Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 05:12 WIB | Senin, 14 Agustus 2023

Pendeta Gereja Ortodoks Rusia Alami Persekusi Karena Berdoa untuk Perdamaian

Pendeta Ioann Koval, yang dipecat dari Gereja Ortodok Rusia. (Foto: AP)

ANTALYA, SATUHARAPAN.COM-Berdiri di sebuah gereja Ortodoks tua di Antalya dengan Alkitab di satu tangan dan lilin di tangan lainnya, Pendeta Ioann Koval memimpin salah satu kebaktian pertamanya di Turki setelah kepemimpinan Gereja Ortodoks Rusia memutuskan untuk memecatnya mengikuti doanya untuk perdamaian di Ukraina.

September lalu, ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin, memerintahkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan, Patriark Kirill Moskow meminta para pendetanya berdoa untuk kemenangan. Berdiri di depan altar dan puluhan umatnya di salah satu gereja Moskow, Koval memutuskan untuk menempatkan perdamaian di atas perintah patriark.

“Dengan kata 'kemenangan', doa memperoleh makna propaganda, membentuk pemikiran di antara umat, di antara para pendeta, apa yang harus mereka pikirkan dan bagaimana mereka harus melihat permusuhan ini,” kata Koval. “Itu bertentangan dengan hati nurani saya. Saya tidak bisa tunduk pada tekanan politik dari hierarki ini.”

Dalam doa yang dia ucapkan berkali-kali, pendeta berusia 45 tahun itu hanya mengubah satu kata, mengganti "kemenangan" dengan "damai," tetapi itu cukup bagi pengadilan gereja untuk menghapus pangkat imamatnya.

Berdoa atau menyerukan perdamaian di depan umum juga menimbulkan risiko penuntutan dari negara Rusia. Tak lama setelah pasukan Rusia menginvasi Ukraina, anggota parlemen mengesahkan undang-undang yang memungkinkan penuntutan ribuan orang karena "mendiskreditkan tentara Rusia", tuduhan yang pada kenyataannya berlaku untuk apa pun yang bertentangan dengan narasi resmi, baik itu komentar di jejaring sosial atau doa di gereja.

Seperti Putin, Kirill Juga Menuntut Kepatuhan Total

Mirip dengan rezim otoriter Putin, Kirill membangun hierarki yang keras di gereja yang menuntut kepatuhan total, kata Andrey Desnitsky, profesor filologi di Universitas Vilnius di Lithuania, kepada The Associated Press. Jika seorang imam menolak untuk membaca doa patriark, kesetiaannya dicurigai.

“Jika Anda tidak setia, maka tidak ada tempat bagi Anda di gereja,” tambah Desnitsky, seorang pakar lama di gereja Rusia.

Ketika perang dimulai, sebagian besar pendeta tetap diam, takut akan tekanan dari gereja dan otoritas negara; hanya sebagian kecil yang angkat bicara. Dari lebih dari 40.000 pendeta di Gereja Ortodoks Rusia, hanya 300 pendeta yang menandatangani surat publik yang menyerukan perdamaian di Ukraina.

Tetapi setiap suara publik yang menentang perang sangat penting, kata Natallia Vasilevich, koordinator kelompok hak asasi manusia Christians Against War. “Itu mematahkan apa yang tampaknya menjadi posisi monolitik Gereja Ortodoks Rusia,” katanya kepada AP.

Sejak awal perang, tim Vasilevich telah menghitung setidaknya 30 pendeta Ortodoks yang menghadapi tekanan dari otoritas agama atau negara. Tetapi mungkin ada lebih banyak kasus, katanya, karena beberapa pendeta takut berbicara tentang represi, takut itu akan membawa lebih banyak.

Gereja Ortodoks Rusia menjelaskan bahwa penindasan terhadap para pendeta yang berbicara menentang perang adalah hukuman atas keterlibatan mereka dalam politik.

“Para pendeta yang mengubah diri mereka dari pendeta menjadi agitator politik dan orang-orang yang berpartisipasi dalam perjuangan politik, mereka jelas berhenti memenuhi tugas pastoral mereka dan tunduk pada larangan kanonik,” kata Vakhtang Kipshidze, wakil kepala layanan pers gereja, kepada AP.

Pada saat yang sama, para pendeta yang secara terbuka mendukung perang di Ukraina tidak menghadapi dampak apa pun dan terlebih lagi didukung oleh negara, kata Vasilevich. “Rezim Rusia tertarik untuk membuat suara-suara ini terdengar lebih keras,” tambahnya.

Para pendeta yang menolak untuk bergabung dengan paduan suara ini atau tetap diam dapat dipindahkan, untuk sementara dibebaskan dari tugas mereka, atau diberhentikan, kehilangan gaji, perumahan, tunjangan, dan yang terpenting pelayanan mereka kepada jemaat mereka.

Mengajukan Banding

“Saya tidak pernah mempertanyakan pilihan yang saya buat,” kata Koval. “Saya, seluruh jiwa saya, seluruh keberadaan saya menentang perang ini. Tidak mungkin bagi saya untuk mendukung invasi pasukan Rusia ke Ukraina dengan doa saya.”

