Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:57 WIB | Sabtu, 10 Agustus 2013

Pemadam Kebakaran Louisiana Diperiksa Penyalahgunaan Wewenang

Mobil pemadam kebakaran kota Shreveport, negara bagian Louisiana (foto: shreveportfire.org)

LOUISIANA, SATUHARAPAN.COM -  Kepolisian Federal Louisiana, Amerika Serikat (AS) sedang menyelidiki dugaan kriminalitas tiga petugas pemadam kebakaran di Shreveport, Louisiana, AS dalam tindak kriminalitas terhadap dua pria berkekurangan berusia setengah baya pada Jumat (9/8), ketiga petugas pemadam kebakaran tersebut mabuk dan memberi minuman keras kepada salah satu pria yang berkekurangan tersebut, selanjutnya ketiga petugas pemadam kebakaran ini memaksa salah satu pria tersebut berhubungan seks dengan seorang wanita.

Menurut usatoday.com, ketiga petugas pemadam kebakaran tersebut masing-masing bernama Derrick Harris, 50, dari Shreveport, Clint Richardson, 26, dari Keithville, dan Billy Glass, 37, dari Keithville, masing-masing menghadapi tuduhan kekejaman terhadap kaum difabilitas untuk prostitusi. Masing-masing dikenakan denda 105.000 dolar Amerika Serikat.

Kekejaman terhadap kaum difabilitas di Amerika Serikat mendapat ancaman hukuman hingga denda US$ 10.000, dan juga sampai 10 tahun kurungan penjara.

Juru Bicara Biro Investigasi Federal (FBI) Mary Beth Romig menegaskan lembaganya terlibat dalam penyelidikan kasus ini, tetapi tidak akan merilis rincian tentang kapan atau bagaimana FBI turut ambil bagian dalam penyelidikan atau penyidikan kasus.

Kepala Kepolisian negara bagian Louisiana Kapten Polisi Doug Cain menegaskan keterlibatan lembaganya.

“Saat ini Polisi dan pejabat pemadam kebakaran merilis beberapa rincian tetapi mengkonfirmasi aktivitas yang dituduhkan terjadi di lokasi kejahatan tersebut, atau tepatnya di Pos Pemadam Kebakaran No. 8 di Louisiana,” kata Doug.

Para korban berusia 40-an sampai pertengahan 50-an, dan berkekurangan mental karena berperilaku seperti anak-anak. Usatoday.com mengatakan bahwa saat bertemu dengan salah satu korban dan teman-temannya, sebelum penangkapan Billy Glass, salah satu korban berhasil mengenali pelakunya antara lain Harris dan Richardson.

Media terkemuka Amerika lainnya, The Times pernah melakukan upaya untuk berbicara dengan tiga petugas pemadam kebakaran yang menjadi terdakwa atau pengacara mereka mengenai tuduhan. Seorang wanita yang menjawab telepon di rumah salah satu terdakwa, Richardson awal pekan ini menutup telepon dari reporter Times.

Kapten Barbara Seller selaku Presiden Serikat Pemadam Kebakaran Shreveport, Louisiana juga tidak dapat dijumpai untuk dimintai keterangan awal pekan ini. Sementara itu, Kepala Pemadam Shreveport Craig Mulford menolak wawancara, terkait tuduhan pidana terhadap petugas pemadam kebakaran.

"Aku tidak akan berbicara dengan setiap detail penyelidikan atau investigasi yang sedang berlangsung atau di mana penelitian ini, biarkanlah saja angin berlalu," kata Mulford. (usatoday.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home