Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:28 WIB | Selasa, 06 September 2022

Pengadilan Rusia Vonis Mantan Jurnalis Penjara 22 Tahun

Foto diambil dari video yang disediakan oleh Pengadilan Kota Moskow, Ivan Safronov, penasihat direktur perusahaan luar angkasa negara Rusia, tengah, berdiri di ruang pengadilan selama sesi pengadilan di Moskow, Rusia, Senin, 5 September 2022. (Foto: Pengadilan Kota Moskow via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Seorang mantan jurnalis Rusia dihukum karena pengkhianatan dan dijatuhi hukuman penjara 22 tahun pada hari Senin (5/9) setelah persidangan yang secara luas dipandang bermotivasi politik dan menandai langkah baru dalam tindakan keras terhadap media dan kritikus Kremlin.

Hukuman yang dijatuhkan kepada Ivan Safronov, yang bekerja sebagai reporter urusan militer untuk harian bisnis terkemuka Kommersant sebelum dia menjadi penasihat kepala perusahaan luar angkasa Rusia Roscosmos, telah dikritik keras oleh rekan-rekannya sebagai sama sekali tidak berdasar.

Beberapa teman dan rekan kerja Safronov yang menghadiri sidang hari Senin di Pengadilan Kota Moskow meneriakkan "Kebebasan!" dan bertepuk tangan setelah putusan dibacakan.

"Saya cinta kalian semua!" Safronov memberi tahu mereka yang datang untuk mendukungnya.

Safronov dituduh membocorkan rahasia militer kepada intelijen Ceko dan seorang warga negara Jerman. Dia sangat bersikeras tidak bersalah, dengan alasan bahwa dia mengumpulkan semua informasi dari sumber terbuka sebagai bagian dari pekerjaan jurnalistiknya dan tidak melakukan sesuatu yang ilegal.

Dalam pernyataan terakhirnya di persidangan pekan lalu, Safronov menolak tuduhan itu sebagai "tidak masuk akal," mencatat bahwa dia menerbitkan semua informasi yang dia kumpulkan dari sumbernya di lembaga pemerintah dan industri militer.

Dia menekankan bahwa dia tidak pernah memiliki akses ke dokumen rahasia dan menekankan bahwa penyelidik telah gagal memberikan kesaksian untuk mendukung tuduhan spionase.

Safronov menggambarkan hukuman panjang yang diminta oleh jaksa sebagai "mengerikan," mengatakan bahwa itu akan menodai citra negara dengan menunjukkan bahwa seorang jurnalis dihukum hanya karena melakukan pekerjaannya. Pembelaannya dengan cepat mengajukan banding atas hukuman tersebut.

Banyak jurnalis dan aktivis hak asasi manusia Rusia menuntut pembebasan Safronov, dengan mempertahankan bahwa pihak berwenang mungkin ingin membalas dendam atas pemberitaannya yang mengungkap insiden militer Rusia dan kesepakatan senjata yang curang.

Beberapa jam sebelum putusan diumumkan oleh Pengadilan Kota Moskow, 15 media independen Rusia mengeluarkan pernyataan bersama yang menuntut pembebasan Safronov.

“Jelas bagi kami bahwa alasan untuk menganiaya Ivan Safronov bukanlah 'pengkhianatan,' yang belum dibuktikan ... tetapi karyanya sebagai jurnalis dan cerita yang dia terbitkan tanpa memperhatikan apa yang dipikirkan Kementerian Pertahanan atau otoritas Rusia,” bunyi pernyataan itu.

Amnesty International mengecam keputusan dan hukuman terhadap Safronov sebagai parodi keadilan dan menuntut pihak berwenang Rusia untuk membatalkannya.

“Hukuman keras yang tidak masuk akal yang dijatuhkan kepada Ivan Safronov melambangkan kenyataan berbahaya yang dihadapi oleh jurnalis di Rusia hari ini,” kata Natalia Prilutskaya, peneliti Rusia kelompok itu, dalam sebuah pernyataan.

“Ini juga mengungkap kegagalan sistem peradilan Rusia dan impunitas yang dinikmati oleh lembaga negara, yang secara rutin mengarang kasus dengan sedikit atau tanpa bukti untuk mendukungnya.”

Dia menambahkan bahwa Safronov "diadili semata-mata untuk pekerjaan jurnalistiknya," menambahkan bahwa "satu-satunya 'kejahatannya' adalah mengumpulkan informasi dari sumber terbuka dan berkenalan dengan dan berteman dengan orang asing."

Uni Eropa pada hari Senin juga mendesak pihak berwenang Rusia untuk membatalkan semua tuduhan terhadap Safronov dan “membebaskannya tanpa syarat apa pun,” mencela “penindasan sistematis rezim terhadap jurnalisme independen.”

Kremlin tetap tidak terganggu, dengan juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, menolak untuk mengomentari kasus ini dalam konferensi dengan wartawan.

Safronov telah ditahan sejak penangkapannya pada Juli 2020 di Moskow.

Aktivis hak asasi, jurnalis, ilmuwan, dan pejabat perusahaan yang menghadapi tuduhan makar di Rusia dalam beberapa tahun terakhir merasa sulit untuk membela diri karena kerahasiaan seputar kasus mereka dan kurangnya akses publik ke informasi.

Ayah Safronov juga bekerja untuk Kommersant, meliput masalah militer setelah pensiun dari angkatan bersenjata. Pada 2007, ia meninggal setelah jatuh dari jendela gedung apartemennya di Moskow.

Penyelidik menyimpulkan bahwa dia bunuh diri, tetapi beberapa media Rusia mempertanyakan versi resmi, menunjuk pada niatnya untuk menerbitkan laporan sensitif tentang pengiriman senjata rahasia ke Iran dan Suriah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home