yang menunjukkan seorang pejuang Hamas memenggal kepala seorang pekerja pertanian Thailand dengan cangkul kebun saat ia terbaring di tanah.

“Kebrutalan yang mengerikan seperti ini telah menimbulkan rasa kemarahan tidak hanya di kalangan warga Thailand, tapi tentu saja di seluruh dunia,” kata kementerian tersebut, mengkritik keputusan yang menunjukkan tindakan tersebut tidak menghormati korban dan keluarganya.

Tolong Bantu Anakku Tetap Aman

Seperti banyak pekerja pertanian Thailand lainnya di Israel, Natthaporn Onkeaw, adalah pencari nafkah utama keluarganya, mengirimkan uang ke rumah secara teratur setelah pergi ke Israel untuk bekerja di kibbutz pada tahun 2021.

Remaja berusia 26 tahun itu termasuk di antara mereka yang diculik oleh Hamas, kata ibunya, Thongkun Onkeaw, 47 tahun, yang tinggal di daerah pedesaan miskin di timur laut Thailand dekat perbatasan dengan Laos.

Dia adalah salah satu dari sedikit tawanan Thailand yang digambarkan dalam foto yang dirilis oleh Hamas yang namanya kemudian dikonfirmasi oleh Kementerian Tenaga Kerja Thailand. Ibunya mengatakan dia belum mendengar kabar dari suaminya sejak dia diculik, dan tidak ada pejabat yang memberikan kabar terbaru kepada dia atau suaminya.

“Saya hanya bisa berdoa: Tolong bantu anak saya tetap aman,” katanya kepada The Associated Press.

Media Thailand telah mengikuti perkembangan konflik dengan cermat, dengan melaporkan secara berkala mengenai penderitaan para pekerja yang melarikan diri atau memilih untuk tetap tinggal, serta sedikit informasi yang diketahui tentang para sandera.

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria, yang konon adalah pekerja migran Thailand diseret dengan cara dicekik oleh seorang militan Hamas, telah beredar luas di media sosial. Diidentifikasi sebagai Kong Saleo, 26 tahun, oleh istrinya, Suntree Saelee, dia diduga diambil dari kebun alpukat ketika militan Hamas menyerbu kamp pekerja tersebut.

“Ketika saya melihat gambar dan klipnya, saya tahu itu dia,” kata Suntree seperti dikutip Bangkok Post. “Saya prihatin dengan keselamatannya. Tolong bantu dia.”

Pekerja Thailand Mencari Upah Yang Lebih Tinggi

Pekerja pertanian dari Thailand dan negara-negara lain di Asia Tenggara mencari pekerjaan di negara-negara maju di mana terdapat kekurangan tenaga kerja semi terampil, dengan upah yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang mereka peroleh di dalam negeri.

Israel mulai mendatangkan pekerja migran dengan sungguh-sungguh setelah Intifada pertama, pemberontakan Palestina pada tahun 1987-93, setelah majikan mulai kehilangan kepercayaan terhadap pekerja Palestina.

Sebagian besar berasal dari Thailand, dan mereka tetap menjadi kelompok pekerja pertanian asing terbesar di Israel saat ini. Negara-negara tersebut menerapkan perjanjian bilateral satu dekade lalu yang secara khusus memberikan kemudahan bagi pekerja pertanian Thailand. Banyak pekerja Palestina telah kembali, dan sebelum serangan Hamas, sekitar setengah dari tenaga kerja Israel terdiri dari pekerja asing dan Palestina.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel mendapat kecaman atas kondisi kerja para buruh tani Thailand. Human Rights Watch, dalam laporannya pada tahun 2015, mengatakan bahwa mereka sering kali ditempatkan di tempat sementara dan akomodasi yang tidak memadai dan “dibayar dengan gaji yang jauh di bawah upah minimum yang sah, dipaksa bekerja dengan jam kerja yang panjang melebihi batas maksimum yang sah, mengalami kondisi kerja yang tidak aman, dan ditolak haknya untuk berganti majikan.” Sebuah kelompok pengawas baru-baru ini menemukan bahwa sebagian besar pekerja masih dibayar di bawah upah minimum yang sah.

Untuk menarik pekerja asing kembali ke daerah yang dievakuasi, Kementerian Pertanian Israel mengatakan akan memperpanjang visa kerja mereka dan memberi mereka bonus sekitar US$ 500 per bulan. Tawaran ini menggiurkan, dibandingkan dengan dana sebesar US$1.800 yang disediakan pemerintah Thailand untuk membantu warga Thailand yang melarikan diri dari Israel.

