Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:35 WIB | Senin, 18 Desember 2023

Tahanan Politik Belarusia Alami Pelecehan, Tidak Ada Perawatan Medis dan Diisolasi

Foto dari Viasna Human Right Center, Leanid Sudalenka, aktivis HAM dari Belarusia memegang potret jurnalis Lary Schyrakova dan Yauhen Merkis yang dipenjara di Belostok, Polandia, Minggu (5/11). (Foto Viasna HRC via AP)

TALLINN-ESTONIA,  SATUHARAPAN.COM-Selama tiga tahun berada di penjara (koloni hukuman) Belarusia, aktivis hak asasi manusia Leanid Sudalenka mengatakan dia dan tahanan politik lainnya sering dilarang untuk mengunjungi keluarga, menerima panggilan telepon, dan parsel. Dia hampir meninggal ketika COVID-19 melanda fasilitas tersebut. Dan dia terpaksa menghabiskan sembilan hari terakhir masa hukumannya di sel hukuman yang lembab, tidur di lantai beton dengan gulungan tisu toilet sebagai bantal.

Dia harus mengenakan tanda kuning di seragamnya, seperti halnya dengan 1.473 tahanan politik yang ditahan di Belarus, sehingga mereka mudah dikenali oleh penjaga yang katanya secara rutin menindas, menganiaya, dan mempermalukan mereka.

“Pihak berwenang Belarusia dengan sengaja menciptakan kondisi penahanan yang buruk bagi tahanan politik, yang termasuk dalam penyiksaan,” kata Sudalenka dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press setelah dia menyelesaikan masa hukumannya di balik jeruji besi dan melarikan diri ke negara tetangga, Lituania.

Belarusia telah menindak penentang Presiden otoriter, Alexander Lukashenko, sejak pemilu Agustus 2020 yang memberinya masa jabatan keenam dalam pemungutan suara yang secara luas dianggap curang.

Protes melanda negara itu selama berbulan-bulan setelahnya, menyebabkan ratusan ribu orang turun ke jalan. Lebih dari 35.000 orang ditangkap, ribuan orang dipukuli di tahanan polisi, dan ratusan media independen serta organisasi non pemerintah ditutup dan dilarang.

Meskipun sebagian besar pengunjuk rasa menjalani hukuman penjara beberapa hari atau pekan, orang-orang seperti Sudalenka, 58 tahun, yang telah menjadi aktivis politik selama dua decade, dikenai dakwaan yang lebih serius yang membuat mereka dipenjara selama bertahun-tahun.

Bulan lalu, dia mengetahui pihak berwenang telah membuka kasus baru terhadapnya, meskipun dia sekarang aman di luar negeri, setelah menyelinap keluar dari Belarusia musim panas lalu.

Yang masih dipenjara adalah pemenang Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2022, Ales Bialiatski, yang mendirikan Viasna, kelompok hak asasi manusia tertua dan paling terkemuka di Belarusia. Dia menjalani hukuman 10 tahun penjara dan ditahan “dalam isolasi total,” tanpa akses ke dokter, kata istrinya, Natalia Pinchuk, dalam sebuah wawancara dengan AP.

Beberapa tahanan tidak selamat dari penahanan, katanya, seraya mencatat bahwa artis Ales Pushkin meninggal pada bulan Juli karena borok berlubang setelah tidak menerima perawatan medis, dan Vitold Ashurak, yang jenazahnya diserahkan kepada kerabatnya pada tahun 2021 masih mengenakan perban di kepala.

Beberapa telah menghilang ke dalam sistem penjara setelah penangkapan mereka. Belum ada kabar mengenai nasib Viktar Babaryka, yang berusaha menantang Lukashenko dalam pemilu dan dilaporkan dipukuli saat menjalani hukuman 14 tahun penjara. Pemimpin oposisi lainnya, Mikola Statkevich, sudah hampir setahun tidak terdengar kabarnya.

“Dunia perlu mengetahui hal ini dan meresponsnya,” kata Pinchuk. “Orang-orang menghilang di koloni dan penjara Belarusia, dan kerabat dari banyak tahanan politik tidak mendengar apa pun tentang mereka selama ratusan hari.”

Dia telah membawa kasus suaminya ke pejabat hak asasi manusia PBB.

Para pejabat di departemen lembaga pemasyarakatan Kementerian Dalam Negeri Belarusia mengatakan kepada AP pada hari Rabu bahwa mereka tidak memiliki komentar mengenai tuduhan tersebut.

Pada saat protes terjadi pada tahun 2020, Lukashenko menyebut laporan pelecehan dan pemukulan terhadap pengunjuk rasa di tahanan sebagai “palsu” dan “tidak benar.”

“Dengar, mengapa menyiksa mereka? Mereka tidak diselidiki di sana. Jika ada yang mengalami luka memar, maka mereka akan membawanya ke jalan, lalu mereka menyerang pasukan domestik dan polisi anti huru hara,” katanya kepada wartawan. “Tidak ada penyiksaan. Anda menciptakannya karena Anda harus menciptakannya.”

Sudalenka pertama kali ditahan di kota Homel di bagian selatan pada Januari 2021 dan didakwa “mengorganisir dan mendanai tindakan yang sangat melanggar ketertiban umum”, sebuah tuduhan yang umum.

Bukti yang memberatkannya termasuk membuat postingan di Facebook yang berisi dia mengumpulkan uang untuk membeli kayu bakar untuk keluarga seseorang yang dituduh melakukan “kerusuhan massal” dalam protes tersebut. Pengadilan juga mengatakan dia pernah mengadakan lokakarya tentang keamanan digital untuk aktivis hak asasi manusia dan membantu membayar denda dan biaya hukum bagi orang lain yang dituduh.

