Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 13:03 WIB | Sabtu, 21 Maret 2015

Temuan Terbaru Obat Penyembuh Alzheimer Gairahkan Bursa AS

Logo di kantor Biogen (Foto: Bloomberg)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Indeks di bursa saham Nasdaq di New York melesat dan bertengger di atas 5.000 pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menyusul lonjakan pada saham perusahaan bioteknologi Biogen, yang dalam temuan terbarunya menunjukkan kemajuan signifikan dalam uji klinis obat aducanumab .untuk memperlambat demensia dengan jumlah yang signifikan, yang umum ditemukan pada penderita Alzheimer.

Harga saham Biogen Iden Inc melonjak 9,8 persen menjadi $475,98 per lembar pada penutupan perdagangan hari Jumat, membuat nilai perusahaan ini bertambah sekitar US$ 10 miliar. Pada pagi hari, harga saham Biogen  sempat melejit hingga US$ 480,18, harga tertinggi yang pernah dicapai saham perusahaan tersebut, yang pada hari Kamis masih berada di level of $433,65 per lembar.

 Gairah bursa Wall Street menjadi lebih meluas lagi karena pelemahan dolar AS setelah selama beberapa pekan menunjukkan keperkasaannya.

Indeks komposit teknologi Nasdaq melonjak 34,04 poin (0,68 persen) menjadi 5.026,42, berakhir di atas 5.000 untuk keempat kalinya sepanjang sejarah.

Indeks Dow Jones Industrial Average melompat 168,62 poin (0,94 persen) menjadi ditutup pada 18.127,65, sedangkan indeks berbasis luas S&P 500 berakhir naik 18,79 poin (0,90 persen) menjadi 2.108,06.

Saham-saham AS terangkat karena dolar melemah setelah pernyataan Federal Reserve dua hari lalu menjanjikan pendekatan berhati-hati untuk menaikkan suku bunganya.

"Pasar sedang menyambut berita bahwa kenaikan suku bunga The Fed tahun ini akan terjadi lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya," kata David Levy, manajer portofolio di Kenjol Capital Management.

Walau masih Awal, Temuan Biogen Mengesankan

Obat yang kini sedang disiapkan oleh Biogen Idec Inc  menargetkan penumpukan plak di otak yang menyebabkan penurunan kognitif pada pasien dalam  bentuk penyakit Alzheimer awal dan ringan. Walaupun hasil temuan Biogen dianggap masih perlu ujicoba yang lebih luas, para pengamat sangat terkesan dengan konsistensi hasil dari temuan itu, yang menunjukkan efeknya semakin tinggi sejalan dengan dosisnya. Para analis juga terkesima dengan sken gambar otak yang menunjukkan pengurangan plak yang berkaitan dengan perbaikan klinis.

"Walau  masih sangat awal, data ini lebih mengesankan daripada apa yang telah kita lihat sejauh ini  [pada penyakit Alzheimer], membenarkan hasil menggembirkan pada penelitian  awal," kata Christopher Raymond, seorang analis Robert W. Baird, dalam sebuah catatan penelitian.

Biogen, terutama dikenal karena kestabilannya dalam beberapa terapi sclerosis dan tahun lalu mencatat penjualan US$ 97 miliar.

Desember lalu Biogen mengatakan obat temuan mereka, yang disebut aducanumab, telah menghasilkan dampak yang signifikan secara statistik pada kognisi. Tetapi perusahaan itu belum merilis hasil rinci.

Biogen berencana untuk memulai studi tahap akhir atas aducanumab tahun ini yang akan mencakup lebih dari 1.000 pasien. Ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Alfred Sandrock mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Jumat.

Obat Biogen, yang juga dikenal sebagai "BIIB037," dirancang untuk membantu membersihkan otak dari plak amiloid beta, yang oleh banyak ilmuwan dianggap berperan dalam menyebabkan Alzheimer's,  yaitu kondisi kehilangan daya ingat secaa progresif yang dikaitkn dengan usia.

Selain Biogren, perusahaan biotek lain yang naik termasuk Celgene yang bertambah 2,5 persen dan Gilead Sciences menguat 0,8 persen.

Sementara itu, saham-saham yang terkait minyak bumi reli karena harga minyak lebih kuat. Anggota Dow, Chevron naik 2,2 persen, Marathon Oil naik 1,9 persen dan Schlumberger bertambah 1,7 persen.

Anggota Dow, Nike melonjak 3,7 persen karena laba untuk kuartal yang berakhir 28 Februari naik 16 persen menjadi 791 juta dolar AS.

Perusahaan pusat perbelanjaan Macerich turun 4,6 persen setelah saingannya Simon Property Group menaikkan penawarannya dari sebelumnya 91 dolar AS per saham menjadi 95,50 dolar AS dalam "penawaran terbaiknya dan terakhir" untuk kesepakatan tersebut. Simon naik 2,7 persen.

Amazon naik 1,4 persen menyusul berita bahwa otoritas penerbangan AS akan mengizinkan pengecer daring (online) untuk melakukan pengujian program pesawat tak berawak yang dapat digunakan untuk pengiriman pesanan dengan cepat.

Jaringan perhiasan Tiffany merosot 4,0 persen setelah memperkirakan penurunan laba sekitar 30 persen pada laba kuartal pertama.

Harga obligasi naik. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun turun menjadi 1,92 persen dari 1,97 persen pada Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun turun menjadi 2,50 persen dari 2,53 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak saling berlawanan.(AFP/WSJ)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home