Di luar tawaran resmi tersebut, pemerintah Thailand telah memperingatkan bahwa penipu telah mengirim pesan kepada anggota keluarga yang mengaku ingin membayar kembali gaji atau tunjangan, hanya untuk mengumpulkan informasi pribadi dan mengelabui mereka agar mentransfer uang.

Ketika peternakan ayam Israel tempat Sompong Jandai bekerja sejak Juli diguncang ledakan pada hari-hari awal perang Israel-Hamas, yang dipicu oleh serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober ke Israel selatan, pria berusia 31 tahun itu pertama kali memikirkan tentang pulang.

Namun ada dua hal yang mengubah pikirannya: gaji yang ia peroleh: lebih dari delapan kali lipat penghasilannya di Thailand, dan mengetahui bahwa ia dapat mengirimkan sebagian besar gajinya ke kampung halamannya untuk menafkahi istrinya, dan empat anak serta melunasi pinjaman yang dia ambil untuk membiayai kepindahannya ke Israel.

“Awalnya saya berpikir untuk pergi,” katanya. Setelah awalnya dievakuasi ke daerah yang lebih aman, ia kembali bekerja di pertanian.

Upaya Thailand untuk Mendapatkan Bantuan

Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, mendesak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dalam percakapan telepon hari Rabu (1/11) untuk meminta bantuan terhadap sandera warga Thailand.

Srettha juga mendesak para pekerja untuk pulang, dan menulis di X (sebelumnya Twitter) pada hari Kamis (2/11) bahwa konflik kemungkinan akan meluas. “Saya ingin menekankan bahwa keselamatan rakyat kami adalah hal yang paling penting,” tulisnya. “Silakan kembali ke rumah kami.”

Delegasi parlemen Thailand pekan lalu melakukan perjalanan ke Iran, sekutu Hamas, untuk bertemu dengan perwakilan Hamas dan membahas masalah ini dari pihak lain.

Areepen Uttarasin, seorang pejabat Thailand yang memimpin delegasi tersebut, mengatakan kepada wartawan bahwa perwakilan Hamas mengatakan kelompok itu akan “mencoba segala cara agar semua warga Thailand yang ditawan dapat kembali dengan selamat.” Dia tidak menyebutkan nama perwakilan Hamas tersebut namun mengatakan bahwa dia diberitahu bahwa pembebasan tersebut diperumit oleh pertempuran yang sedang berlangsung.

Di Israel, Yahel Kurlander, seorang sukarelawan yang membantu pekerja Thailand pasca serangan tersebut, mengatakan bahwa dia mengetahui setidaknya 54 warga Thailand hilang atau diculik. Dia mengatakan banyak jenazah yang belum teridentifikasi.

Beberapa jam setelah serangan Hamas, Kurlander, seorang sosiolog di Tel-Hai College Israel yang berspesialisasi dalam migrasi tenaga kerja pertanian dengan fokus pada pekerja Thailand, mengatakan bahwa dia dan cendekiawan lain serta anggota organisasi non pemerintah mulai berbicara tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu.

“Kami baru saja menyadari hal ini,” katanya. “Jika kita tidak berkumpul dan membantu para pekerja Thailand, tidak ada yang akan melakukannya.”

Prioritas pertama adalah mengevakuasi pekerja yang “sangat trauma” dan menyediakan makanan serta bantuan lainnya, katanya. Kini mereka menjangkau keluarga orang-orang yang hilang, mencoba mengumpulkan rincian tentang tato atau tanda pengenal lainnya, dan juga membantu mereka yang melarikan diri dari amukan Hamas untuk kembali ke rumah atau mencari pekerjaan baru. Penting, katanya, untuk memberikan “kebebasan memilih” kepada para pekerja.

Bagi Siroj Pongbut, pilihannya adalah pulang ke rumah, setidaknya sampai pertempuran berakhir, meskipun penghasilan pertaniannya di Thailand tidak cukup untuk memberi makan istri dan ketiga anaknya. Pria berusia 27 tahun ini telah bekerja sebagai buruh tani di Israel selama kurang dari sebulan setelah lebih dari setahun bekerja di birokrasi dan meminjam uang untuk perjalanan tersebut.

Sejak hari Sabtu (7/10) pagi ketika Hamas menyerang, dia mengaku mendengar sirene dan ledakan dari perkebunan tomat tempatnya bekerja. Dia memutuskan bahwa risikonya untuk tetap tinggal tidak sepadan; sekitar 150 rekan kerjanya di pertanian tinggal di Israel.

“Saya tidak tahu bagaimana jadinya di masa depan,” katanya melalui telepon sambil menunggu penerbangan evakuasi dari Tel Aviv pekan lalu. “Saya khawatir ini akan menjadi lebih serius.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home