Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Noni 11:58 WIB | Kamis, 07 November 2013

Pengamat Burung Sambut Burung Migrasi yang Singgah ke Indonesia

Pengamat Burung Sambut Burung Migrasi yang Singgah ke Indonesia
Sosialisasi pengamatan burung migrasi sejak dini mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dilakukan oleh sejumlah pengamat burung yang mengadakan pengamatan burung migrasi di Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto : Rifky).
Pengamat Burung Sambut Burung Migrasi yang Singgah ke Indonesia
Salah satu pengamat burung berasal dari Jepang yang sedang mengamati kedatangan para burung migrasi jenis elang yang datang dari negara lain. (Foto : Marco Davega).
Pengamat Burung Sambut Burung Migrasi yang Singgah ke Indonesia
Burung Sikep Madu Asia merupakan salah satu jenis burung predator yang setiap tahun rutin bermigrasi ke Indonesia. (Foto : Iwan Londo).

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Hal-hal seputar alam selalu menarik untuk diperhatikan. Salah satunya adalah musim dingin yang dimulai sekitar bulan September tahun ini. Musim tersebut membuat beberapa hewan bergerak bersamaan melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Kegiatan yang biasa disebut migrasi ini bertujuan untuk menghindari cuaca yang ekstrem dan minimnya pakan agar mereka tetap bertahan hidup.

Migrasi dilakukan oleh beberapa jenis hewan, seperti serangga, ikan, amfibi, reptil, mamalia, dan burung. Salah satu hewan yang memiliki ciri khusus saat bermigrasi adalah elang. Ia menemukan jalur migrasinya dengan menggunakan insting, tanda alam, medan magnetik dan posisi matahari. Karena migrasi terjadi setiap tahun, jalur yang digunakan para elang pun sama. Indonesia, sebagai salah satu jalurnya termasuk ke dalam East Asian Continental Flyway. Yaitu jalur dari Siberia ke Asia Tenggara. Jalur ini digunakan burung supaya tidak tersasar saat bermigrasi. Burung biasanya menggunakan pegunungan dan perbukitan sebagai acuan untuk terbang.

Selain itu, pegunungan juga menyediakan pohon untuk bertengger dan sumber makanan supaya mereka tetap hidup. Salah satu lokasi pengamatan dan jalur burung elang bermigrasi yaitu Bukit Paralayang, Puncak, Bogor. Bukit Paralayang merupakan tempat melakukan kegiatan atau latihan terbang. Di sisi bukit terdapat Gunung Pangrango dan Hutan Cibulao.

Menariknya di tempat ini tersedia angin panas atau thermal yang dibutuhkan oleh para olahragawan paralayang dan juga para elang yang tengah bermigrasi. Menurut Adam Supriatna pengamat burung elang yang sudah 17 tahun bergelut di bidangnya, Bukit Paralayang adalah salah satu lokasi jalur migrasi global jenis elang dan burung-burung lainnya.

Di sini kita juga bisa mengamati jenis elang langka seperti Elang kelabu (Butastur indicus), Baza hitam (Aviceda leuphotes) dan jenis endemik Elang Jawa (Nisaetus bartelsi),� tambahnya. Selama musim migrasi, beberapa pengamat burung dari Jakarta, Depok, dan Bogor melakukan penghitungan jumlah burung migrasi yang melewati Bukit Paralayang. Pengamatan dilakukan pada awal September hingga akhir November.

Hingga berita ini ditulis, para pengamat sudah berhasil menghitung sekitar 1.500 individu yang melewati Puncak. Jenis terdiri dari Sikep Madu Asia  (Pernis ptilorhynchus), Elang alap cina (Accipiter soloensis), Elang alap jepang (Accipiter gularis), dan Elang kelabu (Butastur indicus). Selain pengamatan, kegiatan penyadartahuan ke masyarakat juga diberikan. Sekitar 150 orang tertarik untuk mendatangi saat kami melakukan pengamatan.

Ya ampun, banyak banget burungnya. Baru pertama kali saya lihat burung sebanyak ini, ungkap salah satu pengujung yang diberi kesempatan untuk mengamati burung migran, Sabtu (2/11). Karena sebagian besar pengunjung  yang tinggal di Bogor dan Jakarta tersebut tidak mengerti tentang migrasi burung, maka para interpreter D3 Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Ekowisata membuat spanduk, menyapa para masyarakat yang berkunjung ke bukit paralayang dan memberikan informasi seputar migrasi.

"Kami memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang waktu migrasi burung, kenapa terjadi migrasi burung, jalur migrasi, asal kedatangan burung, puncak waktu migrasi, dan indikator waktu migrasi burung terhadap iklim global," jelas Muchlis Julianda Situmorang, salah satu interpreter.

Selain itu mereka juga menjelaskan tentang ukuran tubuh, cara terbang, jenis makanannya, jumlah burung, dan habitatnya ketika burung migran sedang terbang melintas. Bersama dengan para pengamat burung, pengunjung juga turut melihat bahkan ikut menghitung kelompok Sikep Madu Asia yang sedang terbang. Pengunjung juga diberi kesempatan untuk melihat kelompok burung migran yang sedang terbang menggunakan binokular. Banyak pengunjung yang tertarik dan takjub saat melihat kelompok besar burung migran sedang terbang.

Saya baru tahu burung juga migrasi, ungkap seorang pengunjung. Xatafiago Marcolessa Devega salah satu interpreter turut senang mengikuti kegiatan pengamatan ini. Selain mengasah ilmu, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara perlindungan elang bermigrasi. Jadi harus tetap dilakukan setiap tahun, tutupnya.  

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home