Penggeledahan polisi di kantor dan apartemennya menghasilkan lebih dari 350 berkas mengenai pengunjuk rasa yang dibantunya dalam mempersiapkan banding atas kasus mereka.

Dia mengatakan dia mengetahui di persidangan bahwa pihak berwenang menguping percakapannya dengan istrinya ketika istrinya mengunjunginya di tahanan, dan “kemudian menggunakannya untuk melawan saya.”

“Sebuah sistem penindasan yang mengerikan telah diluncurkan di Belarusia, dan pengadilan telah berubah menjadi pelaksana buta atas pelanggaran hukum negara ini,” kata Sudalenka.

Dia dikirim ke koloni hukuman Vitba-3 di dekat kota Vitebsk di timur laut dan diberi label kuning khas yang dijahit di seragamnya yang menandai dia sebagai tahanan politik “rentan terhadap ekstremisme,” yang katanya menjadikan mereka sasaran pelecehan. Label tersebut, katanya, “terlalu jelas mengingatkan” pada label yang dipaksa dipakai oleh orang Yahudi di masa Jerman Nazi.

“Semua tahanan politik yang diberi label kuning mengalami masalah dan penghinaan ekstra setiap hari,” kata Sudalenka. “Metode penindasan dapat berkisar dari sel hukuman dan isolasi informasi lengkap, hingga menolak pertemuan dengan pengacara dan menolak perawatan medis dan obat-obatan.”

Sekitar sepertiga dari 1.000 narapidana di Vitba-3 adalah tahanan politik, katanya, dan mencatat bahwa jumlah mereka “meningkat secara nyata setelah dimulainya perang di Ukraina,” ketika penangkapan ditingkatkan terhadap warga Belarusia yang menentang invasi Rusia.

Ketika perang dimulai pada bulan Februari 2022, terjadi wabah COVID-19 di penjara, dan Sudalenka mengatakan dia jatuh sakit, mengalami demam 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit), kehilangan indra penciuman dan mengalami demam, sulit bernafas. Permintaannya untuk menemui dokter diabaikan, dan penjaga malah memberinya pil yang tidak diketahui identitasnya setiap hari.

“Saya mengigau selama 20 hari, antara hidup dan mati, dan secara ajaib tetap hidup, karena dokter tidak pernah memeriksa saya,” katanya.

Sudalenka mengajukan pengaduan ke Komite Hak Asasi Manusia PBB yang didaftarkan pada bulan Oktober dan kemudian diteruskan ke pihak berwenang Belarusia, yang masih belum memberikan tanggapan. Dia mengatakan kasus pidana baru yang diajukan terhadapnya pada bulan November atas tuduhan ekstremisme adalah “sebuah bentuk tanggapan.”

Pada hari Senin (11/12), pihak berwenang menggerebek rumahnya di dekat Homel dan menyita tanahnya.

Bulan ini, pihak berwenang Amerika Serikat menuntut Belarusia membebaskan semua tahanan politik atau sanksi yang dikenakan terhadap Minsk akan diperketat. Sanksi baru AS terhadap 19 individu dan badan hukum Belarusia yang mendukung Lukashenko diumumkan pada 5 Desember.

Pemimpin oposisi Belarusia di pengasingan, Sviatlana Tsikhanouskaya, yang suaminya menjalani hukuman penjara 19½ tahun, bulan ini bertemu dengan anggota parlemen dan pejabat Departemen Luar Negeri, Belarusia-AS, dan kelompok kerja tahanan politik dibentuk.

“Kami bersedia untuk membicarakan perubahan kebijakan kami, pelonggaran sanksi, dan peningkatan hubungan kami setelah rezim membebaskan semua tahanan politiknya, menghentikan penindasan terhadap rakyat Belarusia, dan mengakhiri keterlibatannya dalam perang Rusia melawan Ukraina,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller.

Lukashenko menolak membicarakan tahanan politik dengan negara-negara Barat.

“Mereka memberi saya syarat: ‘Lepaskan yang ini, lepaskan yang itu.’ Dia melanggar hukum, bagaimana saya bisa melepaskannya? Harus ada syarat-syarat tertentu untuk ini. Mereka menaruh lututnya di dada saya dan mulai menekan saya untuk melakukan sesuatu. Oh, pergilah ke neraka!” katanya pada bulan November.

Analis independen seperti Valery Karbalevich yakin situasi ini akan memburuk menjelang pemilihan parlemen tahun depan dan pemilihan presiden pada tahun 2025.

“Algoritma Lukashenko tidak berubah dalam beberapa dekade,” katanya. “Setelah setiap pemilu, pemimpin Belarusia menangkap sebanyak mungkin tahanan politik dan mulai melakukan tawar-menawar dengan Barat, menuntut pelonggaran sanksi sebagai imbalan atas pembebasan para pemimpin demokratis.”

Sudalenka, yang melanjutkan pekerjaannya dengan Viasna dari Lituania, memperkirakan 15-20 orang ditangkap karena alasan politik setiap hari di Belarusia.

Setelah meninggalkan penjara, dia mengatakan dia harus melapor ke polisi dua kali sehari dan melakukan “percakapan pencegahan” setiap pekan dengan mereka. “Saya menyadari bahwa di Belarusia saya dibebaskan dari penjara ke penjara (metafora lainnya),” tambah Sudalenka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home