Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 15:33 WIB | Selasa, 19 Mei 2015

Pemprov Beri Kupon Undian Warga yang Selokannya Bersih

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Selasa (19/5) saat meresmikan pengoperasian penerapan teknologi berbasis "Moving Bed Bio-film Reactor" (MBBR) oleh PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), Selasa (19/5). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji akan memberi kupon undian bagi warga yang selokan rumahnya bersih dan bebas dari sampah. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan banjir yang menjadi kerap menjadi bencana tahunan Ibu Kota.

Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan lurah setempat akan memberi nomor undian untuk pemilik rumah  bila selokan mereka bersih saat diperiksa. Bila, enam pemilik rumah telah mendapat enam nomor undian, mereka bisa menukarkannya dengan kupon yang akan diundi saat HUT Jakarta atau tahun baru.

“Nanti ke depan kita mau kasih nomor undian, biar orang bersihin sampai sampah di depan gotnya bersih asal dapat enam kali bisa lapor dan dikasih undian di HUT Jakarta dan waktu tahun baru. Masyarakat yang rumahnya nggak bersih nggak dikasih kupon,” ujar Djarot di Gedung Palyja, Penjaringan, Tanah Abang, Selasa (19/5).

Ahok ingin menciptakan budaya selokan bersih karena menurutnya sampah-sampah di selokan adalah penyebab utama banjir. Terlebih, selokan di jalan raya kini dipenuhi kabel milik penyedia jasa, seperti Telkom, PLN, PGN, dan PAM.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan akibat adanya kabel-kabel di selokan ini, banyak sampah yang tersangkut kabel kemudian menyebabkan banjir.

“Begitu datang banjir orang maki-maki ke saya. Dibilang saluran nggak cukup. Yang benar itu bukan saluran nggak cukup, tapi banyak kabel di dalam, belum lagi sampah. Nah kalau sampah sudah tugas wali kota, camat, dan lurah untuk beresin,” kata Ahok. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home