Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 21:01 WIB | Rabu, 22 April 2020

PENABUR Bekali Orangtua Cara Dampingi Anak Belajar di Rumah

Ilustrasi. Jadwal webinar BPK PENABUR. (Foto: BPK PENABUR Jakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sejak pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap di rumah akibat pandemik COVID-19, aktivitas belajar mengajar di sekolah pun jadi dialihkan ke rumah (home learning).

Orangtua yang juga bekerja dari rumah diharapkan untuk turut serta aktif membimbing proses belajar anak selama berada di rumah.

Meski terlihat menyenangkan memiliki waktu yang banyak dengan anak, bukan perkara yang mudah untuk membimbing anak agar tetap produktif serta kreatif dalam proses belajarnya.

Terlalu lama berada di rumah membuat anak jenuh karena tidak bisa keluar rumah untuk bermain dan berkumpul dengan teman sebayanya, demikian juga orangtua.

Tidak sedikit orangtua yang merasa kebingungan mencari ide agar dapat membimbing proses belajar anak secara penuh tanpa meninggalkan kewajiban dalam pekerjaan.

Melihat permasalahan itu, BPK PENABUR Jakarta menyelenggarakan seminar online (webinar) parenting yang terbuka tidak hanya untuk orangtua sekolah PENABUR tetapi untuk setiap orangtua dimanapun guna mendukung orang tua sebagai guru pertama, guru utama, dan guru paling lama bagi anak.

“BPK PENABUR Jakarta sangat menyadari bahwa sebagai orangtua tentu bingung bagaimana harus mendampingi anak selama masa belajar di rumah. Untuk itu, BPK PENABUR Jakarta ingin memberikan yang terbaik bagi orangtua dan peserta didik melalui seminar ini,” kata Deddy Budianto, selaku pengurus BPK PENABUR Jakarta membuka webinar yang dilaksanakan pada 17 April yang lalu.

Deddy yang berkolaborasi dengan pendidik SDK 11 PENABUR bersama Dr Ir Antonius MBA MSc MA dan Dra Jeni Putri Tanan MPS, mengatakan, “kami berharap agar melalui seminar ini orangtua dapat berinovasi dalam mendampingi anak selama home learning.”

Materi dan pengalaman diberikan pembicara yang ahli di bidang parenting, dan diharapkan dapat membantu orang tua agar dapat menciptakan suasana menyenangkan dan berkesan dalam proses belajar anak di rumah agar tetap kreatif.

“Saya menyimak dan sangat terberkati, (juga) termotivasi untuk melakukan (kiat-kiat parenting) pada keluarga saya dan mau berbagi dengan orang tua lain. Karena saya juga guru, jadi saya mau berbagi dengan para orang tua murid,” ujar Elisabet Sidabutar salah satu penonton live streaming dari Pematang Siantar, Sumatera Utara mengapresiasi webinar yang dilaksanakan pada 17 April yang lalu.

BPK PENABUR Jakarta mengadakan serangkaian seminar online (webinar) parenting melalui aplikasi ZOOM yang disiarkan secara umum dan gratis via live streaming YouTube melalui akun BPK PENABUR Jakarta dengan link https://bit.ly/SeminarParentingBPKPENABUR.

Selama April 2020, BPK PENABUR menyelenggarakan webinar dengan tajuk yang beragam. Dimulai hari Sabtu, 17 April 2020, “Aktivitas Kreatif & Berkualitas Bersama Anak saat #DiRumahAja” dengan pembicara Dr Ir Antonius MBA, MSc, MA dan Dra Jeni Putri Tanan MPS berkolaborasi dengan pendidik SDK 11 PENABUR.

Pada hari Sabtu, 25 April 2020, pukul 09.30-11.00 WIB, “Bringing out The BEST while #StayAtHome” dengan pembicara Dr Ir Antonius MBA, MSc, MA dan Dra Jeni Putri Tanan MPS berkolaborasi dengan pendidik SDK 11 PENABUR.

Pada hari Selasa, 28 April 2020, pukul 15.00-16.30 WIB, “Membangun Karakter Anak Dari Rumah” dengan pembicara Dr Evans Garey, MSi berkolaborasi dengan Pendidik SMPK 7 PENABUR. (PR)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home