Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 10:48 WIB | Rabu, 02 Agustus 2023

Ukraina Ubah Libur Natal Jadi 25 Desember, Bukan 7 Januari

Warga Ukraina menghadiri ibadah Natal di Gereja Ortodoks Ukraina di Bobrytsia, dekat Kiev, pada 25 Desember 2022. (Foto: dok. Filipe Dana/AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Jumat (28/7) menandatangani undang-undang yang memindahkan hari libur resmi Hari Natal menjadi 25 Desember dari 7 Januari, hari ketika Gereja Ortodoks Rusia merayakannya.

Catatan penjelasan yang dilampirkan pada undang-undang itu mengatakan tujuannya adalah untuk "meninggalkan warisan Rusia," termasuk "memaksakan perayaan Natal" pada 7 Januari.

Ini mengutip "perjuangan tanpa henti dan sukses untuk identitas mereka" Ukraina dan " keinginan semua orang Ukraina untuk menjalani hidup mereka dengan tradisi mereka sendiri, liburan,” yang dipicu oleh agresi Rusia selama 17 bulan terhadap negara itu.

Tahun lalu, beberapa warga Ukraina merayakan Natal pada tanggal 25 Desember, sebagai gerakan yang mewakili pemisahan budaya dan tradisi keagamaannya dari Rusia.

Undang-undang itu juga memindahkan Hari Kenegaraan Ukraina menjadi tanggal 15 Juli dari 28 Juli, dan Hari Pembela Ukraina pada tanggal 1 Oktober dari 14 Oktober.

Gereja Ortodoks Rusia, yang mengklaim kedaulatan atas Ortodoksi di Ukraina, dan beberapa gereja Ortodoks Timur lainnya terus menggunakan kalender Julian kuno. Natal jatuh 13 hari kemudian pada kalender itu, atau pada 7 Januari, daripada pada kalender Gregorian yang digunakan oleh sebagian besar gereja dan kelompok sekuler.

Gereja Katolik pertama kali mengadopsi kalender Gregorian modern yang lebih akurat secara astronomis pada abad ke-16. Umat Protestan dan beberapa gereja Ortodoks sejak itu menyelaraskan kalender mereka sendiri untuk tujuan menghitung hari Natal dan Paskah.

Lanskap keagamaan Ukraina telah retak selama bertahun-tahun. Ada dua cabang Kristen Ortodoks di negara ini, satu bersekutu dengan gereja Rusia, meski menikmati otonomi luas, yang lain sepenuhnya independen darinya.

Gereja Ortodoks Ukraina, cabang yang terpisah dari gereja Rusia, mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka beralih ke kalender Julian Revisi, yang menandai Natal pada 25 Desember. Kepemimpinannya tahun lalu mengizinkan orang percaya untuk merayakan liburan pada 25 Desember.

Kantor berita negara Rusia, RIA Novosti, melaporkan pada hari Sabtu (29/7) bahwa Gereja Ortodoks saingannya, yang bersekutu dengan Gereja Ortodoks Rusia, berjanji untuk terus merayakan Natal pada 7 Januari.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada wartawan hari Sabtu bahwa langkah itu “adalah tanda dari sesuatu yang telah terjadi selama berabad-abad” dan bahwa “ada hubungannya dengan hubungan antara gereja Katolik dan Ortodoks.”

Kunjungi Wilayah Pertempuran

Zelenskyy pada hari Sabtu melakukan perjalanan ke wilayah Donetsk yang dilanda perang di Ukraina timur, yang telah dianeksasi secara ilegal oleh Rusia, tetapi hanya ditempati sebagian, dan bertemu dengan anggota Pasukan Operasi Khusus negara tersebut.

Zelenskyy mencatat dalam pernyataan online bahwa Sabtu menandai hari resmi pengakuan mereka dan juga peringatan serangan mematikan di penjara Olenivka di wilayah yang dikuasai Rusia di mana puluhan tawanan perang tewas.

Rusia dan Ukraina saling tuduh atas serangan itu, dengan kedua belah pihak mengatakan bahwa serangan itu direncanakan dalam upaya untuk menutupi kekejaman. Misi pencari fakta Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang diminta oleh Rusia dan Ukraina dikirim untuk menyelidiki pembunuhan tersebut, tetapi tim tersebut dibubarkan pada Januari 2023 karena masalah keamanan.

Zelenskyy menggambarkan serangan itu sebagai salah satu "kejahatan paling keji dan kejam" oleh Rusia dalam pernyataan video hari Sabtu.

Dalam pernyataan Telegram terpisah, dia memuji tentara di wilayah Donetsk karena “mendekatkan hari ketika semua tanah kami dan semua orang kami akan bebas dari penjajah” dan menggarisbawahi peran Pasukan Operasi Khusus dalam merebut kembali desa baru-baru ini dari Staromaiorske di daerah tersebut.

Kunjungannya ke timur dilakukan hanya beberapa hari setelah pejabat Barat dan Rusia mengatakan bahwa pasukan Kiev mengintensifkan serangan di tenggara negara itu sebagai bagian dari serangan balasan Ukraina.

Putin mengatakan pada Sabtu bahwa intensitas serangan Ukraina di sepanjang garis depan telah menurun “dibandingkan dengan dua hari lalu.” Dia menegaskan kembali bahwa pasukan Rusia berhasil memukul mundur semua serangan dan di beberapa bagian garis depan bahkan melakukan operasi balasan yang berhasil. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home