Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 18:26 WIB | Selasa, 19 Mei 2015

Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tanpa Baling-baling

Pembangkit listrik tenaga angin Vortex. (Sumber: independent.co.uk)

SATUHARAPAN.COM – Para ilmuwan berharap sangat untuk mengurangi biaya energi angin dengan menghapus baling-baling dari ladang pembangkit listrik tenaga angin.

Mereka mengambil keuntungan dari fenomena khusus untuk menyebabkan turbin untuk keras mengguncang. Vortex, sebuah perusahaan startup dari Spanyol, telah mengembangkan pembangkit listrik tanpa baling-baling. Bentuknya, tiang putih menonjol keluar dari tanah, yang dibangun sehingga mereka dapat berosilasi. Mereka melakukannya sebagai akibat dari cara angin melecut sekitar mereka, menggunakan sebuah fenomena yang dihindari para arsitek saat merancang bangunan. Fenomena vortex yang membuat tongkat goyang.

Mereka memanfaatkan vortex—dari situ perusahaan mendapatkan nama. Turbin tanpa baling-baling menggunakan magnet khusus untuk memastikan bahwa turbin dioptimalkan untuk mengguncang tongkat-tongkat itu oleh angin dalam kecepatan apa pun.

Saat tongkat bergetar, gerakan ini diubah menjadi listrik oleh alternator.

Dengan metode ini, biaya yang diperlukan untuk menghasilkan listrik sekitar 40 persen lebih murah daripada pembangkit listrik berbaling-baling seperti yang digunakan saat ini, klaim Vortex. Biaya pembuatan turbin akan lebih murah, karena baling-baling sangat mahal, dan pemeliharaan akan lebih murah karena ada bagian yang bergerak lebih sedikit.

Perusahaan juga mengatakan bahwa desain baru ini akan memungkinkan lebih banyak pembangkit listrik yang dapat dipasang di ruang yang sama. Mereka juga akan jauh lebih tenang, menghindari gangguan angin yang menyebabkan baling-baling rusak.

Generator Vortex mengirit energi sekitar 30 persen dibandingkan dengan baling-baling, perusahaan mengatakan Wires.

Perusahaan berharap bahwa model mini setinggi 12 meter akan tersedia tahun depan, dan salah satu yang lebih besar akan dirilis pada tahun 2018. (independent.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home