Setelah pengadilan Gereja Ortodoks Rusia memutuskan dia harus dicopot, Koval mengajukan banding ke Patriark Ekumenis Bartholomew dari Konstantinopel, yang telah menegaskan hak untuk menerima petisi banding dari pendeta gereja ortodoks lainnya, atas keberatan Rusia.

Pada bulan Juni, patriarkat Konstantinopel memutuskan bahwa Koval dihukum karena pendiriannya dalam perang di Ukraina dan memutuskan untuk memulihkan pangkat sucinya. Pada hari yang sama, Bartholomew mengizinkannya untuk melayani di gerejanya.

Pendeta Ioann Burdin juga ingin meninggalkan Gereja Ortodoks Rusia setelah dia berbicara menentang perang di sebuah gereja kecil dekat Kostroma dan pengadilan setempat mendenda dia karena mendiskreditkan tentara Rusia. Dia meminta patriark untuk menyetujui pemindahannya ke Gereja Ortodoks Bulgaria, tetapi sebaliknya, Kirill melarang dia dari pelayanan sampai pendeta membuat permintaan maaf publik.

“Posisi saya, yang pertama kali saya nyatakan di situs web, kemudian di gereja, dan kemudian selama persidangan adalah ekspresi keyakinan agama saya,” kata imam itu kepada AP. "Karena semua orang adalah saudara, maka perang apa pun, konflik militer apa pun, dengan satu atau lain cara menjadi pembunuhan saudara."

Tidak diizinkan untuk melayani di gereja, Burdin membawa khotbahnya ke saluran Telegram di mana dia membimbing orang Kristen Ortodoks yang bingung dengan dukungan patriark terhadap perang.

Pengaruh Putin pada Gereja Ortodoks Rusia

Selama lebih dari dua dekade berkuasa, Putin telah secara besar-besaran meningkatkan kedudukan Gereja Ortodoks Rusia, meningkatkan prestise, kekayaan, dan kekuasaannya di masyarakat setelah puluhan tahun mengalami penindasan atau ketidakpedulian di bawah para pemimpin Uni Soviet.

Pada gilirannya, para pemimpinnya, seperti Patriark Kirill, mendukung inisiatifnya. Gereja telah mendukung perang di Ukraina dan sudah menjadi hal yang biasa untuk melihat para pendetanya memberkati pasukan dan peralatan menuju pertempuran dan memohon berkat Tuhan dalam kampanye tersebut.

Pendeta Iakov Vorontsov, seorang pendeta di Kazakhstan, terkejut dan putus asa ketika pertama kali mendengar berita perang. Dia berharap gereja akan turun tangan untuk menengahi konflik. Tetapi baik rekan-rekannya maupun atasannya tidak mendukung seruannya untuk mengabarkan perdamaian.

“Saya menyadari bahwa tidak ada yang mendengar kata-kata tentang perdamaian,” kata pendeta berusia 37 tahun itu. “Seharusnya disampaikan ke masyarakat, ke jemaat kita, tapi ternyata tidak. Dan kemudian saya menyadari bahwa saya memiliki alat lain: jejaring sosial.”

Sementara postingan anti perangnya di Facebook mendapat dukungan online, reaksi offline-nya bermusuhan. Atasannya memindahkannya beberapa kali, melarang dia memberikan khotbah, dan menyuruh umat untuk menjauh darinya. Pada akhirnya, pendeta tersebut kehilangan harapan dan memutuskan untuk sementara berhenti melayani di Gereja Ortodoks Rusia.

“Mereka ingin saya pergi, dan pada akhirnya, mereka mendapatkannya,” kata imam itu, duduk di apartemennya tanpa jubah hitam yang dia kenakan selama 13 tahun terakhir. "Tapi saya tidak melepaskan pangkat saya, saya hanya memutuskan untuk saat ini bahwa saya tidak bisa berada di antara orang-orang ini dalam situasi ini."

Pengaruh patriark jauh melampaui batas negaranya dan perintahnya berlaku bahkan untuk para imam yang melayani di luar negeri. Pada bulan Februari, Kirill menskors selama tiga bulan Pendeta Andrei Kordochkin, seorang pendeta di sebuah gereja Ortodoks di Madrid, karena sikap anti perangnya.

Kipshidze mengatakan Kordochkin dihukum karena "menghasut kebencian" di antara umatnya. Tetapi imam mengatakan itu adalah peringatan untuk mencegahnya dari kritik lebih lanjut.

 “Menurut saya tidak ada kesalahan yang telah saya lakukan secara kanonik,” kata Kordochkin. “Jika tidak ada kejahatan kanonik, maka itu berarti hukum kanon hanya digunakan sebagai mekanisme represi politik.”

Sejak hari-hari pertama perang, Kordochkin secara terbuka mengutuk invasi Rusia dan secara teratur berdoa untuk perdamaian di Ukraina. Dia percaya para pendeta tidak boleh tinggal diam dan harus menyampaikan pesan Kristiani kepada orang-orang.

“Kami memiliki kewajiban untuk berbicara, berapa pun biayanya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home