Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 10:14 WIB | Sabtu, 24 Februari 2024

Penguasa Belarusia Lakukan Penindasan pada Pendeta dan Umat Beragama

Penguasa Belarusia Lakukan Penindasan pada Pendeta dan Umat Beragama
Pendeta Viachaslau Barok, seorang pastor Katolik dari Belarusia, memimpin kebaktian di Gereja St. Alexander di Warsawa, Polandia, Sabtu, 10 Desember 2022. Barok adalah wajah yang tidak asing lagi di Rasony, sebuah kota di Belarusia utara dekat Perbatasan Rusia, mengawasi pembangunan gereja Katolik Roma dan merayakan Misa setiap hari selama dua dekade sebelum ia meninggalkan negara itu ketika pemerintah Belarusia menindak perbedaan pendapat. (Foto: dok. UGC via AP)
Penguasa Belarusia Lakukan Penindasan pada Pendeta dan Umat Beragama
Para pengunjuk rasa memegang pita sebagai simbol protes di depan Sts. Gereja Katolik Simon dan Helena saat protes di Minsk, Belarusia, pada Kamis, 27 Agustus 2020. Sekitar 100 orang berlindung dari polisi di bangunan yang dikenal sebagai “Gereja Merah” karena warna batu batanya. Pihak berwenang kemudian mengatakan gereja tersebut tidak dapat mengadakan kebaktian. (Foto: dok. AP)

MINSK, SATUHARAPAN.COM-Pendeta Viachaslau Barok adalah sosok yang akrab di Rasony, sebuah kota di Belarusia utara dekat perbatasan Rusia, mengawasi pembangunan gereja Katolik Roma dan merayakan Misa setiap hari selama dua dekade.

Dia mendapat masalah pada Desember 2020, puncak demonstrasi anti pemerintah, ketika dia mengunggah karikatur Presiden otoriter Alexander Lukashenko dan pejabat lainnya di media sosial. Dia menghabiskan 10 hari di penjara.

Namun, ketika petugas keamanan menggrebeg gerejanya pada Juli 2021, dia tahu sudah waktunya untuk meninggalkan negara tersebut.

Barok adalah salah satu dari puluhan pendeta, Katolik, Ortodoks, dan Protestan, yang dipenjara, dibungkam, atau dipaksa mengasingkan diri karena memprotes pemilu tahun 2020 yang memberi Lukashenko masa jabatan keenam.

Pemungutan suara yang disengketakan tersebut memicu demonstrasi massal, pemukulan terhadap pengunjuk rasa, dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat – ketegangan yang meningkat pada tahun 2022, ketika sekutu Belarusia, Rusia, menginvasi Ukraina.

Lukashenko yang pro Kremlin, yang mengecam pejabat gereja yang memihak para pengunjuk rasa, bulan lalu menandatangani undang-undang yang mewajibkan semua organisasi keagamaan di negara berpenduduk 9,5 juta jiwa itu untuk mendaftar ulang ke pihak berwenang atau akan dilarang jika kesetiaan mereka kepada negara dilanggar atau dalam keraguan.

Anastasiia Kruope, peneliti Human Rights Watch untuk Eropa dan Asia Tengah, mengatakan undang-undang tersebut memberi pihak berwenang “lebih banyak alat dan kemungkinan melakukan penindasan.”

Dalam tiga tahun terakhir, setidaknya 74 pendeta telah ditangkap, didenda atau dideportasi, menurut pusat hak asasi manusia, Viasna, bahkan sebelum undang-undang baru tersebut berlaku.

“Jelas bahwa jumlah pendeta yang mengalami penindasan akan bertambah, (seiring dengan upaya pemerintah) untuk memaksakan kesetiaan gereja,” kata Barok kepada The Associated Press. “Pihak berwenang ingin menunjukkan kepada Vatikan kekuasaan mereka yang tidak terbatas di Belarusia.”

Pendeta yang paham media ini memiliki lebih dari 7.000 pengikut di YouTube sebelum dia dikunjungi oleh petugas keamanan yang memiliki surat perintah penggeledahan, dan dia memilih pengasingan di Polandia daripada ditangkap.

Ribuan orang telah meninggalkan Belarusia sejak tahun 2020 ketika polisi menahan lebih dari 35.000 orang. Banyak dari mereka yang dicap sebagai ekstremis, dan Viasna mengatakan ada lebih dari 1.400 tahanan politik.

