Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 17:04 WIB | Kamis, 23 Februari 2017

Pengeboran Jalur Bawah Tanah MRT Selesai

Seorang petugas melintas di jalur terowongan bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) yang berada di stasiun Dukuh Atas yang saat ini sudah mencapai sepanjang 682,5 meter dari stasiun bundaran Hotel Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (28/7). Direncanakan pengerjaan pengeboran bersama dengan keempat mesin bor atau tunnel boring machine (TBM) akan selesai pada akhir tahun 2016. (Foto: Dok satuharapan.com/ Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pengeboran untuk jalur bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) sudah selesai. Ini menandakan pengerjaan pada struktur bawah tanah MRT sudah mencapai 80 persen.

Penyelesaian tahap pengeboran ini disaksikan langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Terowongan yang dibuat menggunakan Tunnel Boring Machine (TBM) Antareja 1, Antareja 2, Mustikabumi 1, dan Mustikabumi 2 sudah mencapai titik temu di Stasiun Setiabudi, Jakarta Selatan.

Bor Antareja 1 dan 2 dioperasikan sejak bulan September 2015, dari arah Patung Pemuda ke Setiabudi. Sedangkan, bor Mustikabumi 1 dan 2 mengebor dari arah Bundaran HI menuju Setiabudi sejak awal bulan Maret 2016.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Syahbandar, mengatakan, keempat bor bekerja selama 24 jam, kecuali pada hari Minggu.

"Total terowongan yang dikerjakan sampai dengan 2.600 meter dan memiliki diameter 6,69 meter," kata William, hari Kamis (23/2).

Ia menambahkan, Stasiun Setiabudi berada persis setelah Halte Dukuh Atas. Nantinya, di kawasan itu akan saling terintegrasi berbagai moda transportasi, mulai dari MRT, bus Transjakarta, Light Rail Transit (LRT) hingga Kereta Rel Listrik (KRL).

"Semua stasiun MRT akan dibuat ramah difabel dan dilengkapi eskalator maupun elevator," katanya.

Dijelaskan William, untuk konstruksi layang sudah mencapai 65 persen. Pada fase pertama jalur yang dibangun sepanjang 16 kilometer, dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI.

"Jika MRT sudah beroperasi, Lebak Bulus-Bundaran HI dapat ditempuh hanya dalam 30 menit. Sementara, jarak antar kereta hanya 5 menit," katanya.

Untuk diketahui, fase pertama mega proyek MRT ditargetkan rampung dan beroperasi pada bulan Maret 2019. Kemudian, fase kedua Bundaran HI-Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer akan dimulai pembangunannya tahun 2019 dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2021. (beritajakarta.com)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home