Loading...
EKONOMI
Penulis: Equivalent Pangasi 18:42 WIB | Selasa, 11 Maret 2014

Pendapatan Pimpinan Eksekutif eBay Turun 53 Persen

John Donahoe telah menjadi pimpinan eksekutif eBay sejak Maret 2008. (Foto: bbc.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Pendapatan John Donahoe, pimpinan eksekutif perusahaan dagang elektronik raksasa eBay turun 53 persen, demikian yang dilaporkan BBC pada Senin (10/3).

Pada 2012, Donahoe dibayar $29,7 juta (setara Rp. 337,5 miliar). Namun pada 2013 ia hanya dibayar $13,8 juta (setara Rp. 156,8 miliar), dan sudah termasuk gaji beserta bonusnya. Meskipun gaji pokok Donahoe naik sebesar dua persen, namun insentif tahunannya turun sebesar 43 persen.

Perusahaan tersebut mengatakan pimpinan mereka sebenarnya telah bekerja dengan baik, namun performa finansial perusahaan tidak mencapai harapan.

Perusahaan eBay menghasilkan pendapatan sekitar $850 juta (setara Rp. 9,6 triliun) pada kuartal terakhir tahun lalu – meningkat 13 persen – namun hasil tersebut masih belum memenuhi harapan.

Penurunan pendapatan yang dialami Donahoe muncul di tengah perselisihan antara perusahaan tersebut dan salah satu pemegang saham, Carl Icahn.

Icahn selama berminggu-minggu telah menekan eBay untuk menjadikan PayPal sebagai perusahaan mandiri. Menurutnya, hal ini akan membuat PayPal menjadi lebih bernilai.

Sementara itu, seperti dilansir Reuters pada Senin (10/3), pimpinan eksekutif Omega Advisors Leon Cooperman yang juga pemegang saham eBay menyetujui gagasan Icahn. “Saya memberikan keyakinan pada Carl Icahn untuk mengambil waktu dan menunjukkan energinya, dan dalam hal ini, kami setuju dengannya,” ujar Cooperman pada CNBC.

Icahn yang hanya memiliki dua persen saham eBay, juga menominasikan dua orang untuk masuk dalam dewan direksi eBay. Namun pada Senin (10/3), eBay mengatakan direksi tidak mendukung calon yang diajukan Icahn atau pun penawaran yang diajukannya. (bbc.com/forbes.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home