Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:17 WIB | Jumat, 03 November 2023

Ancaman Bencana Kemanusia di Afghanistan, Pasca Deportasi dari Pakistan

Pengungsi anak-anak Afghanistan tiba dengan truk dari Pakistan di perbatasan Afghanistan-Pakistan Torkham di Provinsi Nangarhar pada hari Rabu, 1 November 2023. (Foto: AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Putra Khalida yang masih kecil jatuh sakit saat mereka dalam perjalanan menuju Afghanistan, dan berlomba untuk meninggalkan Pakistan dengan ancaman deportasi.

Namun ketika mereka tiba di negara asal mereka sebelum batas waktu 1 November yang ditetapkan oleh Islamabad, mereka hampir tidak mendapatkan cukup makanan atau air untuk menjaga kekuatan anak tersebut, apalagi obat-obatan yang tepat.

“Kami tidak punya apa-apa untuk memberinya makan, kami mendapat sayur-sayuran kemarin dan hari ini sejauh ini dia hanya minum secangkir teh hijau. Tidak ada susu,” kata perempuan berusia 25 tahun itu sambil menggendong putranya Abdullah, yang berusia di bawah dua tahun.

“Uang berbicara, tapi kami tidak punya apa-apa. Apa yang bisa kita lakukan?"

Dia dan anak-anaknya yang lain duduk di samping sebuah truk yang dicat cerah, salah satunya berada di tengah lautan kendaraan yang penuh dengan barang-barang yang berkumpul di dekat perbatasan Torkham, tempat ribuan warga Afghanistan telah kembali dari Pakistan dalam beberapa pekan terakhir.

Islamabad mengeluarkan ultimatum pada awal Oktober kepada 1,7 juta warga Afghanistan yang dikatakan tinggal secara ilegal di Pakistan: keluar secara sukarela atau menghadapi penangkapan dan pengusiran.

Sepekan sebelum tenggat waktu, arus warga Afghanistan yang pulang ke rumah telah berubah menjadi banjir manusia, dan pihak berwenang bekerja dari fajar hingga senja untuk mendaftarkan para pendatang baru namun kesulitan untuk mengimbanginya.

Jumlah orang yang kembali meningkat setiap hari, setidaknya 29.000 orang menyeberang ke Afghanistan pada hari Selasa saja, memicu “situasi darurat” di pos perbatasan, kata seorang pejabat perbatasan.

Tuhan Akan Menyembuhkannya

Kondisinya memburuk dengan cepat hanya dalam beberapa hari menjelang tenggat waktu, menurut laporan jurnalis AFP, dengan banyak orang tua yang mengungkapkan kekhawatirannya terhadap anak-anak mereka yang jatuh sakit setelah tidur di udara dingin.

“Dia (Abdullah) diare. Kami membawanya ke dokter,” kata Khalida. “Anak perempuan ini sakit tapi dia berkata, ‘Biarkan saja, Tuhan akan menyembuhkannya’,” tambahnya, sambil menunjuk ke balik burqa merah muda pucatnya kepada seorang perempuan di dekatnya.

Taj Mohammad, yang melakukan perjalanan dari Peshawar tepat di seberang perbatasan dan sedang menunggu untuk mendaftar ke pemerintah sebelum pergi ke dekat Jalalabad, mengatakan putranya yang berusia dua bulan menderita infeksi dada.

“Bayi-bayi menderita flu dan infeksi dada, bukan hanya bayi saya, tapi semua bayi. Cuacanya dingin di malam hari dan sumber daya tidak mencukupi.”

Popok berserakan di sekitar lautan truk, manusia, penjual yang bermunculan di sekitar kamp sementara, namun kebanyakan orang tidak punya apa-apa untuk memberi pakaian pada anak-anak mereka, dan kotoran manusia ada di mana-mana.

Pemerintah dan badan-badan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) telah berupaya keras untuk menyediakan layanan dan dukungan, termasuk toilet bergerak, tangki air, dan pasokan lainnya, namun “kita membutuhkannya lebih banyak lagi”, kata Mohammad.

Kami Minum Sedikit

Frustrasi meningkat seiring dengan terhambatnya proses. Makanan dan air masih langka.

“Terjadi perkelahian, orang-orang kehilangan kesabaran. Saya masih muda, entah bagaimana saya akan menanggung situasi ini, tetapi bagaimana seorang anak dapat menanggung semua ini?” kata Mohammad Ayaz, 24 tahun, yang melintasi perbatasan bersama 10 anggota keluarganya.

Najla Dilnaz, 25 tahun, mengatakan dia menyimpan semua air yang mereka miliki untuk minum, meskipun pakaian dan kulit anak-anaknya kotor akibat  dasar sungai berdebu dekat penyeberangan.

“Kami tidak mencuci tangan dan kaki mereka, hanya ada sedikit (air) untuk minum, kami bertahan dengan itu,” katanya. “Kami minum sedikit dan tidak mandi sama sekali.”

Pemerintah Pakistan mengatakan perintahnya pada awal Oktober adalah untuk melindungi “kesejahteraan dan keamanan” Pakistan setelah peningkatan tajam serangan yang mereka tuduh dilakukan oleh militan yang beroperasi dari Afghanistan, namun hal ini dibantah oleh pihak berwenang Taliban.

Perintah dan tindakan keras yang dilakukan pihak berwenang mendorong ribuan warga Afghanistan untuk segera mengemas apa yang mereka bisa dan bergegas ke perbatasan, tidak mau mengambil risiko tindakan polisi atau deportasi.

Bagi sebagian orang, hal itu berarti mengabaikan seluruh hidup mereka atau menghadapi kemungkinan melahirkan di tengah perjalanan, seperti yang dialami setidaknya 30 perempuan, kata seorang pejabat perbatasan pada Senin (30/10).

Rabia, seorang warga Pakistan berusia 32 tahun, dan suaminya yang berkebangsaan Afganistan buru-buru mengemasi barang-barang mereka dan telah berada di Torkham selama tiga malam pada hari Rabu.

Dia sedang mengandung anak keenam dan akan melahirkan dalam waktu kurang dari sepekan.

Mereka tidak punya rumah atau tanah untuk dituju, dan tidak ada yang bisa mereka lakukan saat ini selain menunggu, katanya.

“Apakah itu mudah atau sulit, kami ada di sini sekarang.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home