Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:36 WIB | Jumat, 19 Mei 2023

Pemakaman Ratu Elizabeth II Menghabiskan Dana Rp 3 Triliun

Anggota masyarakat melewati Raja Charles III, Puteri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward berjaga di samping peti mati ibu mereka, Ratu Elizabeth II, yang terletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, 16 September 2022. Pemakaman dan pemakaman Ratu Elizabeth II tahun lalu menguras dana pemerintah Inggris sekitar 162 juta pound (setara Rp 3 triliun), kata bendahara, hari Kamis, 18 Mei 2023. (Foto: dok.Yui Mok/Pool Photo melalui AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Pemakaman Ratu Elizabeth II tahun lalu menghabiskan dana pemerintah Inggris sekitar 162 juta pound (setara Rp 3 triliun), pihak perbendaharaan mengungkapkan hari Kamis (18/5).

Pemakaman kenegaraan untuk mendiang ratu, diadakan pada 19 September, adalah yang pertama di Inggris sejak mantan Perdana Menteri Winston Churchill pada tahun 1965.

Acara yang dihadiri oleh para pemimpin dunia dan pejabat tinggi, mengikuti 10 hari berkabung nasional setelah ratu meninggal pada usia 96 tahun pada 8 September setelah 70 tahun bertahta.

Ratusan ribu orang tertarik ke Westminster Hall London untuk melihat ratu terlama di Inggris terbaring di negara bagian Inggris.

Biaya tersebut dipublikasikan hari Kamis sebagai bagian dari pernyataan tertulis kepada Parlemen.

“Prioritas pemerintah adalah agar acara ini berjalan dengan lancar dan dengan tingkat martabat yang sesuai, sambil memastikan keselamatan dan keamanan publik setiap saat,” kata John Glen, kepala

Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip, dikebumikan di Kapel St. George di Kastil Windsor.

Philip, yang meninggal pada tahun 2021 pada usia 99 tahun, memilih untuk pemakamannya dirahasiakan, karena diadakan di bawah aturan jarak sosial yang ketat selama pandemi COVID-19.

Pemakaman kerajaan terakhir sebelumnya adalah untuk ibu Elizabeth, yang dikenal sebagai Ibu Suri, pada tahun 2002. Dia terbaring selama tiga hari, dan biaya pemakamannya diperkirakan sekitar 5,4 juta pound. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home