Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:36 WIB | Kamis, 17 Agustus 2023

Iran Tangakapi Puluhan Penganut Baha’i, Termasuk Pria Berusia 90 Tahun

Para Penganut Baha’i Iran. (Foto: medsos)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria berusia 90 tahun termasuk di antara puluhan orang yang ditangkap dalam beberapa pekan terakhir dalam tindakan keras baru oleh otoritas Iran terhadap komunitas agama Baha’i, minoritas agama non Muslim terbesar di Iran, kata sebuah kelompok pada Rabu (16/8).

Baha’i, yang keyakinannya tidak diakui di republik Islam itu, mengatakan mereka telah menjadi korban gelombang baru penindasan selama setahun terakhir.

Dalam tindakan keras terbaru, hampir 60 penganut Baha’i dilaporkan telah ditangkap di Iran dalam beberapa pekan terakhir, kata Komunitas Internasional Baha’i (BIC), yang membela kepentingan anggota agama.

Ada 180 insiden penganiayaan lainnya, seperti interogasi atau penggerebekan terhadap bisnis, telah dicatat dalam beberapa pekan terakhir, kata BIC dalam sebuah pernyataan.

Mereka yang ditangkap termasuk Jamaloddin Khanjani, 90 tahun yang sudah menjalani hukuman 10 tahun penjara.

Khanjani, mantan anggota kelompok kepemimpinan informal Baha’i di Iran yang sekarang sudah dibubarkan, ditahan bersama putrinya Maria Khanjani pada hari Minggu (13/8), katanya.

Dua mantan anggota kelompok itu, Mahvash Sabet dan Fariba Kamalabadi, yang ditangkap pada Juli 2022, menerima konfirmasi hukuman penjara 10 tahun yang ditegakkan pekan ini melalui banding, katanya.

Penulis dan penyair terkenal Sabet, 70 tahun, menderita masalah kesehatan yang signifikan dan telah dipindahkan ke rumah sakit dari penjara berkali-kali dalam setahun terakhir, tambahnya.

Seperti Khanjani, Sabet dan Kamalabadi telah menyelesaikan hukuman 10 tahun sebelumnya dan dibebaskan pada 2018.

“Kekejaman yang dilakukan terhadap penganut Baha’i di Iran tidak ada batasnya,” kata Simin Fahandej, perwakilan BIC untuk PBB di Jenewa.

“Menangkap seorang berusia 90 tahun dan lainnya dengan masalah kesehatan yang telah menghabiskan 10 tahun penjara karena keyakinan mereka menunjukkan upaya putus asa pemerintah untuk melanjutkan upaya sia-sia untuk menghancurkan komunitas Bahai di Iran,” tambahnya.

Sembilan orang Bahai lainnya ditangkap pada hari yang sama dengan Khanjani, termasuk pemilik dan karyawan sejumlah apotek yang ditutup oleh pihak berwenang, tambahnya.

Pihak berwenang Iran awal bulan ini mengatakan sembilan penganut kepercayaan Baha’i telah ditangkap atas tuduhan korupsi, mengaitkan penangkapan itu dengan dugaan penimbunan barang-barang farmasi.

Keyakinan Baha’i adalah agama monoteistik yang relatif modern dengan akar spiritual sejak awal abad ke-19 di Iran. Iran mencap Bahais sebagai “bidat” dan sering menuduh mereka sebagai agen musuh bebuyutan Israel, karena pusat spiritual agama tersebut berkantor pusat di kota pelabuhan Haifa di Israel.

Namun masyarakat menolak pernyataan tersebut, dengan mengatakan Haifa muncul sebagai pusat agama jauh sebelum negara Israel didirikan pada tahun 1948.

Baha’i di Iran mengeluhkan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari mereka, membuatnya sulit untuk membuka bisnis dan bahkan menguburkan orang mati. Mereka juga mengeluh bahwa mereka secara sistematis ditolak aksesnya ke pendidikan tinggi di Iran. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home