Meskipun umat Kristen Ortodoks berjumlah sekitar 80% dari populasi, hanya kurang dari 14% yang beragama Katolik dan 2% adalah Protestan.

Pendeta Katolik dan Protestan yang mendukung protes dan melindungi para demonstran di gereja mereka menjadi sasaran penindasan, namun bahkan beberapa pendeta Ortodoks mengutuk tindakan keras tersebut.

Dalam sebuah insiden terkenal di tengah protes pada 26 Agustus 2020, sekitar 100 orang berlindung dari polisi di landmark Sts. Gereja Katolik Simon dan Helena, bangunan bata merah tak jauh dari alun-alun utama pemerintahan di Minsk. Beberapa pekan kemudian, gereja tersebut kembali menjadi fokus ketika puluhan perempuan berpakaian putih bergabung dengan pendeta seniornya, Pendeta Uladislau Zavalnyuk, dalam membentuk rantai manusia di sekelilingnya.

Namun “Gereja Merah”, demikian sebutannya, tidak mengadakan kebaktian sejak September 2022, ketika diperintahkan ditutup. Pihak berwenang menyebutkan tagihan utilitas yang belum dibayar dan perlunya perbaikan setelah kebakaran kecil pada bulan itu, meskipun para pendeta mengatakan hanya ada sedikit kerusakan.

Lukashenko, yang telah memerintah Belarusia selama hampir 30 tahun dan menggambarkan dirinya sebagai seorang “ateis Ortodoks,” mengecam para ulama pembangkang selama protes tahun 2020, mendesak mereka untuk “melakukan pekerjaan mereka,” dan tidak memicu kerusuhan. “Orang-orang harus pergi ke gereja untuk berdoa! Gereja Ortodoks, gereja Katolik – mereka bukan untuk politik,” katanya.

Sepuluh pastor Katolik ditangkap tahun lalu, termasuk Pendeta Henrykh Akalatovich, seorang pria berusia 70 tahun yang berada di sel isolasi meskipun didiagnosis menderita kanker, dan menghadapi hukuman 20 tahun penjara atas tuduhan makar.

Sebuah laporan tahun lalu oleh Aid to the Church in Need, sebuah organisasi Katolik yang melacak penganiayaan terhadap umat beriman, menyebut Belarusia sebagai negara yang memenjarakan pendeta Katolik terbesar kedua, setelah Nikaragua.

Tindakan keras tersebut juga berdampak pada Gereja Ortodoks Belarusia, yang merupakan bawahan Patriark Kirill dari Moskow, sekutu dekat Kremlin. Seorang pastor terkemuka, Uskup Agung Artemy Kishchenko, dari Hrodna di Belarusia barat, dicopot dari semua jabatan di gereja dan dipaksa pensiun pada tahun 2021 karena mengutuk penindasan serta upaya Moskow dan Minsk untuk menggunakan gereja sebagai alat politik.

Invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 memicu perpecahan pastor lebih lanjut setelah Lukashenko mengizinkan wilayah Belarusia digunakan untuk mengirim pasukan ke negara tetangganya.

Beberapa hari kemudian, Imam Agung Georgy Roy dan 24 imam Ortodoks Belarusia, bersama rekan-rekannya dari Rusia dan negara lain, menyerukan gencatan senjata. Pernyataan anti perang yang disampaikan Roy, yang memimpin katedral Ortodoks utama di Hrodna dan mengajar di seminari bergengsi, mendapat kecaman dari para pemimpin gereja dan sekuler.

Tahun lalu, dia meninggalkan negara itu bersama istri dan empat anaknya, dengan alasan kekhawatiran akan keselamatan mereka. Dia sekarang melayani warga Belarusia di Vilnius, ibu kota Lituania, dan berjanji setia kepada patriark Ortodoks di Turki, bukan di Rusia.

Dalam wawancara dengan AP, Roy menuding mengesahkan gereja Ortodoks di Rusia dan Belarusia karena melegitimasi apa yang ia gambarkan sebagai ideologi ekspansionis agresif Moskow.

“Nama Kristus digunakan untuk membenarkan perang, pertumpahan darah, kekerasan dan ketidakbenaran,” katanya, seraya menambahkan bahwa para pemimpin Ortodoks Rusia “mengikuti ideologi tersebut, namun saya tidak dapat menerima kengerian ini dan hidup dalam dosa ini.”

