Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:53 WIB | Rabu, 14 September 2022

Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan di Istana Buckingham

Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan di Istana Buckingham
Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari pesawat oleh Skuadron Warna Ratu di RAF Northolt di London, untuk dibawa ke Istana Buckingham, Selasa, 13 September 2022. (Foto: AP/Kirsty Wigglesworth/pool)
Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan di Istana Buckingham
Orang-orang menyaksikan iring-iringan ratu dengan mobil jenazah yang membawa peti mati Ratu Elizabeth berangkat dari Katedral St Giles dalam perjalanan ke Bandara Edinburgh di Edinburgh, Skotlandia, Selasa, 13 September 2022. Setelah berbaring di katedral hampir sepanjang hari Selasa, peti mati ratu akan disemayamkan diterbangkan kembali ke London dan diantar ke rumah resminya di London, Istana Buckingham. (Foto: AP/Petr Josek)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Jenazah Ratu Elizabeth II kembali ke Istana Buckingham pada hari Selasa (13/9) malam, melewati London yang gerimis ketika orang banyak berbaris di rute untuk melihat mobil jenazah dan mengucapkan selamat tinggal padanya.

Orang-orang memarkir mobil mereka di sepanjang jalan yang biasanya sibuk, keluar dan melambai ketika mobil jenazah, dengan lampu di dalamnya menerangi peti mati yang terbungkus bendera, menuju ke London. Di kota, orang-orang berdesakan di jalan dan mengangkat HP mereka tinggi-tinggi saat lewat.

Ribuan orang di luar istana bersorak, berteriak, “Tuhan selamatkan ratu!” dan bertepuk tangan saat mobil jenazah itu berputar di sekitar bundaran di depan kediaman resmi ratu di London dan melalui gerbang besi tempa. Putranya, Raja Charles III, dan anggota keluarga dekat lainnya menunggu di dalam.

Peti mati itu melakukan perjalanan ke London dari Edinburgh, di mana 33.000 orang diam-diam melewatinya dalam 24 jam di Katedral St. Giles setelah dibawa ke sana dari retret musim panasnya yang berharga, Balmoral. Sang ratu, satu-satunya raja yang pernah dikenal banyak orang di Inggris, meninggal di sana pada 8 September pada usia 96 setelah 70 tahun di atas takhta.

C-17 Globemaster militer yang membawa peti mati itu mendarat di RAF Northolt, sebuah pangkalan angkatan udara di barat London, sekitar satu jam setelah meninggalkan Edinburgh. Perdana Menteri Inggris Liz Truss, Menteri Pertahanan Ben Wallace dan seorang pengawal kehormatan militer termasuk di antara mereka yang berada di pangkalan untuk kedatangan itu.

Peti mati itu akan dibawa dengan kereta kuda pada hari Rabu ke Gedung Parlemen untuk disemayamkan selama empat hari sebelum pemakaman pada hari Senin (19/9) di Westminster Abbey.

"Skotlandia sekarang telah mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu Skotlandia kami dengan sedih, tetapi penuh kasih," kata Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon. "Kami tidak akan melihatnya seperti itu lagi."

Charles telah kembali ke London dari Irlandia Utara, di mana kunjungannya menarik momen persatuan yang langka dari para politisi di wilayah dengan identitas Inggris dan Irlandia yang diperebutkan yang sangat terbagi atas monarki.

Raja baru melakukan perjalanannya sendiri pekan ini, mengunjungi empat negara di Inggris: Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Ratusan orang berkumpul di sekitar Kastil Hillsborough dekat Belfast, kediaman resmi keluarga kerajaan di Irlandia Utara, dalam curahan kasih sayang terbaru setelah kematian ratu. Area di depan gerbang kastil dilapisi dengan ratusan upeti bunga.

Charles dan istrinya Camilla, Permaisuri, turun dari mobil mereka untuk melambai ke kerumunan dan kadang-kadang menggunakan kedua tangan untuk menjangkau penduduk desa, termasuk anak-anak sekolah berseragam biru cerah. Charles bahkan mengelus seekor corgi,  yang terkenal sebagai jenis anjing favorit mendiang ibunya, yang dipegang oleh satu orang, dan beberapa meneriakkan "Tuhan selamatkan raja!" (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home