Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:42 WIB | Minggu, 22 Maret 2015

Pembenahan Infrastruktur Indonesia Penting, Tunjang Investasi

Pembangunan gedung perkantoran di Jakarta. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pembenahan sektor infrastuktur Indonesia harus merata di berbagai daerah karena sebagai kunci investasi masuk. 

“Kuncinya di infrastruktur. Kalau sektor ini lancar, investor akan masuk dengan cepat ke dalam negeri," kata Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi) Andi Rukman Karumpa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/3).

Gapensi memperkirakan, kepercayaan investor akan terus mengalir menuju Indonesia dengan catatan pemerintah pusat dan daerah bersatu  menyelesaikan masalah pembebasan lahan di daerah yang mangkrak.

Namun, Andi mengingatkan bahwa saat ini masih ditemukan adanya ketidakpaduan antara pemerintah daerah dalam membebaskan lahan untuk infrastruktur. Untuk itu dia berharap ada koordinasi antara pemerintah daerah dalam pembebasan lahan dapat segera diintensifkan.

Gapensi menilai merosotnya nilai tukar rupiah merupakan saat yang tepat mendorong peningkatan investasi dalam negeri.

"Dolar menguat pada batasan tertentu tidak masalah, namun yang penting dalam pelemahan rupiah tersebut adalah bagaimana iklim investasi dapat terjaga dengan baik," kata Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan, Perbankan dan Investasi Kadin DKI Jakarta, Irwan Hutasoit beberapa waktu lalu.

Menurut Irwan, jika pemerintah mampu mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada dunia usaha maka penurunan rupiah tidak berlangsung lama.

“Indonesia masih menjadi tujuan utama investasi global. Fundamental ekonomi kita bagus, pasar domestik sangat besar, karena itu pemodal terus berlomba untuk masuk ke Indonesia," ucap Iwan.

Ia menjelaskan, perlu terobosan dalam mengembangkan dunia usaha dalam negeri dalam hal mencari pendanaan, mitra strategis, pembuatan perusahaan patungan, hingga mencari konsultan pasar modal.  (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home