Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Jumat, 30 April 2021

Pemerintah Bantu Pembangunan Kembali Rumah Korban Gempa Malang

Presiden Joko Widodo menemui warga terdampak gempa di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada hari Kamis (29/4). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.)

MALANG, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan bagi warga untuk merekonstruksi rumahnya yang rusak akibat gempa. Itu dikatakan ketika meninjau Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, hari Kamis (29/4).

Desa Majang Tengah merupakan salah satu yang terdampak gempa Magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Jawa Timur pada hari Sabtu, 10 April 2021 lalu. “Sore hari ini saya berada di Desa Majang Tengah, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk meninjau gempa yang terjadi beberapa hari yang lalu,” katanya dalam keterangannya seusai peninjauan.

Presiden menyebut bahwa sebanyak 1.716 rumah di Kabupaten Malang mengalami kerusakan, baik rusak berat, sedang, maupun ringan, akibat gempa tersebut. “Semuanya nanti akan dibantu dari pemerintah, yang (rusak) berat akan dibantu Rp 50 juta, yang (rusak) sedang dibantu Rp 25 (juta), dan yang (rusak) ringan dibantu Rp 10 juta. Kita harapkan nanti bisa segera dilaksanakan rekonstruksi,” katanya.

Sementara itu, untuk fasilitas umum yang mengalami kerusakan, Presiden menyebut bahwa hal tersebut akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Presiden pun berharap kehidupan warga bisa segera kembali normal.

“Saya kira kita ingin agar kehidupan bisa normal kembali dan,… semuanya segera dimulai dikerjakan dalam bulan Mei ini,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengunjungi dan berdialog dengan sejumlah warga di hunian sementara yang didirikan warga di atas reruntuhan rumahnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan lokasi terdampak gempa antara lain Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home