Dia mengatakan pihak berwenang Belarusia secara terbuka berusaha untuk menyelaraskan para pendeta, berulang kali memanggil mereka untuk melakukan pembicaraan politik “preventif”, memeriksa situs web dan media sosial, dan meminta dinas keamanan memantau khotbah.

Pemerintah mencatat 3.417 komunitas dan organisasi keagamaan yang terdaftar di Belarusia; keanggotaan yang tidak terdaftar dijadikan tindak pidana pada tahun 2022, dengan ancaman hukuman hingga dua tahun penjara.

Undang-undang baru, yang memberi pemerintah kekuasaan luas atas denominasi dan kelompok agama, mengharuskan mereka mengajukan permohonan kembali untuk pendaftaran negara dan menyatakan bahwa mereka harus memiliki setidaknya satu paroki yang beroperasi selama 30 tahun.

Undang-undang tersebut juga melarang siapa pun yang dituduh melakukan aktivitas ekstremis atau teroris di Minsk untuk memimpin organisasi keagamaan. Peraturan ini melarang simbol-simbol sekuler apa pun dalam kebaktian atau penggunaan gereja untuk tujuan apa pun selain ibadah.

Alexander Rumak, komisaris Urusan Agama dan Etnis, mengatakan kepada Dewan Keamanan Belarusia pada bulan September bahwa pihak berwenang harus memastikan “keamanan spiritual” masyarakat, sebagai cara untuk “menjaga stabilitas dan ketenangan di negara tersebut.”

Para analis mengatakan pembatasan tersebut adalah bagian dari kampanye yang lebih luas untuk meredam perbedaan pendapat menjelang pemilihan parlemen, yang diadakan pada hari Minggu, serta pemilihan presiden tahun depan.

PBB mengirimkan surat kepada pemerintah yang menolak undang-undang tersebut, dan mengatakan bahwa undang-undang tersebut melanggar kewajiban negara untuk menjamin kebebasan beragama, namun tidak mendapat tanggapan, kata Anaïs Marin, pelapor khusus PBB untuk Belarusia.

Marin mengatakan kepada AP bahwa undang-undang tersebut akan memungkinkan pihak berwenang “untuk menghancurkan” sisa-sisa masyarakat sipil yang “belum berada di bawah tanah, tidak berada di penjara atau pengasingan.”

Pendeta Zmitser Khvedaruk menyebut undang-undang tersebut “yang paling represif di Eropa,” dan mengungkapkan kekhawatiran bahwa gerejanya dan gereja Protestan lainnya akan menjadi target utama, mengingat popularitas mereka di kalangan generasi muda Belarusia.

Dia mengatakan kepada AP bahwa banyak gereja Protestan sudah menghadapi pilihan yang sulit – “menghentikan kegiatan mereka atau kembali ke masa kelam Uni Soviet, ketika gereja-gereja Protestan beroperasi secara bawah tanah dan berkumpul secara ilegal di rumah-rumah penduduk, (ketika) umat berdoa di bawah ancaman tuntutan pidana."

Tahun lalu, pihak berwenang membuldoser Gereja Pantekosta New Life di pinggiran kota Minsk karena mereka mencurigai jemaatnya mendukung oposisi. Didirikan pada tahun 2002 di sebuah kandang sapi yang telah diubah fungsinya, pendetanya, Pendeta Viachaslau Hancharenka, didenda dan ditahan setelah para pejabat mengatakan platform media sosialnya memuat konten “ekstremis”.

Komisi Kebebasan Beragama Internasional Amerika Serikat bulan lalu mengecam tindakan represif yang dilakukan Minsk, dan mendesak Presiden Joe Biden dan Kongres untuk “memprioritaskan kebebasan beragama” karena mereka menganggap Belarusia bertanggung jawab “atas pelanggaran berat hak asasi manusia.”

Para pegiat hak asasi manusia mengatakan para pendeta dan umatnya berada di bawah ancaman karena mengumpulkan dana dan membantu tahanan politik. Barok – pendeta yang melarikan diri ke Polandia – mengetahui bahwa karena pihak berwenang menganggap postingannya di media sosial “ekstremis”, siapa pun yang melihat atau memposting ulang postingan tersebut akan menghadapi hukuman enam tahun penjara.

“Saya bermimpi untuk kembali ke gereja saya di Rasony,” kata Barok. “Tetapi saya tidak bisa melakukannya sementara negara menangkap para pendeta karena memikul salib mereka dan menyebut kejahatan sebagai ‘jahat’.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home