Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:19 WIB | Senin, 06 Oktober 2014

Penemu Sel Lokasi Memenangi Hadiah Nobel Kedokteran

Foto: nobelprize.org

STOCKHOLM, SATU HARAPAN.COM – Pemenang Nobel untuk bidang Fisiologi dan Kedokteran 2014 dimenangi bersama oleh John O ́Keefe dan May Britt Moser bersama Edvard I. Moser yang diumumkan hari Senin (6/10) ini di Stackholm, Swedia. Temuan mereka membantu menjelaskan mengapa pasien penyakit Alzheimer tidak dapat mengenali lingkungan mereka.

Mereka dianggap berjasa dalam memahami kerja otak dalam menyimpan informasi dan memahami ruang, sehingga memungkinkan untuk menelusuri kembali.  Penemuan mereka terkait sistem positioning dalam otak, seperti sebuah alat GPS (Global Position System) di otak yang memungkinkan untuk menyesuaikan diri dalam ruang. Penemuan mereka menunjukkan dasar selular mengenai fungsi kognitif yang lebih tinggi.

John O Keefe pada tahun 1971 menemukan komponen pertama dari sistem posisioning itu. Dia menemukan bahwa jenis sel saraf di daerah otak yang disebut hippocampus yang selalu diaktifkan ketika tikus (percobaan) berada di tempat tertentu di sebuah ruangan. Namun sel-sel saraf lainnya yang diaktifkan ketika tikus itu di tempat lain. O Keefe menyimpulkan bahwa "sel lokasi" itu membentuk peta ruangan.

Lebih dari tiga dekade kemudian, pada tahun 2005, May-Britt dan Edvard Moser menemukan komponen kunci lain dari positioning sistem otak. Mereka mengidentifikasi jenis lain dari sel saraf, yang mereka sebut sel grid, yang menghasilkan sistem koordinat dan memungkinkan untuk posisi yang tepat dan merintis jalan. Penelitian selanjutnya mereka menunjukkan bagaimana tempat dan grid sel memungkinkan untuk menentukan posisi dan navigasi.

Penemuan dari John O Keefe, May Britt Moser dan Edvard Moser memecahkan masalah lebih lanjut yang dihadapi para ilmuwan selama berabad-abad tentang bagaimana otak membuat peta ruang di sekitar kita, dan bagaimana kita memiliki menavigasi jalan melalui lingkungan yang kompleks.

John O'Keefe

John O'Keefe, lahir pada 1939 adalah seorang neuroscientist dan profesor pada Institute of Cognitive Neuroscience dan Departement of Anatomy (University College London). Dia dikenal atas penemuan sel lokasi di hippocampus dan penemuannya itu menunjukkan se I itu melakukan koding.

O'Keefe dibesarkan di New York City, dan menerima gelar BA di City College of New York diikuti gelar  Ph.D dari McGill University di mana dia pertama kali bekerja  dalam merekam aktivitas neuron tunggal pada hewan. Dia mengambil program postdoctoral di University College London, dan menjadi profesor di sana pada tahun 1987.

Mei-Britt Moser

Mei-Britt Moser lahir di Fosnavag, Norwegia pada tahun 1963 dia warga negara Norwegia. Dia Belajar psikologi di University of Oslo bersama calon suaminya Edvard Moser. Mei-Britt menerima gelar Ph.D. neurofisiologi pada tahun 1995 dan dia adalah doktor di University of Edinburgh dan ilmuwan tamu di University College London sebelum pindah ke Norwegian University of Science and Technology di Trondheim pada tahun 1996. Mei-Brit Moser ditunjuk jadi Professor of Neuroscience tahun 2000 dan sekarang Direktur di Centre for Neural Computation in Trondheim.

 

Edvard Moser I.

Edvard Moser I adalah suami Mei-Britt Moser, Edvard Moser lahir 1962 di Alesund, Norwegia dan kewarganegaraan Norwegia. Dia Memperoleh gelar Ph.D. neurofisiologi dari University of Oslo pada tahun 1995. Pada tahun 1996 mereka pindah ke Norwegian University of Science and Technology in Trondheim, di mana Edvard Moser menjadi profesor pada tahun 1998, saat ini ia adalah Direktur Kavli Institute for Systems Neuroscience in Trondheim.

Hadiah Nobel

Pemberian hadiah Nobel tahun 2014 mulai diumumkan hari Senin (6/10) ini dari Stockholm dan Oslo, dan akan berlangsung hingga 13 Oktober, seperti dinyatakan dalam situs organisasi tersebut.

Pekan pemberian hadiah itu dimulai Senin bidang fisiologi atau kedokteran, dan besok akan diumumkan untuk bidang fisika.

Pada hari Jumat  (10/10) Komite Nobel Norwegia akan mengumumkan nama pemenang Hadiah Nobel Perdamaian di Oslo. Situs ressmi organisasi itu menyebutkan bahwa calon untuk kategori ini mencapai 278, yang merupakan jumlah terbesar  yang pernah terjadi. Kandidat itu termasuk 47 yang merupajkan organisasi dan selebihnya kandidat perorangan.

Pengumuman hadiah Nobel 2014 akan diakhiri  pada hari Senin (13/10) di Stockholm dengan pengumuman Hadiah Nobel dalam bidang  Ilmu Ekonom. Sedangkan Hadiah Nobel di bidang Sastra akan diumumkan pada Senin pagi.

Para pemenang Nobel tahun ini akan menerima hadiah sekitar US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar.

Hadiah Nobel diberikan sejak 1901 untuk prestasi budaya dan ilmiah. Sejak itu, 876 pemenang telah menerima hadiah, termasuk 851 peneliti dan tokoh masyarakat, dan 25 organisasi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home